Haqiqi, Ilham Akbar (2020) Pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian AMDK Cleo 6000ml di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15510134.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pada umumnya, tawaran produk saat ini sangatlah beragam termasuk air minum dalam kemasan (AMDK). Alternatif pilihan yang semakin banyak inilah yang memudahkan konsumen untuk menentukan pilihan sesuai selera. Untuk mengatasi persaingan, maka perusahaan harus tetap mempertahankan pangsa pasarnya dengan cara membentuk citra merek yang positif. Hal lain yg juga penting diperhatikan adalah harga, karena setiap keputusan pembelian akan menimbulkan suatu persepsi harga oleh konsumen. Oleh karena itu, citra merek dan persepsi harga pada dasarnya turut andil dalam penentuan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara simultan dan parsial pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian serta mengetahui variabel mana antara citra merek dan persepsi harga yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis explanatory research dan metode pengambilan sampel accidental sampling dan judgemental sampling didasarkan pada penilaian subjektif dari konsumen AMDK Cleo 6000ml. Sampel yang digunakan sebanyak 140 responden dengan menggunakan kuesioner yang disebar di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Adapun analisis data penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda dengan mempertimbangkan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek ( X1 ) dan persepsi harga ( X2 )mempunyai pengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian(Y). Sedangkan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel citra merek (X1).
ENGLISH:
Generally, the current product offer is very diverse including bottled drinking water (AMDK). These increasingly alternative choices make it easier for consumers to make choices according to taste. To overcome competition, companies must maintain their market share by forming a positive brand image. Another thing that is also important to note is the price, because every purchase decision will cause a perception of price by consumers. Therefore, brand image and price perception basically contribute to the purchase decision. The purpose of this study is to determine the simultaneous and partial influence of brand image and price perception on purchasing decisions and to know which variables between brand image and price perception have a dominant influence on purchasing decisions.
This research method uses a quantitative approach to the type of explanatory research and the method of sampling accidental sampling and judgmental sampling is based on subjective assessments of 6000ml Cleo bottled water consumers. The sample used was 140 respondents using a questionnaire distributed in Kecamatan Lowokwaru, Malang. The data analysis of this research uses multiple linear regression test by considering the classical assumption test. Based on the results of the study indicate that brand image ( X1 ) and price perception ( X2 ) have a simultaneous and partial influence on purchasing decisions (Y). While the variable that has a dominant influence on purchasing decisions is the brand image variable (X1).
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |