Purwanti, Indah (2012) Studi kasus tentang pemahaman orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SDN Kembangan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
08410049_Pendahuluan.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
08410049_Indonesia.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
08410049_Inggris.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
08410049_Arab.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
08410049_Bab_1.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
08410049_Bab_2.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
08410049_Bab_3.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
08410049_Bab_4.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
08410049_Bab_5.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (References)
08410049_Daftar_Pustaka.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text (Appendices)
08410049_Lampiran.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pemahaman orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus yang terkait dengan bagaimana cara orang tua untuk mengerti dan memberikan perhatian serta kasih sayang yang seharusnya diberikan kepada anak yang memang benar membutuhkan perhatian penuh dari orang tua, sikap yang seharusnya diberikan serta pengasuhan dan penerimaan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Pengasuhan yang baik dan sikap positif lingkungan serta kasih sayang yang cukup akan menumbuhkan konsep diri yang positif bagi anak dalam menilai diri sendiri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bagaimana kondisi anak berkebutuhan khusus yang terdapat di sekolah? Dan bagaimana metode orang tua dalam mengasuh anak berkebutuhan khusus? Serta bagaimana pemahaman orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SDN Kembangan? Pemahaman orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus ini bertujuan untuk mengetahui pengasuhan yang diberikan orang tua pada anak berkebutuhan khusus dan mengetahui metode-metode orang tua dalam mengasuh anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di SDN Kembangan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kembangan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian berjumlah dua orang yakni kelas satu dan kelas empat dalam jenis studi kasus. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua anak berkebutuhan khusus dari segi pengawasan dan perhatiannya kurang diberikan terhadap anaknya. Metode dan pemahaman yang digunakan kurang bisa diterima oleh anak sehingga anak menjadi bandel dan sulit untuk diatur serta menjadi anak yang kurang percaya diri dan menarik diri dari lingkungan sekitarnya. Hal ini tidak sesuai dengan teori yang menjelaskan bahwa pola asuh yang baik dan sikap positif lingkungan serta penerimaan masyarakat terhadap anak akan menumbuhkan konsep diri positif bagi anak dalam menilai diri sendiri.
Hasil penelitian yang dilakukan di SDN Kembangan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik tentang pemahaman orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus adalah pertama, kondisi anak yang ada di SDN Kembangan terdapat dua anak yang mengalami kebutuhan khusus yaitu slow learner (lambat belajar) dengan dyslexia (kesulitan belajar membaca dan menulis). Kedua, metode yang digunakan oleh kedua orang tua anak berkebutuhan khusus tersebut masih belum bisa diterima oleh anak karena orang tua menggunakan metode otoriter (membatasi dan menghukum) dan permisif (pengasuhan yang mengabaikan). Ketiga, pemahaman orang tua tentang anaknya yang mengalami kebutuhan khusus sangat kurang terlihat dari pengasuhan dan metode yang digunakan oleh orang tua yang masih tidak bisa di terima oleh anak yang berbeda dengan anak normal lainnya.
ENGLISH:
Understanding parents who have children in need specials related to how parents to understand and give you the attention and affection that was supposed to be given to a child in need of undivided attention is certainly true of the attitude of parents, should be granted as well as nurturing and acceptance of parents who have children in need special. Good parenting and positive attitude and environment affection will be enough to grow positive self concept for children in assessing yourself.
Problem formulation in this research is how how children in need special conditions contained in school? And how the methods of parents in parenting in need special? And how understanding parents who have children in need special SDN Kembangan? Understanding parents who have a child in need this special aims to know parenting given parents at children in need special and know the methods of parents in parenting in need attending special School District Kembangan Kebomas Gresik.
The research was carried out in Kebomas Sub-district of SDN Kembangan Gresik by using qualitative approach. Research subjects were two of the first class and four class in this type of case studies. The collection of data by interview observation and documentation. This research result indicates that when an elder son berkebutuhan specifically in terms of monitoring and his attention less provided to his son. A method and an understanding that used less acceptable child so that the child becomes a recalcitrant and difficult to set up as well as a child who lack confidence and withdraw from the surrounding environment. This is not in accordance with the theory that explains that foster a good pattern and positive attitude of the community towards the environment as well as the acceptance of children will grow positive self concept for children in assessing yourself.
Results of research conducted in Kembangan District School Kebomas Gresik about understanding parents who have children in need special is First, condition child in sdn kembangan there are two children were having special needs is slow learner ( slow learning ) with dyslexia ( learning disability read and write ). Secondly, the methods used by both the child's parents are still not in need of special could be accepted by children because parents use authoritarian methods (limit and punish) and permissive (ignore the parenting). Third, understanding parents about children who have special needs very less noticeable of caregiving and the methods used by parents who still can't get the thank by different with other normal children.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Soleh, A. Khudori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pemahaman Orang tua; Anak berkebutuhan Khusus di SDN Kembangan; Understanding Parents; Children in Need Special SDN Kembangan | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170113 | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2015 15:48 | ||||||
Last Modified: | 29 Sep 2015 15:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2258 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |