Rosidah, Cholifatur (2012) Pengaruh musik klasik dan musik pop terhadap kinerja peserta tes matematika: Studi eksperimen kelas X di MAN Mojosari–Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
08410024_Pendahuluan.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
08410024_Indonesia.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
08410024_Inggris.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
08410106_Bab_1.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
08410106_Bab_2.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
08410106_Bab_3.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
08410106_Bab_4.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
08410106_Bab_5.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (References)
08410024_Daftar_Pustaka.pdf Download (111kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
08410024_Lampiran.rar Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Musik adalah bagian dari kehidupan manusia dan perkembangan jiwa manusia. Musik dapat membantu otak untuk beroperasi secara seimbang, memperluas jalur-jalur syaraf yang telah ada. Dengan musik dapat meningkatkan kinerja otak, memberikan ketenangan, kenyamanan, mendatangkan inspirasi dan meningkatkan daya ingat. Sehingga ketika belajar/mengerjakan tugas sangat efektif jika di iringi dengan musik yang tepat, apalagi pada pelajaran yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi seperti pada pelajaran matematika.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah musik klasik dan musik pop mempengaruhi kinerja peserta tes matematika. Hipotesa pertama dalam penelitian ini adalah siswa akan mendapatkan nilai yang berbeda, jika pengerjaannya di iringi dengan musik dibandingkan dengan tanpa musik. Hipotesa kedua adalah siswa akan mendapatkan nilai yang lebih baik jika menggunakan musik klasik dibandingkan musik pop.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan metode Quasi Eksperiment (eksperimen semu) yaitu desain eksperimen yang yang dilakukan tanpa randomisasi, walaupun dalam pembagian ke lompoknya menggunakan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes prestasi berupa soal-soal metematika yang telah dipelajari sebelumnya dengan bobot soal yang sama antara pre-tes dengan post-tes. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Mojosari-Mojokerto dengan jumlah populasi penelitian ini adalah dari kelas X dengan jumlah sampel keseluruhan 286 siswa. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik klaster (cluster random sampling) berjumlah 87 siswa. Adapun metode analisis datanya dilakukan dengan menggunakan ANAKOVA gabungan antara Anava dan Anareg dengan menggunakan bantuan program SPSS.
Dari hasil analisis data ditemukan bahwa pemberian musik klasik dan musik pop pada siswa kelas X di MAN Mojosari secara intens memiliki pengaruh yang nyata terhadap peningkatan kiner ja siswa dalam mengerjakan tes matematika yang ditunjukkan dengan uji beda (uji T) yaitu (1,721 ) dengan nilai S ig < α (0,05). Selain itu, pemberian musik pop membawa pengaruh yang lebih tinggi dari pada musik klasik pada peningkatan kinerja siswa dalam mengerjakan tes matematika yang ditunjukkan dengan nilai musik pop yang lebih tinggi yaitu 46,22% dari pada musik klasik 25,39%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan diiringi musik pop dapat meningkatkan kinerja siswa dalam tes matematika di MAN Mojosari dari pada musik klasik dan tanpa musik.
ENGLISH:
Music is a part of human life and their soul development. Music can help brain operation to be balance and it can expand the nerve of the body. Music can also upgrade the brain work, give comfortable sensation, inspiration and increase the memorization process. Therefore, studying or doing some tasks will be more effective if it is complemented with appropriate music, especially for some subjects that need high concentration such as mathematics.
The research was aimed at finding whether classic music and pop music would influence the achievement of the mathematics test takers. The first hypothesis in this research was the there would be different scores between the test takers who did the test complemented with the music and the test takers who did not. The second hypothesis was the test takers would get better score when they used classic music than pop music.
This research was quantitative research and the method applied was Quasi experimental which was an experimental design that was done without randomization, though there was control group in it. The data collection technique was conducted by utilizing achievement test which was in form of some mathematics problems that had been studied before and the weights of the problems were the same as the pre-test and the post-test. The research was conducted at MAN Mojosari – Mojokerto and the population was the tenth graders while the samples were 286 students. The samples were chosen by using cluster random sampling and there were 87 students taken in this technique. The data analysis method was conducted by using AN AKOVA, the unification of Anava and Anareg by utilizing SPSS program.
Based on the data analysis, there was found that by using classic music and pop music intensively could influence the achievement of the tenth grader students of MAN Mojosari in doing mathematics test. It was shown by the T-test which was 1,721 and the S ig score was < α (0,05). F urthermore, the use of pop music could help the students in getting higher achievement for mathematics test. It was illustrated by the rate of pop music which was higher, 46,22%, than the classic music which was 25,39%. Thus, it could be concluded that implementing pop music could upgrade the students’ achievement in mathematics test at MAN Mojosari better than the classic music and without any music complemented
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ridho, Ali | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengaruh Musik Klasik; Musik Pop; Kinerja Peserta Tes; Effect of Classical Music; Pop Music; Test Takers’ Achievement | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170103 | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2015 08:59 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2015 08:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2123 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |