Yulianto, Rifqi (2014) Analisis strategi pemasaran berbasis syariah (pendekatan marketing mix): Studi pada Hotel Grand Kalpataru Syariah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
10510023 Pendahuluan.pdf Download (734kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
10510023 Indonesia.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
10510023 Inggris.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
10510023 Arab.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
10510023 Bab 1.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
10510023 Bab 2.pdf Download (882kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
10510023 Bab 3.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
10510023 Bab 4.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
10510023 Bab 5.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (References)
10510023 Daftar Pustaka.pdf Download (235kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
10510023 Lampiran.rar Download (281kB) |
Abstract
INDONESIA:
Seiring dengan pesatnya dunia bisnis, untuk dapat meningkatkan pelayanan dan permintaan kepada konsumen pada segmen-segmen tertentu kini mulai banyak produsen yang mendisain produknya dengan menjalankan bisnis dengan prinsip syariah. Begitu pula dengan Hotel Grand Kalpataru Syariah yang awalnya merupakan hotel berbasis konvensional, namun perlahan beradaptasi dengan lingkungan sehingga merubah menajemennya menjadi hotel syariah. Hal ini disebabkan karena kini masyarakat beranggapan bahwa hotel identik dengan sesuatu negatif seperti pesta minuman keras, narkotika, perjudian, dan prostitusi. Sehingga dengan berpedoman pada konsep syariah maka diharapkan hotel berbasis syariah dapat mengembangkan nilai-nilai syariat yang ada, salah satunya dapat dilakukan dengan mengoptimalkan syariah marketing pada marketing mix.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran syariah yang dikembangkan Hotel Grand Kalpataru Syariah yang ditinjau melalui pendekatan marketing mix. Paradigma penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara garis besar marketing mix yang dilakukan oleh Hotel Grand Kalpataru Syariah dengan mengembangkan nilai-nilai syariah diantaranya menfasilitasi sarana ibadah disetiap kamar, tidak menjual minuman beralkohol, pemberian harga yang fleksibel, berpromosi dengan etika, pelayanan dan penampilan karyawan yang islami, serta melarang pasangan bukan muhrim menginap dalam satu kamar untuk menghindari hal-hal yang dapat membawa kemudharatan. Sehingga marketing mix yang dilakukan telah sesuai dengan kaidah-kaidah syariat Islam dan tidak terdapat pelanggaran dari aturan syariat Islam.
ENGLISH:
The rapid business world, in order to improve services to consumers and demand in certain segments and more manufacturers are now beginning to design their products to conduct business with the Islamic principles. Similarly, the Grand Hotel Kalpataru initially Sharia is based on a conventional hotel, but slowly adapt to the environment so that change management becomes sharia hotel. This is because people now think that the hotel is synonymous with something negative such as binge drinking, drugs, gambling, and prostitution. So by referring to the concept of sharia hotel based sharia is expected to develop the values of existing law, one of which can be done by optimizing the marketing mix marketing sharia.
The purpose of this study was to determine how the marketing strategy developed Islamic Sharia Grand Kalpataru be reviewed through the marketing mix approach. The paradigm of this research is descriptive qualitative research . The research data was obtained by interview and observation .
The results of this study indicate that outlines the marketing mix is made by Grand Kalpataru Sharia by developing Islamic values including religious facilities in each room to facilitate, not to sell alcoholic beverages, flexible pricing, promotion to ethics, service and employee appearance of Islamic, and prohibits couples not muhrim stay in one room to avoid the things that can bring harm. So the marketing mix has been conducted in accordance with the rules of Islamic law and there is no violation of the rules of Islamic law.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemasaran Syariah; Hotel Syariah; Marketing Mix; Marketing Sharia; Sharia Hotel; Marketing Mix |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Ratih Novitasari |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 17:40 |
Last Modified: | 29 Jul 2015 17:40 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/740 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |