Kreativitas guru dalam menangani prestasi belajar menurun siswa kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Inggris di MTs Hasanuddin Siraman

Inayah, Annisatul (2014) Kreativitas guru dalam menangani prestasi belajar menurun siswa kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Inggris di MTs Hasanuddin Siraman. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
10410107 Pendahuluan.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
10410107 Indonesia.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
10410107 Inggris.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
10410107 Arab.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
10410107 Bab 1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
10410107 Bab 2.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
10410107 Bab 3.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
10410107 Bab 4.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
10410107 Bab 5.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
10410107 Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Other (Appendices)
10410107 Lampiran.rar

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA:

Keberhasilan belajar dapat diketahui melalui penilaian yang tertulis dalam raport. Sedangkan penilaian hasil belajar terbaik disebut prestasi belajar. Prestasi dapat menurun dan meningkat. Apabila prestasi belajar menurun itu artinya ada penyebab dan faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan tersebut. Masalah ini tentu menjadi tugas guru sebagai pihak yang bertugas dalam pembelajaran di sekolah.

Berdasarkan persoalan di atas maka skripsi ini penulis mengangkat judul “Kreativitas Guru dalam Menangani Prestasi Belajar Menurun Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Mts Hasanuddin Siraman”. Penelitian ini akan dibatasi dengan :1) penyebab prestasi belajar menurun siswa, 2). kreativitas guru dalam menangani prestasi belajar menurun siswa, dan 3). faktor yang mendukung dan menghambat kreativitas guru dalam menangani prestasi belajar
menurun siswa.

Penelitian ini mendeskripsikan penyebab prestasi belajar menurun siswa, menjelaskan kreativitas guru dalam menangani prestasi belajar menurun siswa, dan menjelaskan faktor yang mendukung dan menghambat kreativitas guru dalam menangani prestasi belajar menurun siswa.

Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu mengungkap gejala secara utuh sesuai konteks (holistik- kontekstual). Data digali melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara me-reduksi, men-display, dan meverifivikasi sehingga memberikan gambaran fenomena secara utuh.

Diperoleh kesimpulan bahwa : 1). Penyebab prestasi belajar menurun siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris adalah faktor eksternal (faktor sekolah) dan faktor internal (faktor psikologis: kesiapan dan perhatian, minat dan motivasi) 2). Kreativitas guru dalam menangani prestasi belajar menurun siswa menggunakan beberapa metode diantaranya a) mengedepankan pendekatan personal dan mewajibkan siswa untuk membawa kamus Bahasa Inggris dan b) Guru mengkombinasikan metode pembelajaran dengan berbagai bentuk diantaranya metode ceramah, metode pemberian tugas, dan metode tanya jawab serta sesekali dengan games ketika kelas bosan. 3). Faktor pendukung kreativitas guru dalam menangani prestasi belajar siswa menurun adalah beasiswa sekolah lanjut untuk guru Bahasa Inggris dan berperan aktifnya Kepala Sekolah melakukan fungsi pengawasan. Sedangkan faktor penghambat kreativitas guru dalam menangani prestasi belajar siswa menurun adalah kurang siapnya siswa dalam menerima pembelajaran di kelas dan tidak tersedianya alat pendukung pembelajaran multimedia.

ENGLISH:

The success of learning can be known through written assessments in report card. While the best outcome of learning is called learning achievement. The achievement can decrease and increase. When it decreases of course there are causes and factors which influence it. This problem becomes teachers’ duty as side that has duty in learning at school.

Based on the matter above, thus the author of this thesis designates a topic “The Teacher’s Creativity on handle students’ decreasing in learning achievement at VII class in English subject at MTs Hasanuddin Siraman”. The research will be limited with: 1) the cause of student’s decreasing in learning achievement, 2). the teacher’s creativity to handle student’s decreasing in learning achievement, and
3). the factors that support and hamper of teacher’s creativity to handle student’s decreasing in learning achievement.

The research describes and explains the causes of student’s decreasing in learning achievement, the teacher’s creativity, and the factors that support and hamper of teacher’s creativity to handle student’s decreasing in learning achievement.

For getting those goals, this research uses descriptive-qualitative research namely expressing symptoms completely that agree with contexts (holistic-contextual). The data are taken through technical observation, interview, and documentation. Then, those are analyzed with reduce, display, and verify so that give a phenomenon picture completely.

From this research is gotten a conclusion that: 1). the causes of student’s decreasing in learning achievement in English subject are external factor (school factors) and internal factor (psychological factors: ready and attention, motivation and interest), 2). The teacher’s creativity to handle student’s decreasing in learning achievement uses some methods those are a) setting out phenomenological personality and order the students to bring an English dictionary and b) the teachers combine learning method with another methods namely speech method, task, question-answer, and sometimes uses games when class is bored. 3). The supporter factor of teachers’ creativity to handle student’s decreasing in learning achievement is a scholarship for continuing study to English teachers and then the headmaster does function of monitoring actively. Whereas the inhibitor factor of teacher’s creativity to handle student’s decreasing in learning achievement is a condition when students are not already yet getting lessons and lacking of tools for multimedia learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hidayah, Rifa
Keywords: Prestasi Belajar; Kreativitas Guru; Learning Achievement; Teacher’s Creativity
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 31 Jul 2015 07:23
Last Modified: 31 Jul 2015 07:23
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item View Item