Kepemimpinan dan profesionalisme karyawan, pengaruhnya terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening: Studi empiris pada Kantor Kementerian Agama Kota Malang

Afandi, Nur Sadam (2014) Kepemimpinan dan profesionalisme karyawan, pengaruhnya terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening: Studi empiris pada Kantor Kementerian Agama Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
10510079 Pendahuluan.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
10510079 Indonesia.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
10510079 Inggris.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
10510079 Arab.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
10510079 Bab 1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
10510079 Bab 2.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
10510079 Bab 3.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
10510079 Bab 4.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
10510079 Bab 5.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
10510079 Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Other (Appendices)
10510079 Lampiran.rar

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA:

Arti pentingnya perhatian terhadap kepemimpinan dan profesionalisme karyawan dalam kerja akan membantu instansi dalam mencapai tujuan utama dari instansi. Peran faktor kepemimpinan sangat membantu untuk meningkatkan kinerja pegawai dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, serta profseionalisme karyawan dalam menentukan kualitas kinerja. Di lain sisi, dalam instansi kerja, kepemimpinan dan profesionalisme karyawan juga dapat menjadi pendorong terciptanya kepuasan kerja yang tinggi. Dengan demikian berakibat pada peningkatan kinerja organisasi.

Penelitian dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan dan profesionalisme karyawan terhadap kinerja pegawai secara langsung, pengaruh kepemimpinan dan profesionalisme karyawan terhadap kepuasan kerja secara langsung, pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja secara langsung, dan menganalisis pengaruh kepemimpinan dan profesionalisme karyawan terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening (perantara). Variabel yang digunakan adalah kepemimpinan dan profesionalisme karyawan sebagai variabel intervening, kepuasan kerja sebagai variabel intervening, dan kinerja pegawai sebagai variabel dependen. Sampel yang digunakan adalah pegawai kantor Kementerian Agama Kota Malang sebanyak 48 responden dengan menggunakan sampling jenuh (keseluruhan). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, dokumentasi dan wawancara. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik serta analisis regresi menggunakan analisa jalur (Path Analysis) dengan bantuan software SPSS 17.0 for windows dan Amos seri 6.0.

Hasil penelitian menunjukakan bahwa kepemimpinan tidak mempunyai pengaruh terhadap kinerja pegawai dan profesionalisme karyawan mempunyai pengaruh terhadap kinerja secara langsung, kepemimpinan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja dan profesionalisme karyawan tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja pegawai mempunyai pengaruh terhadap kinerja pegawai, dan kepemimpinan mempunnyai pengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja sebagai variabel perantara serta profesionalisme karyawan tidak mempunyai pengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja sebagai variabel perantara.

ENGLISH:

In an activity, attention to leadership and employees' profesionalisme is significant because it will help an institute to achieve its main objective. Leadership factor plays role in helping an institution to increase staffs' activity in performing their duty and obligation, also employees' professionalism in defining quality of performace. In other word, leadership and employees' professionalism in an institute can also motivate highly work satisfaction is created. Therefore, it affects to the increase of the performace of organization.

This study is conducted at the Ministy of Religious Affair Office of Malang City. This study is aimed to examine the influence of leadership and staffs' professionalism toward staffs' performance, the influence of employees' leadership professionalism toward work satisfaction, and the influence of work satisfaction toward performances, immediately. This study is also aimed to analyze the influence of leadership and employees' professionalism toward staffs' permormances through work satisfaction as intervening variable (mediator). Work satisfaction, leadership, and employees' professionalism are used as intervening variable, in other hand, staffs' performance used as dependent variable. The samples used are the staffs of Ministry of Religious Affair of Malang City which are 48 respondents, using saturated sampling (whole). Questionnaires, documentation, and interviews are used as data collection. The analysis is validity examination, reliability examination, clasical assumption examination, and also regression analysis using path analysis with software SPSS 17.0 for windows dan Amos series 6.0.

The result shows that leadership does not influence the staffs' performances, however employees' professionalism influences it immediately. In other word, leadership influences the work satisfactions, however employees' professionalism does not influence it. In other cases, staffs' work satisfaction influences staffs' performances, however leadership indirectly influences it through work satisfaction as mediator variable. Furthermore, employees' professionalism indirectly does not influence staffs' performances through work satisfaction as mediator variable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Djakfar, Muhammad
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 29 Jul 2015 11:06
Last Modified: 29 Jul 2015 11:06
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item View Item