Masfufah, Ulfa (2012) Pengaruh konseling kelompok terhadap penyesuaian sosial pada mahasantri baru Ma'had Sunan Ampel Al-Ali Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
08410135_Pendahuluan.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
08410135_Indonesia.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
08410135_Inggris.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
08410135_Arab.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
08410135_Bab_1.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
08410135_Bab_2.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
08410135_Bab_3.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
08410135_Bab_4.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
08410135_Bab_5.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (References)
08410135_Daftar_Pustaka.pdf Download (79kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
08410135_Lampiran.rar Download (316kB) |
Abstract
INDONESIA:
Remaja sebagai individu yang sedang berada dalam proses berkembang dapat dipastikan memiliki masalah, namun kompleksitas permasalahan tersebut akan berbeda-beda pada satu individu dengan individu lainnya. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh remaja, yang dalam hal ini remaja sebagai peserta didik di sebuah institusi pendidikan. Permasalahan-permasalahan remaja tersebut adalah permasalahan yang bersifat internal dan eksternal atau sosial, salah satu dari permasalahan tersebut adalah penyesuaian sosial. Penyesuaian sosial merupakan salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh remaja, sebagai masa transisi dari fase perkembangan sebelumnya. Permasalahan penyesuaian sosial remaja biasanya bersifat kolektif terjadi pada suatu tempat dalam lingkungan pendidikan. Sehingga akan lebih efektif jika bantuan yang diberikan kepada mereka adalah suatu teknik yang dapat membantu para remaja tersebut secara kolektif pula. Teknik yang tepat dalam hal ini adalah konseling kelompok sebagai suatu layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah konseling kelompok berpengaruh terhadap penyesuaian sosial.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kuasi eksperimen, sedangkan desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre and posttest design. Yaitu desain eksperimen yang hanya menggunakan kelompok eksperimen saja dan pengukurannya dilakukan pada pre dan post pemberian perlakuan. Populasi eksperimen ini adalah mahasantri putri Ma’had Sunan Ampel Al-Ali khususnya yang berdomisili di Mabna Ummu salamah. Sedangkan sampelnya diambil secara purposive dari nilai pretest yang menunjukkan penyesuaian sosial rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala dan wawancara serta dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan paired samples t test serta analisis prosentase dan tingkat.
Hasil pengukuran pre test menunjukkan mean sebesar 131.00 dan mean post test sebesar 147.50. Berdasarkan hasil pengukuran pada enam subjek diperoleh kesimpulan bahwasannya terdapat peningkatan penyesuaian sosial pada subyek dari sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok, hal ini dibuktikan dengan hasil pengukuran dimana nilai signifikansi (p) = 0.012 < 0.05 yang berarti menunjukkan angka signifikan yaitu bahwasannya ada pengaruh konseling kelompok terhadap penyesuaian sosial mahasantri dari sebelum dan sesudah diberikannya konseling kelompok. Selain itu mean dari kedua pengukuran juga menunjukkan kenaikan. Jadi, hipotesis alternative bahwasannya ada pengaruh konseling kelompok terhadap penyesuaian sosial adalah diterima.
ENGLISH:
Teens as individuals who was in the process of developing certainly have a problem but the complexity of the problem will vary on one individual to another. Some of the problems faced by teenagers which in this case youth as learners. Adolescent problems are problems that are internal and external or social, one of the problems is the social adjustment. Social adjustment is one of the problems often experienced by teenagers, as the transition from the previous development phase. Adolescent social adjustment problems are usually collective occur at some point in the educational environment. So it will be more effective if the assistance given to them is a technique that can help the teens also collectively. The solution offered in this research is group counseling, as a guidance and counseling services. This study is intended to find out whether group counseling give effect on social adjustment.
This research is a quantitative research. Whereas using quasy experiment, and the experimental design used in this study is one group pre and posttest design. That is design experiments which uses only the group experimental course, and the measurement is performed on the pre and post of provision of treatment. The population of this experiment is the women students of Sunan Ampel Al-Ali moslem boarding school. particularly those living in Ummu Salamah dormitory. While the sample is taken by purposive pretest value indicating low social adjustment. Data collection methods used are scales, interviews and documentation. For the analysis of the data using paired samples t test and analysis of the percentage and rate of.
The measurement results show a mean of pre test is 131.00 n the mean of posttest is 147.50. Based on the results of measurements in six subjects the conclution is that there is increasing social adjustment on the subject of the before and after given group counseling, This is proven by the results of measurements where the value of significance (p) = 0.012 < 0.05, indicating a significant number that there was effect of group counseling of the social adjustment for students of moslem boarding school. before and after the granting of group counseling. Besides the mean of the two measurements also show an increase. Thus, the alternative hypothesis there was effect of group counseling on social adjustment is acceptable.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Remaja; konseling kelompok; penyesuaian sosial; Teens; group counseling; social adjustment | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170106 | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2015 09:40 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2015 09:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2122 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |