Hubungan antara motivasi belajar dengan perilaku menyontek pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang

Anisah, Nur (2012) Hubungan antara motivasi belajar dengan perilaku menyontek pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
08410011_Pendahuluan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
08410011_Indonesia.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
08410011_Inggris.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
08410011_Arab.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
08410011_Bab_1.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
08410011_Bab_2.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
08410011_Bab_3.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
08410011_Bab_4.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
08410011_Bab_5.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
08410011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Other (Appendices)
08410011_Lampiran.rar

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA:

Ujian adalah sistem evaluasi yang dilakukan untuk mengukur sejauh mana mahasiswa memahami materi yang sudah diajarkan. Selain itu, ujian juga sebagai penentu mereka lulus atau tidak pada satu mata kuliah. Bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah akan melakukan berbagai cara agar bisa lulus ujian, salah satunya dengan menyontek. Mereka malas belajar untuk mempersiapkan ujian, sehingga saat kesulitan menjawab soal mereka akan cenderung untuk menyontek. Perilaku menyontek adalah perbuatan tida jujur yang dilakukan seseorang saat ujian untuk mendapatkan keuntungan akademik.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar dan tingkat perilaku menyontek serta hubungan antara motivasi belajar dengan perilaku menyontek pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan motivasi belajar sebagai variabel bebas dan perilaku menyontek sebagai variabel tergantung. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2009-2011 Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dengan jumlah populasi 487 mahasiswa. Jumlah sampel penelitian diambil sebesar 15% dari masing-masing populasi pada setiap angkatanyang didapatkan dari teknik stratified proporsional random sampling, dengan mengundi nama subjek dalam populasi, dan menghasilkan jumlah sampel 74 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan skala psikologi. Skala psikologi yang digunakan adalah skala motivasi belajar dan perilaku menyontek.Teknik korelasi Product Moment digunakan untuk menguji hubungan antara motivasi belajar dengan perilaku menyontek. Kemudian mengkategorisasikan tingkat motivasi belajar dan tingkat perilaku menyontek dengan menentukan mean hipotetik dan standar deviasi terlebih dahulu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar mahasiswa pada kategori tinggi (89,19%) yaitu 66 mahasiswa, sedang (10,81%) yaitu 8 mahasiswa dan tidak ada mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Untuk kategori tingkat perilaku menyontek tinggi (4,05%) yaitu 3 mahasiswa, sedang (48,65%) yaitu 36 mahasiswa, dan rendah (47,30%) yaitu 35 mahasiswa. Hasil korelasi antara motivasi belajar dengan perilaku menyontek menunjukkan angka sebesar -.468 dengan p = 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa hubungan antara keduanya adalah negative yang signifikan karena p < 0,05. Jadi, jika tingkat motivasi belajar tinggi maka tingkat perilaku menyontek rendah.

ENGLISH:

Exam is an evaluation system to measure how far student understands their study. Beside that, exam is used as a parameter whether the students passing or not in a subject. If students have a low learning motivation, they will do everything for passing the exam, include cheating. They are lazy to prepare the exam, so when having a difficulty of answering the questions they will do cheating. Cheating behavior is a dishonest activity that someone do in exam for getting the academic advantages.

The purpose of this research is for know learning motivation level, cheating behavior level and the relationship between them in Faculty of Psychology State Islamic University (UIN) Maulana Malik Ibrahim of Malang. This research used quantitative correlation methods whichtake learning motivation as independent variable and cheating behavior as dependent variable. The population of this research is 487 students year 2009-2011 in Faculty of Psychology Islamic State University (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. The sample is taken 15% from every population in every year based on stratified proportional random sampling technique by randomizing the name of subject in population and resulting total of sample are 74 students. Collecting data method that used are observation, interview, documentation and psychology scaling. Psychology scales that used are learning motivation scale and cheating behavior scale. Technique correlation Product Moment is used to test the correlation between learning motivation and cheating behavior. Then categorize level of learning motivation and cheating behavior determined by mean hypotetic and standard deviation.

The result of this research showed that level category of learning motivation of student in high category (89,19%) are 66 students, moderate category (10,81%) are 8 students and there is no students have low category learning motivation. For the level category of student in cheating behavior in high category (4,05%) are 3 students, moderate category (48,65%) are 36 students, and low category (47,30%) are 35 students. The correlation results between learning motivation and cheating behavior is -.468 (p = 0.000). This showed that the relationship between learning motivation and cheating behavior is negative and significant because p < 0.05. So, if the level of learning motivation is high then the level of cheating behavior is low.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mangestuti, Retno
Keywords: Motivasi Belajar; Perilaku Menyontek; Learning Motivation; Cheating Behavior
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Departement: Fakultas Psikologi
Location: 170103
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 28 Sep 2015 03:36
Last Modified: 28 Sep 2015 03:36
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2222

Actions (login required)

View Item View Item