Hubungan dukungan sosial terhadap prestasi belajar siswa SMAN 1 Gedeg

Aditya, Nuraga Mohammad (2015) Hubungan dukungan sosial terhadap prestasi belajar siswa SMAN 1 Gedeg. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

[img]
Preview
Text (Introduction)
09410090_Pendahuluan.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
09410090_Indonesia.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
09410090_Inggris.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
09410090_Arab.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
09410090_Bab_1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
09410090_Bab_2.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
09410090_Bab_3.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
09410090_Bab_4.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
09410090_Bab_5.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
09410090_Daftar_Pustaka.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Appendices)
09410090_Lampiran.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Hasil Prestasi belajar siswa yang berupa raport masih menjadi barometer untuk mengukur kapasitas seseorang, dalam hal ini siswa pada khususnya. Sedangkan untuk mencapai prestasi belajar yang optimal dibutuhkan berbagai faktor pendorong dan dukungan yang real, agar siswa mampu melewati hambatan-hambatan yang ada. Karena tidak semua siswa mampu untuk mengatasi hambatan dan tantangan dalam proses belajar mereka, dan hal ini tentunya akan mempengaruhi hasil daripada prestasi belajar siswa itu sendiri. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Gedeg dengan tujuan untuk mengetahui tingkat hubungan dukungan sosial terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X & XI SMAN 1 Gedeg.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif korelasional, yaitu penelitian yang berusaha menjelaskan atau menerangkan suatu peristiwa berdasarkan data, sedangkan korelasional bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara dua fenomena atau lebih. Subyek penelitian berjumlah 153 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling yaitu semua anggota populasi memperoleh kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai bagian dari sampel dalam penelitian. Pengambilan data menggunakan satu skala, yaitu skala dukungan sosial saja. Teknik pengumpulan datanya menggunakan analisa norma, analisa prosentase dan analisa korelasi sederhana dengan menggunakan perangkat lunak komputer yaitu SPSS 16.0 for windows.

Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh antara hubungan dukungan sosial terhadap prestasi belajar SMAN 1 Gedeg sebesar 0,5% dan sisanya 99,5% dipengaruhi oleh faktor lain. tingkat hubungan dukungan sosial SMAN 1 Gedeg tertinggi berada di kategori sedang dengan prosentase 73,9% atau 113 responden sedangkan sisanya berada pada kategori tinggi yakni 21,6% atau 33 responden dan kategori rendah yakni 4,6% atau 7 orang. Sedangkan pada tingkat prestasi belajar SMAN 1 Gedeg berada pada kategori cukup yakni 72,5% atau responden dan sisanya berada pada kategori baik yakni 13,1% atau 20 responden dan di kategori kurang ada 14,4% atau 22 responden. Tidak terdapat hubungan positif dan pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r sebesar 0.070.

ENGLISH:

Student achievement results in the form of report cards is still a barometer for measuring the capacity of a person, in this case the students in particular. Meanwhile, to achieve optimal learning takes various factors driving and support the real, so that students are able to pass through the barriers that exist. Because not all students are able to overcome obstacles and challenges in their learning process, and it is certainly going to affect the outcome rather than student achievement itself. This study was conducted in State Senior High School 1 Gedeg in order to determine the level of the relationship of social support to achievement learn in class X and XI State Senior High School 1 Gedeg.

This study used quantitative descriptive correlational research that seeks to explain or describe an event based on the data, while correlational aims to find whether there is a relationship between two or more phenomena. The subjects included 153 respondents were selected using random sampling techniques are all members of the population have equal opportunities to be selected as part of the sample. Retrieving data using one scale, the scale of social support alone. Analysis technique used in data collection norm, percentage analysis and simple correlation analysis using computer software SPSS 16.0 for Windows.

The research results note that the results of data analysis showed that the influence of the relationship between social support to the learning achievement of State Senior High School 1 Gedeg by 0.5% and the remaining 99.5% is influenced by other factors. the level of social support relationships State Senior High School 1 Gedeg highest in the medium category with a percentage of 73.9% or 113 respondents, while the rest are in the high category namely 21.6% or 33 respondents and lower category ie 4.6% or 7 people. While at the level of learning achievement of State Senior High School 1 Gedeg is in the category enough that 72.5% or respondents and the rest are in the good category ie 13.1% or 20 respondents, and in the category of less there is 14.4% or 22 respondents. There is no positive correlation and significant influence of the relationship between social support to achievement learn. This is indicated by the coefficient r of 0.070.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rahayu, Iin Tri
Keywords: Dukungan sosial; Prestasi Belajar; Social Support; Achievement
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Illiyati Tsani Nivia
Date Deposited: 17 Aug 2015 05:21
Last Modified: 17 Aug 2015 05:21
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1513

Actions (login required)

View Item View Item