Mariam, Siti (2012) Hubungan academic self concept dan konformitas terhadap teman sebaya pada siswa di Madrasah Aliyah (MA) Almaarif Singosari, Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
07410105_Pendahuluan.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
07410105_Indonesia.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
07410105_Inggris.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
07410105_Bab_1.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
07410105_Bab_2.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
07410105_Bab_3.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
07410105_Bab_4.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
07410105_Bab_5.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (References)
07410105_Daftar_Pustaka.pdf Download (63kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
07410105_Lampiran.rar Download (832kB) |
Abstract
INDONESIA:
Penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri merupakan bagian yang dapat mempengaruhi tingkah laku dalam kehidupannya sehari-hari, terutama ketika ia berinteraksi dengan teman sebayanya. Konformitas itu muncul ketika individu meniru sikap atau tingkah laku orang lain dikarenakan adanya tekanan yang nyata maupun dibayangkan oleh individu itu sendiri dan adanya suatu ikatan terhadap kelompok teman sebaya sehingga teman sebaya menjadi acuan di dalam bertingkah laku dan mengambil keputusan yang sesuai dengan kelompok dan academic self concept mencakup perasaan dan sikap siswa tentang kemampuan akademis atau intelektual mereka, terutama ketika membandingkan diri dengan siswa lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah tingkat konformitas terhadap teman sebaya yang terjadi pada siswa Madrasah Aliyah (MA) Almaarif Singosari–Malang? (2) Bagaimanakah tingkat academic self concept pada siswa Madrasah Aliyah (MA) Almaarif Singosari–Malang? (3) Bagaimana hubungan academic self concept dan konformitas terhadap teman sebaya di madrasah aliyah (MA) Almaarif Singosari-Malang?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat konformitas terhadap teman sebaya yang terjadi pada siswa Madrasah Aliyah (MA) AlMaarif Singosari–Malang (2) Untuk mengetahui academic self concept yang terjadi di Madrasah Aliyah (MA) AlMaarif Singosari–Malang (3)Untuk mengetahui besarnya hubungan academic self concept dan konformitas terhadap teman sebaya di Madrasah Aliyah (MA) AlMaarif
Singosari–Malang.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian ini korelasional. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 87 responden dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling (sampling acak). Pengambilan data menggunakan dua skala berbentuk skala likert yaitu skala academic self concept yang terdiri dari 34 aitem dan yang gugur 9 aitem, dan skala konformitas terdiri dari 46 aitem dan yang gugur 14 aitem.
Hasil penelitian diketahui bahwa tingkat academic self concept pada siswa/i Almaarif Singosari Malang berada pada kategori tinggi memiliki prosentase 55.1%, kategori sedang memiliki prosentase 42.6%, dan kategori rendah memiliki prosentase 2.3%. Dan tingkat konformitas terhadap teman sebaya pada kategori tinggi memiliki prosentase 92%, kategori rendah memiliki prosentase 6.9%, dan kategori rendah prosentase memiliki prosentase 1.1%. Dan hasil korelasi antara kedua kelas antara academic self concept dengan konformitas terhadap teman sebaya pada kelas X menunjukkan angka sebesar .080 dengan p =.603. Pada kelas XI menunjukkan angka sebesar -.134 dengan p =.399. Sedangkan secara keseluruhan menunjukkan angka sebesar.024 dengan p=.826. Hal ini berarti bahwa tidak ada hubungan antara academic self concept dengan konformitas terhadap teman sebaya, dengan kata lain Hipotesis alternative (Ha) ditolak karena kelas X p > 0.05, dapat dijelaskan dengan (rxy =.080; sig =.603>0.05), pada kelas XI p > 0.05, dapat dijelaskan dengan (rxy =-.134; sig =.399>0.05), sedangkan secara keseluruhan p >0.05, dapat dijelaskan dengan (rxy =.024; sig =.826>0.05).
ENGLISH:
Assesment of a person against himself is a part that can affect behaviour in everyday life, especially when they interacts with peers. The Declaration that emerged when individuals imitating the attitude or behavior in others due to the pressure real or imagined by the individual itself and the presence a peers group of bonds so that peers into the reference within behave and take decisions in accordance with group and academic self concept includes feelings and attitudes of students on their academic ability or intellectual property, especially when comparing your self with other students. Problem study in this research are (1) how does the level of the Declaration against peers on student Madrasah Aliyah (MA) Almaarif Singosari-Malang? (2) how does the level of academic self concept in student Madrasah Aliyah (MA) Almaarif Singosari-Malang? (3) how the academic self concept and the Declaration against peers in madrasah aliyah (MA) Almaarif Singosari -Malang?
The purpose of this research is (1) to know the rates of Declaration of peers on student Madrasah Aliyah (MA) AlMaarif Singosari Malang (2) to know the academic self concept occurred in the Madrasah Aliyah (MA) AlMaarif Singosari-Malang (3) to know the magnitude of relationship of academic self concept and the Declaration against peers in Madrasah Aliyah (MA) AlMaarif Singosari-Malang.
This is approach in research and quantitative research this type of korelasional. The Subjects in this study were 87 of respondents and the sampling technique was used by technique of random sampling (random sampling). Data retrieval using the likert scale two scales-shaped academic self concept scale i.e. consisting of 34 aitem and fall 9 aitem, and scale of the declaration consists of 46 aitem and autumn 14 aitem.
Results of the study revealed that the level of academic self concept in Almaarif students singosari of Malang is at a high percentage categories have 55 .1were amended%, medium category have a percentage of 26.5%, and a low percentage of category has 2.3%. And the level of the Declaration against peers in the category high percentage has 92%, a low percentage category has 4.3%, and the percentage of low percentage category has 1.1%. And the results of correlation between these two classes between academic self concept with the Declaration against peers in class X shows the numbers of. 080 with p =. 603. Class XI shows the numbers of-. 134 with p =. 399. While the overall number of shows .024 with p = .826. it means that there is no relationship between the academic self concept with the Declaration against peers, in other words the alternative Hypothesis (Ha) was rejected because class X p > 0.05, can be explained by (rxy =. 080; sig =. 603 > 0.05), class XI p > 0.05, can be explained by (rxy =-. 134; sig =. 399 > 0.05), whereas the totality p > 0.05, can be explained by (rxy =. 024; sig =. 826 > 0.05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ridho, Ali | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Academic Self Concept; Konformitas; Academic Self Concept; Conformity | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170102 | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2015 10:23 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2015 10:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2193 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |