Abdullah, Muhammad (2014) Hubungan antara efikasi diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas VIII di MTs Ahmad Yani Jabung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
10410086 Pendahuluan.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
10410086 Indonesia.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
10410086 Inggris.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
10410086 Arab.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
10410086 Bab 1.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
10410086 Bab 2.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
10410086 Bab 3.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
10410086 Bab 4.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
10410086 Bab 5.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (References)
10410086 Daftar Pustaka.pdf Download (86kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
10410086 Lampiran.rar Download (679kB) |
||
|
Text (Summary)
10410086 Ringkasan.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Siswa MTs. kelas VIII berada pada tahap mencari jati diri, pada masa ini siswa mulai mengidentifikasi keampuannya terutama dalam hal motivasi berprestasi, motivasi berprestasi yang tinggi yang dimiliki oleh siswa ditimbulkan oleh adanya dorongan yang muncul pada diri siswa tersebut. Dorongan ini biasanya akan menjadikan siswa berusaha melakukan yang terbaik, memiliki kepercayaan terhadap kemampuan untuk bekerja mandiri, bersikap optimis, dan memiliki ketidak puasan terhadap prestasi yang telah diperoleh, doronagn yang timbul ini dinamakan keyakinan diri ( efikasi diri). Self efficacy atau efikasi diri adalah keyakinan seseorang bahwa dirinya mampu meraih hasil yang diinginkan, seperti penguasaan suatu ketrampilan baru atau mencapai suatu tujuan. Sedangkan motivasi berprestasi kebutuhan untuk berprestasi dapat diartikan sebagai hasrat untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik atau lebih efisien daripada yang telah dilakukan sebelumnya ( Robbins, 2002). Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi seseorang adalah efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efikasi diri dan motivasi berprestasi pada siswa MTs. Ahmad Yani Jabung Malang, serta untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan motivasi berprestasi siswa MTs kelas VIII Ahmad Yani Jabung Malang.
Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kauntitatif korelasi yaitu untuk mengetahui hubungan dari suatu varibel terhadap varibel lainnya. Subyek yang diambil dalam penelitian adalah siswa MTs kelas VIII Ahmad Yani Jabung Malang yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah . Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala efikasi diri dan skala motivasi berprestasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik uji korelasi product moment.
Pada penelitian ini ditemukan bahwa mayoritas siswa MTs. Ahmad Yani Jabung Malang mempunyai tingkat efikasi diri yang sedang yaitu dengan presentase 44, 9% ( 31 siswa), sedangkan 20, 3% ( 14 siswa) memiliki efikasi diri yang tinggi, dan 11, 6% ( 8 siswa) memiliki efikasi diri yang rendah. Untuk tingkat motivasi berprestasi ditemukan bahwa mayoritas siswa MTs. Ahmad Yani Jabung Malang berada pada kategori sedang dengan presentase 40, 6% ( 28 siswa), sedangkan 8, 7% ( 6 siswa) memiliki tingkat motivasi berprestasi tinggi, dan 31, 9% ( 22 siswa) memiliki tingkat motivasi berprestasi rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan motivasi berprestasi pada siswa MTs. Ahmad Yani Jabung Malang, hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0,719 dengan p = 0,000 dan berada pada taraf signifikansi 0,01 sehingga p < 0,01, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.
ENGLISH:
Students MTs. eighth grade at the stage of looking for identity, at this time the students begin to identify ability specially in terms of achievement motivation, high achievement motivation possessed by students caused by the encouragement that appear on the students themselves. This encouragement will usually make the students strive to do our best, have confidence in the ability to work independently, be optimistic, and have a dissatisfaction of the achievements that have been obtained, arising doronagn is called self confidence (self-efficacy). One of the factors that affect a person's achievement motivation is self-efficacy. This study aims to determine the level of self-efficacy and achievement motivation in students MTs. Ahmad Yani Jabung Malang, as well as to determine the relationship of self-efficacy and achievement motivation eighth grade students of MTs Ahmad Yani Jabung Malang.
This study uses correlation quntitative kind of research is to determine the relationship of one variable to another variable. The subjects were taken in the study were students of class VIII MTs Ahmad Yani Jabung Malang, amounting to 69 students. Sampling technique in this study was. Methods of data collection in this study using a self-efficacy scale and the scale of achievement motivation. The data analysis technique used is the product moment correlation test.
This study found that the majority of students MTs. Ahmad Yani Jabung Malang has a level of self-efficacy is that the percentage of 44, 9% (31 students), while the 20, 3% (14 students) had high self-efficacy, and 11, 6% (8 students) have a self-efficacy low. To the level of achievement motivation was found that the majority of students MTs. Ahmad Yani Jabung Malang in middle category with a percentage of 40, 6% (28 students), whereas 8, 7% (6 students) have a high level of achievement motivation, and 31, 9% (22 students) had lower levels of achievement motivation. The results showed that there is a significant positive relationship between self- efficacy and achievement motivation in students MTs. Ahmad Yani Jabung Malang, this is indicated by the correlation coefficient r xy = 0.719 and p = 0.000 at significance level of 0.01 was so p <0.01, thus it can be concluded that the hypothesis is accepted
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efikasi Diri; Motivasi Berprestasi; Self efficacy; Achievement motivation |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Departement: | Fakultas Psikologi |
Depositing User: | Indar Erdiana |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 11:45 |
Last Modified: | 03 Aug 2015 11:45 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/816 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |