Analisis pengaruh segmentasi pasar terhadap keputusan pembelian produk Telkom Speedy di PT. Telekomunikasi Indonesia Cabang Kediri

Ilmi, Ahmad Bahari (2013) Analisis pengaruh segmentasi pasar terhadap keputusan pembelian produk Telkom Speedy di PT. Telekomunikasi Indonesia Cabang Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
08510055_Pendahuluan.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
08510055_Indonesia.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
08510055_Inggris.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
08510055_Arab.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
08510055_Bab_1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
08510055_Bab_2.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
08510055_Bab_3.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
08510055_Bab_4.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
08510055_Bab_5.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References Chapter)
08510055_Daftar_Pustaka.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Appendices)
08510055_Lampiran.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi sementasi terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk Telkom Speedy. Karena pada dasarnya perusahaaan tidak mampu melayani seluruh lapisan pelanggan, maka dari itu segmentasi pasar diperlukan dalam melayani sebagian kelompok pelanggan agar dapat dilayani secara optimal.

Variabel independen yang diteliti yaitu: geografis (X1), demografis (X2), Psikografis (X3), Perilaku (X4), dengan variabel dependen yaitu keputusan pembelian pada konsumen Speedy. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen (Geografis, Demografis, Psikografis, Perilaku) terhadap variabel dependen (Keputusan Pembelian) digunakan analisis regresi berganda dengan metode analisa uji t dan uji F. Penelitian ini mengunakan sampel sebanyak
105 responden konsumen Speedy di Area Kediri. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yang merupakan pemilihan sampel secara acak. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji realibilitas. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t, sedangkan untuk menganalisis data, yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan:
Y= 2,524+0,191X1+0,073X2+0,331X3+0,365X4+0,05

Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh hasil bahwa variabel
Geografis (X1), Demografis (X2), Psikografis (X3), dan Tingkah Laku (X4), berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Telkom Speedy (Y) secara linear. Dan variabel yang paling berpengaruh adalah Perilaku (X4) dengan koefisien sebesar 0,871. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.345, artinya seluruh variabel turunan strategi segmentasi mempunyai kontribusi secara bersama-sama sebesar 87,1% terhadap variabel dependen (Y) yakni keputusan pembelian. Sisanya 12,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian. Melalui uji F dapat diketahui bahwa seluruh variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa dari keempat variabel independen terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen.

ENGLISH:

The background of this study aims to determine the effect of cementation strategies on consumer purchasing decisions in purchasing products Telkom Speedy. Because, basically, firms are not able to serve customers of all sizes, the segmentation of the market is needed in order to serve some groups of customers can be served in an optimal.

Independent variables studied are: geographic (X1), demographic (X2), Psychographics (X3), Behavior (X4), the dependent variable is the consumer purchase decision on Speedy. This study uses a sample of 105 respondents in the area of consumer Speedy Kediri. While sampling using a random sampling technique is the selection of a random sample. The test is used to test the research instrument in the form of test validity and reliability test. Hypothesis testing using the F test and t test, and for analyzing the data, which is used is multiple regression analysis.

The results showed that based on the results of multiple regression analysis equation:
Y= 2,524+0,191X1+0,073X2+0,331X3+0,365X4+0,05

From the results of multiple linear regression analysis result that geographic variables (X1), demographics (X2), Psychographics (X3), and Behavior (X4), influence on purchasing decisions Telkom Speedy product (Y) is linear. And the most influential variable is the behavior (X4) with a coefficient of 0.871. The coefficient of determination (R2) of 0.345, meaning that all variables derived segmentation strategies have contributed jointly by 87.1% of the dependent variable (Y) that is purchase decision. The remaining 12.9% is influenced by other factors that are not included in the study. Through the F test can be seen that all the independent variables is feasible to test the dependent variable. Hypothesis testing using t-test showed that of the four independent variables found to significantly affect the dependent variable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hasan, Irmayanti
Keywords: Segmentasi Pasar; Market Segmentation
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Location: 150503
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 09 Oct 2015 03:32
Last Modified: 09 Oct 2015 03:32
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2450

Actions (login required)

View Item View Item