Mufida, Siti Aisyah Adjmil (2014) Hubungan internalisasi norma terhadap safety riding pada Komunitas Vario Owner Club Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
07410002 Pendahuluan.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
07410002 Indonesia.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
07410002 Inggris.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
07410002 Arab.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
07410002 Bab 1.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
07410002 Bab 2.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
07410002 Bab 3.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
07410002 Bab 4.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
07410002 Bab 5.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (References)
07410002 Daftar Pustaka.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (Appendices)
07410002 Lampiran.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text (Summary)
07410002 Ringkasan.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Padatnya lalu lintas disebabkan oleh meningkatnya jumlah pengguna kendaraan bermotor yang menimbulkan banyak permasalahan seperti persoalan ketertiban, kelancaran, dan keselamatan lalu lintas. Keselamatan yang semestinya sangat diprioritaskan dalam berkendara di jalan raya dirasa kurang begitu dipatuhi oleh para pengguna jalan. Ketidakpatuhan pada aturan ini disebabkan kurangnya internalisasi norma pada pengguna jalan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Hal ini dibuktikan dengan data yang diperoleh dari dinas perhubungan kota Surabaya, dalam kurun waktu tiga tahun, antara 2007-2009 terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Beberapa tindakan telah dilakukan oleh kepolisian serta komunitas motor dengan selalu menghimbau dan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat agar tertib di jalan raya seperti yang dilakukannya dalam program yang salah satu dalam penelitian ini adalah safety riding yang bertujuan untuk meminimalisasi tingkat kecelakan.
Masalah muncul ketika salah sekelompok komunitas motor yang tidak mematuhi norma safety riding sehingga menimbulkan keresahan masyarakat. Alasan pengambilan responden dari komunitas Vario Owner Club Malang didasari oleh norma kelompok tersebut memiliki tingkat persaudaraan yang tinggi, dan berbeda dengan komunitas motor lainnya. Sehingga dapat diharapkan bahwa penerapan dan pemahaman teori internalisasi norma dalam Vario Owner Club Malang dapat berjalan dengan baik. Dari fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan internalisasi norma kelompok terhadap perilaku safety riding pada setiap anggota komunitas motor Vario Owner Club Malang ini.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif, yaitu menguji korelasi antara internalisasi norma dengan safety riding pada komunitas Vario Owner Club Malang. Penelitian ini melibatkan 31 responden dari seluruh anggota Vario Owner Club Malang.
Hasil penelitian ini adalah diketahui tingkat internalisasi norma pada Vario Owner Club Malang tinggi dengan prosentase 40.32%. Sedangkan tingkat safety riding pada Vario Owner Club Malang tinggi dengan prosentase 55.27%. 5. Berdasarkan hasil uji korelasi pada SPSS 21.00 dapat diketahui taraf koefisien korelasi sebesar 0, 275 dan bernilai positif (+) menunjukkan bahwa internalisasi norma dan safety riding memiliki korelasi positif. Karena hubungannya bernilai positif maka dapat diartikan bahwa jika internalisasi norma seseorang tinggi, maka safety ridingnya juga cenderung tinggi. Selain itu diketahui bahwa taraf signifikansi yang didapatkan adalah sebesar 0, 067 dimana 0, 067 > 0, 05. Dengan demikian hubungan antara internalisasi norma dengan safety riding pada komunitas Vario Owner Club Malang tidak signifikan, meskipun keduanya memiliki korelasi positif.
ENGLISH:
Traffic is so crowded because the number of motorcycle user always increases and it causes problems of orderliness, smoothness and safety of traffic. Safety is given high priority in driving the motorcycle on the road, but safety is not given high respect by the user of the road. Such disobedience may because of lack of internalization of norm as road user and thus, it may result in traffic accident. This consequence is supported by data provided by the Official of Transport of Surabaya City in period of three years from 2007-2009, which shows that the number of traffic accident is increasing quite significant. Some actions may be taken by the police and the motorcycle community by always persuading and socializing the community toward the orderliness on the road. It is consistent to a program held within this research, called safety riding which aims to minimize accident rate.
Problems are shown up when a motorcycle community disrespects safety riding norm such that it only develops community anxiety. A reason behind the sampling of respondents from Malang Vario Owner Club Community is that this community upholds high level of kinship distinguishing them from other motorcycle community. It is then expected that the application and the understanding of norm internalization of Malang Vario Owner Club Community have been favorable. Considering this phenomenon, the objective of this research is to understand the relationship between group norm internalization and safety riding behavior of every member of Malang Vario Owner Club Community.
Method of research is quantitative which examines the correlation between norm internalization and safety riding of Malang Vario Owner Club Community. It involves 31 respondents of all members of Malang Vario Owner Club Community.
Result of research indicates that norm internalization rate of Malang Vario Owner Club Community is 40.32 %. Safety Riding rate of Malang Vario Owner Club Community counts to 55.27 %. Result of correlation test with SPSS 21.00 has shown that coefficient of correlation is 0.275 with positive value (+), which means that both norm internalization and safety riding have positive correlation. A positive relationship can be also meant that if norm internalization is high, then safety riding is also high. It is also acknowledged that significance rate is 0.067 where 0.067 > 0.05. Therefore, the relationship between norm internalization and safety riding in Malang Vario Owner Club Community is not significant although both have positive correlation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Internalisasi Norma; Safety Riding; Komunitas Vario Owner Club Malang; Perilaku Lalu Lintas; Norm Internalization; Malang Vario Owner Club Community; Traffic Behavior |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Departement: | Fakultas Psikologi |
Depositing User: | Saputra Edi |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 10:49 |
Last Modified: | 30 Jul 2015 10:49 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/583 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |