Kholis, Nur (2006) Pengaruh variabel bauran eceran terhadap keputusan pembelian di Distro Clothing Industries Black or White di Kota Jember: Periode analisis tahun 2005. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00220098.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Peralihan konsep dari bentuk-bentuk tempat perbelanjaan tradisional menjadi modem pada masa-masa ini seringkali kita temui. Sebuah konsep pemasaran yang matang yang awalnya hanya berbentuk took sederhana (toko- toko tradisional) kemudian dikembangkan menjadi lebih modem (supermarket, hyper market, mini market dll), strategi tersebut yaitu Retail Mix (bauran eceran) yang terdiri dari enam variabel yang terdiri dari location, merchandise, price, communication, store atmosphere dan service. Dengan penerapan strategi yang baik demi menjaring konsumen sebanyak banyaknya serta meraup keuntungan yang maksimal. Dalam perkembangan tersebut, hal yang terjadi adalah persaingan antar gerai atau toko yang cukup ketat, sehingga para pelaku bisnis berpacu dalam menerapkan strategi retail mix dengan konsep yang baru sebagai langkah untuk menarik konsumen, dengan adanya persaingan ini sehingga permasalahan ini semakin luas dan dalam untuk diteliti sebagai bahan kajian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran eceran yang meliputi location (X1), merchandise (X2), communication (X3) dan seruice (X4). terhadap keputusan pembelian konsumen. Dengan menggunakan jenis penelitian explanatori dan sampel yang diolah sebanyak 100 orang responden, Sedangkan alat analisis data yang dipakai adalah regresi linier berganda.
Dari hasil analisis diketahui antara variable dependent (keputusan pembelian) dengan variable independent (location, merchandise, communication, dan service) memiliki korelasi yang kuat yaitu sebesar 86,7% dengan nilai adjust R square 0,719 artinya variable independent mampu menjelaskan variable dependent sebesar 71,9% dan lainnya 281% menjelaskan variable selain location, merchandise, communication, dan service). Dan secara simultan atau bersama-sama (Uji f), diketahui bahwa (retail mix) seperd (location, merchandise, communication, dan service) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 6,619 lebih besar dari nilai F tabel sebesar 3.94. Sedangkan secara parsial (uji t) secara individu, diketahui bahwa (retail mix) berupa service mempunyai pengaruh yang paling dominan diantara variabel yang lain dengan nilai t hitung sebesar 3.103 atau nilai koefisien regresi sebesar 0.199 Dengan demikian berarti (retail mix) memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Alamsyah, Ahmad Fahrudin |
Keywords: | Bauran Eceran; Keputusan Pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150505 Marketing Research Methodology |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Adi Sucipto |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 13:43 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 13:43 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56323 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |