Evanti, Amelia Rahma (2012) Hubungan karakter siswa dengan motivasi berprestasi siswa di SMP Al-Izzah Islamic Boarding School Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
08410101_Pendahuluan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
08410101_Indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
08410101_Inggris.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
08410101_Arab.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
08410101_Bab_1.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
08410101_Bab_2.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
08410101_Bab_3.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
08410101_Bab_4.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
08410101_Bab_5.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (References)
08410101_Daftar_Pustaka.pdf Download (149kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
08410101_Lampiran.rar Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara karakter siswa dengan motivasi berprestasi siswa di SMP Al-Izzah Islamic Boarding School Batu. Alasan dipilihnya SMP Al-Izzah Islamic Boarding School Batu sebagai tempat penelitian adalah dikarenakan sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan kurikulum pendidikan karakter.
Metode pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan metode angket. Angket penelitian terdiri dari dua angket yaitu angket karakter siswa dan motivasi berprestasi siswa yang masing-masing terdiri dari 24 aitem. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa product moment.
Berdasarkan analisa penelitian didapatkan hasil sebagai berikut: Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 70 siswa, pada variabel karakter siswa menghasilkan 12 siswa (17,14 %) memiliki karakter yang baik, 51 siswa (72,86 %) memiliki karakter yang sedang dan 7 orang (10 %) memiliki karakter yang kurang baik. Sedangkan variabel motivasi berprestasi menghasilkan 10 siswa (14,29%) memiliki motivasi berprestasi yang tinggi, 52 siswa (74,28 %) memiliki motivasi berprestasi yang sedang dan 8 siswa (11,43 %) memiliki tingkat motivasi berprestasi yang rendah.
Aspek karakter yang mempunyai hubungan dengan motivasi berpreastasi adalah rasa hormat dan santun (rxy 0,360; dengan sig 0,02 < 0,05), keadilan dan kejujuran (rxy 0,302; dengan sig 0,011 < 0,05), rasa peduli (rxy 0,357; dengan sig 0,02 < 0,05), serta kepercayaan (rxy 0,273; dengan sig 0,022 < 0,05). Sedangkan aspek kemandirian dan tanggung jawab (rxy 0,073; dengan sig 0,548 > 0,05), serta kesadaran berwarganegara (rxy 0,132; dengan sig 0,275 > 0,05) tidak mempunyai hubungan dengan motivasi berprestasi siswa.
Hasil penelitian di atas kedua variabel (karakter siswa dengan motivasi berprestasi siswa) menghasilkan bahwa terdapat hubungan positif (rxy 0,337; dengan sig < 0,05). Artinya, hubungan antara variabel karakter siswa dan variabel motivasi berprestasi siswa adalah positif signifikan dengan mendapatkan nilai 0,004 dan nilai signifikansinya Sig. (2-tailed) adalah dibawah atau lebih kecil dari 0,05. Karakter siswa yang tinggi maka motivasi berprestasinya juga tinggi, sebaliknya jika karakter siswa rendah maka motivasi berprestasinyapun rendah. Jadi, dari hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara karakter siswa dengan motivasi berprestasi siswa di SMP Al-Izzah Islamic Boarding School Batu DITERIMA.
ENGLISH:
This study aims to determine whether there is any or no relationship between the character with student achievement motivation in SMP Al-Izzah Islamic Boarding School Batu. The reason chooses SMP Al-Izzah Islamic Boarding School Batu as a research site because the school is one school that has implemented a character education curriculum.
Data collection methods in this study using the questionnaire method. Questionnaire consisted of two questionnaires, namely the character of the student questionnaires and student achievement motivation, each of which consists of 24 item. Analysis technique used is the product moment analysis.
Based on the analysis of the study obtained the following results: Number of respondents in this study were 70 students, at a variable rate student character result in 12 students (17.14%) have the characteristics of a high level, 51 students (72.86%) had middle level characteristics and 7 students (10%) had low level characteristics. While the achievement motivation variables generate 10 student (14.29%) had high achievement motivation, 52 students (74.28%) had middle of achievement motivation and 8 students (11.43%) had low levels of achievement motivation.
Character aspect that has a relationship with achievement motivation is respectful and polite (rxy 0.360; with sig 0.02 < 0.05), fairness and honesty (rxy 0.302; with sig 0.011 < 0.05), concern (rxy 0.357; with sig 0.02 < 0.05), and confidence (rxy 0.273; with sig 0.022 < 0.05). While aspects of independence and responsibility (rxy 0.073; with sig 0.548 > 0.05), and awareness citizenship (rxy 0.132; with sig 0.275 > 0.05) did not have relationship with student achievement motivation.
The results on these two variables (the student character with student achievement motivation) yields that there is a positive relationship (rxy 0.337; with sig < 0.05). That is, the relationship between the variable student character and student achievement motivation variable is significantly positive with a value of 0.004 and significance value Sig. (2-tailed) is below or less than 0.05. High student character are also high in achievement motivation, on the contrary if the student had low level of motivation characteristics are also low in achievement motivation. So, from the hypothesis that there is a positive relationship between the student character with student achievement motivation in SMP Al-Izzah Islamic Boarding School Batu ACCEPTED.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hidayah, Rifa | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Karakter dan Motivasi Berprestasi; Character and Achievement Motivation | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170103 | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2015 09:40 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2015 09:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2121 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |