Sundoro, Aca Sawitri (2013) Hubungan persepsi kualitas pengajaran dosen dengan kepuasan mahasiswa Psikologi UIN Angkatan 2012 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
08410001_Pendahuluan.pdf Download (748kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
08410001_Indonesia.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
08410001_Inggris.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
08410001_Arab.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
08410001_Bab_1.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
08410001_Bab_2.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
08410001_Bab_3.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
08410001_Bab_4.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5ii)
08410001_Bab_5.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (References)
08410001_Daftar_Pustaka.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (Appendices)
08410001_Lampiran.pdf Download (698kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini merupakan penelitian dengan analisis data yang menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu suatu penelitian yang didasari oleh falsafah positifisme, ilmu yang valid, ilmu yang dibangun dari empiris, teramati, terukur, menggunakan logika matematika dan membuat generalisasi atas rerata.
Peneliti menjadikan metode pengumpulan data melalui angket sebagai metode utama, metode observasi atau pengamatan sebagai metode tambahan. Pengamatan dilakukan kepada seluruh Mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. peneliti mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan mahasiswa dengan dosen dan nantiny peneliti akan mengetahui kualitas pelayanan pembelajaran dosen tersebut. Metode interview dan wawancara ini digunakan sebagai metode tambahan. Wawancara dilakukan kepada mahasiswa untuk mengetahui titik kepuasan saat pelaksanaan proses belajar mengajar.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti terhadap tingkat kepuasan mahasiswa dimana dibagi menjadi 3 (tiga) tingkatan, yaitu tinggi, sedang, dan rendah.Untuk kategori tinggi 7 %, kategori sedang 47 %, dan kategori rendah 46 %.Jadi dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim adalah rendah.
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti mengenai tingkat kualitas pengajaran dosen Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, menghasilkan tiga tingkat, untuk tingkat kualitas tinggi (1) 12 %, kemudian untuk tingkat kualitas sedang (2) 49 %, dan untuk kualitas rendah (3) 39 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa tingkat kualitas pengajaran dosen Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang rendah.
Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh peneliti mengenai hubungan antara kualitas pengajaran dosen dengan kepuasan mahasiswa, peneliti menggunakan media SPSS 15,0 for windows yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel, yaitu Kualitas Pengajaran dengan Kepuasan Mahasiswa menunjukkan hubungan yang signifikan positif, dengan r = 0,640 . Penjelasannya berada pada Sig = 0.000. Dimana koefisien korelasi (correlation coefficients) yang merupakan petunjuk kuantitatif dari jenis dan tingkat hubungan antar variabel dengan interval-1,000 sampai +1,000.Angka -1,000 menunjukkan korelasi negatif yang mutlak dan angka +1,000 mununjukkan korelasi positif yang mutlak. nilai antara keduanya menunjukkan keragaman tingkat korelasi yang terjadi. Jika tidak terdapat hubungan sistematik antar variabel angka korelasinya adalah 0,000.Sehingga kedua variabel pada penelitian ini dinyatakan mempunyai korelasi yang signifikan positif. Kedua hal tersebut, Kepuasan Mahasiswa dan Kualitas Pengajaran Dosen, keduanya berbanding lurus.
ENGLISH:
This research is the analysis of the data using a quantitative approach, which is a study based on the philosophy of positivism, a valid science, a science that is built from the empirical, observable, measurable, using mathematical logic and make generalizations on average.
Researchers made the method of collection of data through questionnaires as the primary method, the method of observation as an additional method. Observations were made to all Psychology students UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.peneliti observe teaching and learning processes undertaken by the faculty and student researchers will be aware learning service quality lecturers. Interviews and interview method was used as an additional method. Interviews were conducted with students to determine the point of satisfaction at the implementation of the teaching and learning process.
The results of the study conducted by researchers of the level of student satisfaction which is divided into 3 (three) levels: high, medium, and high categories of low 7%, the category was 47%, and 46% lower category. So it can be concluded that the level of student satisfaction UIN Maulana Malik Ibrahim was low.
The results of the research that has been done by researchers on the quality level of teaching Psychology lecturer of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, generate three levels, for a high quality level (1) 12%, and then to rate the quality of being (2) 49%, and for low quality (3 ) 39%. So it can be concluded that the level of quality of teaching Psychology lecturer of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang low.
Based on the analysis conducted by researchers on the relationship between the quality of teaching faculty to student satisfaction, researchers used SPSS 15.0 for windows media were conducted to determine the relationship between two variables, namely the Quality of Teaching Student Satisfaction showed a significant positive correlation, with r = 0.640. The explanation is at Sig = 0.000. Where the coefficients of correlation (correlation coefficients) which is a quantitative indication of the type and degree of relationship between variables with interval -1.000 to +1.000. Figures showed negative correlation -1.000 absolute and figures +1.000 mutlak.nilai mununjukkan positive correlation between the two suggests that the level of diversity correlation exists. If there is no systematic relationship between variable rate correlation is 0.000. So these two variables in this study has revealed a significant positive correlation. Both cases, the Student Satisfaction and Quality of Teaching Faculty, both proportional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yahya, Yahya | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kualitas Pengajaran; Kepuasan Mahasiswa Quality of teaching; Student Satisfaction | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170103 | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2015 13:09 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2015 13:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2242 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |