Husniah, Afifatul (2014) Penyesuaian diri orang tua dan pola asuh pada remaja indigo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
10410115 Pendahuluan.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
10410115 Indonesia.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
10410115 Inggris.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
10410115 Arab.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
10410115 Bab 1.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
10410115 Bab 2.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
10410115 Bab 3.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
10410115 Bab 4.pdf Download (779kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
10410115 Bab 5.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text (References)
10410115 Daftar pustaka.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
10410115 Lampiran.rar Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Anak indigo adalah anak yang memiliki kemampuan mengirim atau menerima informasi tanpa menggunakan kelima panca indera/SensoryPerception (penglihatan, penciuman, peraba, perasa, pendengaran). Anak indigo mempunyai kemampuan lebih dibandingkan dengan anak yang lain yang menunjukkan seperangkat atribut psikologis baru dan luar biasa yang tidak dimiliki anak yang lain yaitu kemampuan indra ke-enam yang di miliki oleh anak indigo serta anak indigo menunjukan ketidakmampuan adaptasi dengan lingkungan hidupnya. Kebanyakan perilaku anak Indigo sulit untuk dipahami sehingga orang-orang yang berinteraksi dengan mereka (para orangtua, khususnya) mengubah perlakuan dan pengasuhan guna mencapai keseimbangan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran penyesuaian orangtua terhadap remaja indigo dan pola asuh yang diterapkannya.
Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yang digunakan untuk mengeksplorasi dan memahami makna sejumlah masalah sosial atau kemanusiaan. Teknik pengambilan dalam metode kualitatif yaitu dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu dua orang tua yang memiliki anak indigo, khususnya adalah ibu dimana ibu merupakan sosok orang tua yang lebih dekat dan mengerti tentang bagimana kondisi anaknya.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah penyesuaian diri orang tua terhadap anak indigo muncul dari anak, lingkungan dan diri sendiri. Koping yang dilakukan orang tua dalam menyelesaikan masalah diantaranya adalah direct coping, spiritual coping, self control. Proses penyesuaian yang dilakukan oleh orang tua melalui proses penolakan, motivasi dan usaha (koping). Faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri orang tua muncul dari internal (anak dan diri orang tua sendiri) dan eksternal (lingkungan social dan lingkungan keluarga). Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap anak indigo diantaranya adalah penuh kasih sayang/welas asih, mendidik anak dalam keadaan tenang, mengambil hati anak dan membesarkan hati anak, berbicara secara positif, kemampuan mendengarkan anak, mendampingi anak, praktek langsung dan memberikan reward.
ENGLISH:
Indigo children are children who are believed to possess the ability to send or receive information without using the five senses of sight, smell, hearing, touch, or taste. They have more capabilities compared to other children who show a set of outstanding psychological attributes, that is the ability of the sixth senses as well as the inability of adaptation. Most Indigo children’s behavior are difficult to grasp that those who interact with them (parents, specifically) change the treatment and care to achieve a balance. The purpose of this research is to know the parents’ adjustment of parenting pattern to indigo children.
The method of this research is qualitative which explores and understands the meaning of individuals or groups problems through interview, observation and documentation. The subjects are two parents who have indigo children, especially the mother who mostly understands the condition of their children.
The results showed that the parents’ adaptability against the indigo children emerged from the indigo children, family and social environment. The copings are coping directly, spiritual coping, and self control. The process of parents’ adjustment are rejection, motivation and effort (coping). The factors includes internal (the indigo children and parents) and external ( social environment and family). The parenting of indigo children includes affection, ingratiating, tranquilly educating, positively speaking, ability of understanding, accompanying, directly practicing and giving reward.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penyesuaian Diri; Pola Asuh; Anak Indigo; Adaptability; Indigo Children; Parenting |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing |
Departement: | Fakultas Psikologi |
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha |
Date Deposited: | 31 Jul 2015 14:38 |
Last Modified: | 31 Jul 2015 14:38 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/777 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |