Manaf, Abd (2014) Hubungan persepsi siswa tentang kompetensi sosial para guru dengan motivasi belajar siswa di SMA N 1 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
09410117 Pendahuluan.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
09410117 Indonesia.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
09410117 Inggris.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
09410117 Arab.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
09410117 BAb 1.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
09410117 Bab 2.pdf Download (646kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
09410117 Bab 3.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
09410117 Bab 4.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
09410117 Bab 5.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (References)
09410117 Daftar Pustaka.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (Appendices)
09410117 Lampiran.pdf Download (988kB) | Preview |
|
|
Text (Summary)
09410117 Ringkasan.pdf Download (493kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan sangat penting dalam pendidikan untuk mencapai tujuan pembelajaran di sekolah. Kemampuan guru dalam mengajar didalam proses pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan merupakan indikator keberhasilan proses belajar mengajar. Agar didalam melaksanakan tugasnya dapat berjalan secara baik sesuai dengan profesi yang dimilikinya, untuk mewujudkan hal tersebut, guru perlu menguasai berbagai hal sebagai bekal kompetensi yang dimilikinya, terutama adalah kompetensi sosial yang erat hubungannya dengan siswa. Salah satu faktor utama dalam belajar adalah motivasi yang mempengaruhi keberhasilan belajar. Siswa yang memiliki motivasi belajar mempunyai kecenderungan untuk mencurahkan segala kemampuannya untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Semakin tinggi motivasi yang dimiliki siswa, siswa akan giat dan semangat belajar, hal ini menjadikan semakin meningkat prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana tingkat persepsi siswa tentang kompetensi sosial para guru di SMA N 1 Singosari Malang, 2) bagaimana tingkat motivasi belajar siswa di SMA N 1 Singosari Malang, 3) apakah persepsi siswa tentang kompetensi sosial para guru berhubungan positif dengan motivasi belajar siswa di SMA N 1 Singosari Malanag. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi SMA N 1 Singosari Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif deskriptif asosiatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 siswa-siswi SMA N 1 Singosari Malang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala, observasi dan wawancara. Pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengolahan data menggunakan uji korelasi product moment dengan taraf signifikan 5% untuk mengetahui terdapat hubungan antar variabel. yang sebelumnya dilakukan dengan pencarian rata-rata (mean) dan standar deviasi serta ketegorisasi dari masing-masing variabel tingkat kompetensi sosial guru dan tingkat motivasi belajar siswa.
Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tingkat persepsi siswa tentang kompetensi sosial para guru di SMAN 1 Singosari Malang berada pada tingkat sedang, dengan prosentase 61,4% 2) tingkat motivasi belajar siswa di SMA N 1 Singosari Malang berada pada tingkat sedang, dengan prosentase 64,8% 3) terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial para guru dengan motivasi belajar siswa di SMA N 1 Singosari Malang memiliki tingkat korelasi sebesar 0,986 dengan taraf signifikansi 0,000. Dari analisis data diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel persepsi siswa tentang kompetensi sosial para guru dengan motivasi belajar siswa di SMA N 1 Singosari Malang.
ENGLISH:
Teacher is the main important factor in learning and education to achieve the academic purpose at school. The teacher ability in learning process is the succes indicator of learning and teaching. To achieve the task well as the job he has, teacher needs to know everything about it especially social competence which is related to the student. One of the main factor in learning is a motivation that influence the learning succes. The student who has big learning motivation is more willing to devote all his ability to get excelent result as he expeted. The higher motivation he has, he more he learn and has big spirit to study. And it can be a good start to increase student achivement.
This research purpose to know: 1) how is the student achievement level about social competence of teacher at SMA N 1 Singosari Malang. 2) how is the student learning motivation level at SMA N 1 Singosari Malang. 3) does the student perseption about the teacher social competence give feed back to the learning result of student at SMA N 1 Singosari Malang. The subject of the research is the student of SMA N 1 Singosari Malang.
This research uses asociation descriptive quantitative approach. The sampel amount is 88 students of SMA N 1 Singosari Malang. The technique of data collection uses scale, observation and interview. Sample taken uses proporsional random sampling. Data proces technique uses correlation of product moment with the significant standart 5% to know about variabel connection, it did before with the mean and standart deviation and category in each variabel of teacher social competence level and student learning motivation.
The result in this research are: 1) the student perception level about teacher social competence at SMA N 1 Singosari Malang is in intermediate level with the percentage of 61,4%. 2) the student learning motivation level at SMA N 1 Singosari Malang is in intermediate level with percentage of 64,8%. 3) there is a connection between student perception about teacher social competence with student learning motivation at SMA N 1 Singosari Malang that has correlation as 0,986 with significant standart 0,000. From those analysis can be concluded that the strong connection between the variabel of student perception about teacher social competence with student learning motivation at SMA N 1 Singosari Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kompetensi Sosial; Motivasi Belajar; Siswa SMA N 1 Singosari Malang; social competence; learning motivation; the student of SMA N 1 Singosari Malang |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Departement: | Fakultas Psikologi |
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih |
Date Deposited: | 31 Jul 2015 14:19 |
Last Modified: | 31 Jul 2015 14:19 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/778 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |