Faisal, Faisal (2009) Strategi Pemasaran Bussiness to Bussiness pada perusahaan jasa pengiriman paket guna meningkatkan Volume Pengiriman: Studi pada PT. Prisma Tirtakusuma Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05310058.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (836kB) |
Abstract
ABSTRAK
Strategi pemasaran bussiness to bussiness merupakan strategi pemasaran produk atau jasa antar badan bisnis dengan karakteristik yaitu: penjualan dalam jumlah yang banyak, dan biasanya dengan harga yang khusus, karena pembelian dilakukan guna dijual kembali. Dalam hal ini PT. Prisma Tirtakusuma Surabaya merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman paket atau ekspedisi barang telah melaksanakan strategi pemasaran bussiness to bussiness guna meningkatkan omset penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami penerapan strategi pemasaran business to business pada perusahaan jasa pengiriman.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek penelitian yang mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisa data mengunakan teknik analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threat) yang dipadukan dengan IE Matrik untuk mengetahui posisi perusahaan.
Hasil penelitian diketahui bahwa PT. Prisma Tirtakusuma Surabaya mengunakan strategi tarif khusus dan komunikasi efektif kepada pelanggan. Pada analisa IE Matrik menunjukkan posisi perusahaan pada tingkat pertumbuhan melalui integrasi horizontal, artinya perusahaan berpeluang melakukan perluasan pasar, perbaikan fasilitas, atau merger dengan perusahaan lain dalam satu industri yang sama. Dari hasil analisa SWOT diperoleh alternatif strategi yaitu: a) peningkatan daya saing perusahaan dan, b) kebijakan harga bersaing dengan competitor yang disesuaikan dengan harga pasar. Persaingan yang terjadi antar perusahaan pengiriman sangat tinggi, untuk itu sebaiknnya PT. Prisma Tirtakusuma Surabaya mengunakan alternatif strategi diatas.
ABSTRACT
Marketing strategies of Business to Business are strategies of product marketing or service between business institute marketing characteristics selling a lot of quantity and usually with special price, because bought to sold. In this case of PT. Prisma Tirtakusuma Surabaya is a company which deals with sending goods or commodity expedition done by selling strategy in business to business aimed to increase selling of turnover. The purpose of this research is to understand application of marketing strategies business to business in the company’s services.
In this research the researcher uses qualitativ research method with using observation method, interview and documentation, techniques the data analysis are using SWOT (strength, weakness, opportunity, threat) analysis technique combined with IE Matrix to understand position of corporation.
The result of this research shows that PT. Prisma Tirtakusuma Surabaya using special price and effective communication toward customer. The IE Matrix analysis shows the position of corporation in growth level through horizontal integration, its mean the corporation has opportunity to do marketing expansion, repairing of facilities, or merger with other corporation in a same industry. From SWOT result analysis will be got strategy alternative namely; a) Raising competitiveness corporations and, b) the policy of competitive price with competitor appropriate with consumer price. And the competition that happened between sending corporations is too high, therefore better PT. Prisma Tirtakusuma Surabaya using alternative strategy above.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pemasaran; Bussiness to Bussiness; Marketing Mix; Marketing Strategies; Business to Business; Marketing Mix. | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:44 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44280 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |