Arifin, Miftahul (2012) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan konsep diri pada siswa Madrasah Tsanawiyah Al Musthofa Grabagan Tuban. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
05410047_Pendahuluan.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
05410047_Indonesia.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
05410047_Inggris.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
05410047_Arab.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
05410047_Bab_1.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
05410047_Bab_2.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
05410047_Bab_3.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
05410047_Bab_4.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
05410047_Bab_5.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (References)
05410047_Daftar_Pustaka.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text (Appendices)
05410047_Lampiran.pdf Download (134kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Konsep diri merupakan gambaran yang dimiliki seseorang tentang dirinya, yang dibentuk melalui pengalaman-pengalaman yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungan. Konsep diri bukan merupakan faktor bawaan, melainkan berkembang dari pengalaman yang terus menerus dan terdeferensiasi. Dasar dari konsep diri seseorang ditanamkan pada saat-saat dini kehidupan anak dan menjadi dasar yang mempengaruhi tingkah lakunya dikemudian hari yang dipengaruhi beberapa faktor. Salah satu faktor tersebut adalah kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional sama pula dengan konsep diri yang bukan merupakan bawaan lahir, namun juga terasah dari proses belajar dengan terus menerus. Hal ini menjadi menarik karena adanya siswa yang mempunyai konsep diri negatif yang memerlukan pendekatan kecerdasan emosional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah tingkat kecerdasan emosional siswa Madrasah Tsanawiyah Al Musthofa Grabagan Tuban, bagaimanakah tingkat konsep diri siswa Madrasah Tsanawiyah Al Musthofa Grabagan Tuban dan bagaimanakah hubungan antara kecerdasan emosional dengan konsep diri pada siswa Madrasah Tsanawiyah Al Musthofa Grabagan Tuban.
Rancangan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif korelasi. Sampel penelitian sebanyak 70 siswa Madrasah Tsanawiyah Al Musthofa Garabagan Tuban dan pengambilan data menggunakan metode angket dan wawancara. Pada pengolahan data menggunakan Product Moment Correlation dari Pearson, dan uji validitas serta realibilitas memakai Alpha Cronbach. Pengolahan data tersebut diolah dengan program SPSS 16.0 for Windows.
Berdasarkan analisa penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: pada variabel kecerdasan emosional, yakni siswa dengan kecerdasan emosional pada kategori tinggi, 13.6% kecerdasan emosional siswa pada kategori sedang 70.5% dan kecerdasan emosional pada kategori rendah 15.9%. Sedangkan pada varibel konsep diri, yakni siswa dengan konsep diri tinggi sebesar 20.5%, konsep diri siwa sedang 70.5%, dan konsep diri siswa rendah 9%. Pada hasil analisa uji hipotesis diperoleh hubungan signifikan yakni sebesar 0.615 atau hubungan yang berpengaruh hingga 61.5% (rxy = 0.615; sig = 0.000 <0.05). Dengan demikian semakin tinggi kecerdasan emosional siswa Madrasah Tsanawiyah Al Musthofa Garabagan Tuban maka semakin tinggi konsep dirinya.
ENGLISH:
Self concept is a description of someone about himself that formed by their experiences and taken from their interaction with the environment. Self concept is not a gift but it evolve from experience persistent and differentiated. Basic of self concept implanted early times in childhood and being a basic that influence heir behavior later that affected by some factors. One of them is emotional quotient. Emotional quotient is same with self concept that is not a gift but come from process of continuous learning. It becomes an attract because there are students who have a negative self concept and need an emotional quotient approach.
This research intend to find a level of emotional quotient, a level of self concept, and relationship between emotional quotient and self concept of students in Madrasah Tsanawiyah Al Musthofa Grabagan Tuban.
This research using quantitative correlation. It has 70 students of Madrasah Tsanawiyah Al Musthofa Grabagan Tuban as samples and data retrieval using questionnaire and interview. Processing of data is using Product Moment Correlation by Pearson, validity test and realibility using Alpha Cronbach. Processing data was processed by SPSS 16.0 for Windows.
Based on analysis of research, the results are: students who have high level of emotional quotient is 13.6%, mid-level is 70.5%, and low level is 15.9%. while students who have high level of self concept is 20.5%, mid-level is 70.5%, and low level is 9%. In analyzing the results of hypothesis test obtained significant relationships namely equal to 0.615 or influential relationships to 61.5% (rxy = 0.615; Sig = 0.000 < 0.05). Thus, more high emotional quotient students of Madrasah Tsanawiyah Al Musthofa Grabagan Tuban, the higher self concept.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosional dan Konsep Diri; Emotional Quotient and Self Concept | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170102 | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 07 Jun 2016 20:20 | ||||||
Last Modified: | 07 Jun 2016 20:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2611 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |