Saifudin, Arif (2012) Konsep diri santri tanpa pengasuh: Penelitian kasus terhadap santri Di Pesantren Mahasiswa Darul Hijrah Merjosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
07410022_Pendahuluan.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
07410022_Indonesia.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
07410022_Inggris.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
07410022_Arab.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
07410022_Bab_1.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
07410022_Bab_2.pdf Download (718kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
07410022_Bab_3.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
07410022_Bab_4.pdf Download (903kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
07410022_Bab_5.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (References)
07410022_Daftar_Pustaka.pdf Download (12kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
07410022_Lampiran.rar Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pada umumnya unsur dari sebuah pesantren adalah kyai, santri, asrama, dan mushola/masjid. Namun ada yang berbeda, dimana tidak terdapat figure seorang kyai pada Pesantren Mahasiswa Darul Hijrah Merjosari Malang. Konsep diri merupakan gambaran yang dimiliki oleh individu tentang dirinya meliputi kondisi fisik, psikologis, sosial, dan emosional, aspirasi dan prestasi. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pertama, Bagaimana Bentuk Konsep Diri Santri Tanpa Pengasuh. Kedua, Bagaimana tahap pembentukan Konsep Diri santri Tanpa Pengasuh. Ketiga, Apakah faktor yang mempengaruhi Konsep Diri santri Tanpa Pengasuh. Keempat, Bagaimana strategi pemeliharaan Konsep Diri santri Tanpa Pengasuh di Pesantren Mahasiswa Darul Hijrah Merjosari Malang.
Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu Pertama, mendeskripsikan bentuk Konsep Diri santri Tanpa Pengasuh di Pesantren Mahasiswa Darul Hijrah Merjosari Malang. Kedua, mengetahui tahap pembentukan Konsep Diri santri Tanpa Pengasuh di Pesantren Mahasiswa Darul Hijrah Merjosari Malang. Ketiga, menganalisis faktor yang mempengaruhi Konsep Diri santri Tanpa Pengasuh di Pesantren Mahasiswa Darul Hijrah Merjosari Malang. Keempat, menemukan bentuk strategi pemeliharaan Konsep Diri santri Tanpa Pengasuh di Pesantren Mahasiswa Darul Hijrah Merjosari Malang. Untuk meneliti hal tersebut digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data mengunakan metode Miles dan Huberman dengan melalui tiga tahap, yaitu data reduction dan data conclution drawing atau verivication.
Hasil penelitian didapatkan bahwa pertama, kondisi Konsep Diri kedua santri tanpa pengasuh adalah konsep diri positif. Kedua, subyek 1 dan subyek 2 memulai tahap konsep dirinya melalui konsep diri primer yang berasal dari lingkungan keluarga. Ketiga, faktor internal merupakan faktor yang mempengaruhi kedua subyek. Keempat, strategi pemeliharaan Konsep Diri santri tanpa pengasuh, yaitu (a) Subyek 1 dan subyek 2 mampu membangun hubungan baik denga lingkunga sekitar, subyek 1 dengan cara merendah dan menjaga tata krama, sementara subyek 2 dengan menyapa dan tolong-menolong. (b) Ketika subyek 1 dan subyek 2 mempunyai masalah dengan lingkungan sekitar, yang mereka lakukan adalah segerah menyelesaikanya supaya tidak menjadi beban dihati dan jadi dendam. (c) Subyek 1 dan subyek 2 memandang kekurangan atau kelemahan sebagai suatu yang wajar karena setiap orang mempunyai jalan kehidupan masing-masing. (d) Subyek 1 dan subyek 2 memiliki tujuan hidup yang jangka panjang, yakni mencari ilmu sebanyak-banyaknya, kuliah lulus tepat waktu, dapat kerja dan membahagiakan orang tua, serta berkeliling dunia kalau bisa.
ENGLISH:
In general, the elements of a boarding school is religious scholars, students, dorms, and the mosque / mosque. But there are different, there are no figure of a kiai (headmaster) at Darul Hijrah Islamic School Students Merjosari Malang. The concept is owned by an individual picture of him covering the physical, psychological, social, and emotional, statment and achievement. While the formulation of the problem in this study is the first, How to Form Santri Without Caregiver Self-concept. Secondly, how Self-concept stage of the formation of students without caregiver. Third, What factors affect Without Caregiver Self-concept students. Fourth, How to Self-concept maintenance strategies students without caregivers at Darul Hijrah Islamic School Students Merjosari Malang.
This study has several objectives, namely the First, describe the form of students without a Caregiver Self-concept in Darul Hijrah Islamic School Students Merjosari Malang. Second, knowing the stage of formation of Caregiver Self-concept in students without Student Darul Hijrah Islamic School Merjosari Malang. Third, analyze the factors that affect Without Caregiver Self-concept students at Darul Hijrah Islamic School Students Merjosari Malang. Fourth, find the form of maintenance strategies Caregiver Self-concept in students without Darul Hijrah Islamic School Students Merjosari Malang. To research use of qualitative research methods of descriptive type of case studies. Data collection using the method of observation, interview and documentation. Using data analysis methods with Miles and Huberman stage through three, namely the reduction and conclution list, drawing or verivication.
The study found that, first, the second condition of Self-concept students without the caregiver is a positive self-concept. Second, the subject 1 and subject 2 start the self-concept stage through self-concept of primary derived from the family environment. Third, internal factors are the factors that affect the subject. Fourth, the concept of self care strategies students without a caregiver, namely (a) Subject 1 and subject 2 was able to build good relationships around an Environmental premises, the subject of a condescending manner and to maintain decorum, while subject 2 with a greeting and mutual assistance. (b) When the subject 1 and subject 2 had problems with their surroundings, what they do finished, until not to be hearts and so revenge. (c) Subject 1 and subject 2 viewed as a deficiency or weakness of the fair because everyone has their way of life. (d) Subject 1 and subject 2 has a long-term life goals, namely the search for knowledge as much as possible, college graduate on time, able to work and happy parents, as well as around the world if could.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Arifin, Zainul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konsep Diri; Self Concept | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170102 | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2015 08:59 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2015 08:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2125 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |