Hubungan antara konsep diri dengan kecemasan siswa menghadapi ujian akhir sekolah pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah II Malang

Delvinasari D, Mirta (2015) Hubungan antara konsep diri dengan kecemasan siswa menghadapi ujian akhir sekolah pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah II Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
08410096_Pendahuluan.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
08410096_Indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
08410096_Inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
08410096_Arab.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
08410096_Bab_1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
08410096_Bab_2.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
08410096_Bab_3.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
08410096_Bab_4.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
08410096_Bab_5.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
08410096_Daftar_pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Other (Appendices)
08410096_Lampiran.rar

Download (261kB)
[img]
Preview
Text (Summary)
08410096_Ringkasan.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Masa remaja merupakan masa transisi dari anak-anak menuju masa dewasa yang meliputi berbagai macam perubahan yaitu perubahan biologis, kognitif, sosial dan emosional. Seorang remaja banyak menghadapi permasalahan dan pada umumnya masalah yang muncul saling terkait antara satu dengan yang lainnya. Problem yang berhubungan dengan sekolah misalnya konsep diri, beban pelajaran dan prestasi belajar. Banyaknya permasalahan yang dihadapi membuat cemas dan stres. Siswa-siswa memiliki tingkat kecemasan yang tinggi sebagai hasil dari harapan orang tua yang tidak realistis terhadap kemampuan yang dimiliki anak. Bentuk evaluasi pendidikan dilakukan secara berkesinambungan sehingga aspek-aspek evaluasi terhadap mata pelajaran yang diujikan selalu disesuaikan dengan perkembangan zaman yang artinya aspek-aspek evaluasi tersebut selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dalam rangka meningkatkan standar nasional pendidikan.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat konsep diri yang dimiliki oleh siswa SMP Muhammadiyah 2 Malang. (2) Untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa SMP Muhammadiyah 2 Malang dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah. (3) Untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecemasan menghadapi Ujian Akhir Sekolah pada siswa SMP Muhammadiyah 2 Malang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan menggunakan dua variabel, variable bebas (X) adalah konsep diri dan variabel terikat (Y) adalah kecemasan. Dalam penelitian bersifat populatif karena subyek yang diteliti sebanyak 50 orang siswa. Pengambilan data dengan metode angket, wawancara, observasi. Perhitungan yang digunakan adalah korelasi product momen, Uji validitas dan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach dibantu dengan software SPSS 16.0 for windows.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa tingkat konsep diri siswa berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 41 orang siswa (82%) dan tingkat kecemasan siswa berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 33 orang siswa (66%). Korelasi antara konsep diri dengan kecemasan menghadapi ujian akhir sekolah pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah II Malang yaitu dengan koefisien korelasi (-0,345) dan dengan nilai signifikan 0.014, data tersebut berarti bahwa terdapat korelasi (hubungan) negatif yang signifikan antara konsep diri dengan kecemasan siswa. Semakin tinggi konsep diri maka semakin rendah kecemasan siswa begitu juga sebaliknya.

ENGLISH:

An adolescence is a period of transition of children into adulthood which include various kinds of change that changes the biological, cognitive, social and emotional. A teenager face many problems and issues that arise generally intertwined with each other. Problems associated with the school such as the concept of self, the burden of lessons and learning achievement. The many problems faced create anxiety and stress. Students have high levels of anxiety as a result of parental expectations are not realistic about the capabilities of the child. Form of educational evaluation conducted continuously so that aspects of evaluation of the subjects tested are always adapted to the times which means that aspects of these evaluations are always increased from year to year in order to improve national education standards.

The purpose of this study were (1) to determine the level of self-concept which is owned by the students of SMP Muhammadiyah 2 Malang. (2) To determine the level of anxiety of students of SMP Muhammadiyah 2 Malang in facing SLC School. (3) To determine the relationship between self-concept and anxiety facing the School Final Examination to students of SMP Muhammadiyah
2 Malang.

The method used in this research is a quantitative correlation with the use of two variables, the independent variable (X) is the concept of self and the dependent variable (Y) is anxiety. In the study population as a subject is studied as many as 50 students. Data retrieval methods of questionnaires, interviews, observation. Calculation used is the Pearson product moment, Validity and reliability tests with Cronbach Alpha helped by software SPSS 16.0 for Windows.

The survey results revealed that the level of self-concept of students in middle category as many as 41 students (82%) and anxiety level of students at the high category as many as 33 students (66%). The correlation between self-concept and anxiety facing final exams at the school in the eighth grade students of SMP Muhammadiyah II Malang, with correlation coefficients (-0.345) and the significant value of 0014, these data imply that there is a correlation (correlation) between the significant negative self-concept and anxiety students. The higher the self-concept, the lower the anxiety of students and vice versa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Kurniawati, Endah
Keywords: Konsep Diri; Kecemasan; Self-concept; Anxiety
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 17 Aug 2015 04:23
Last Modified: 17 Aug 2015 04:23
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item View Item