Robiah, Shamhatur (2014) Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung pada tempat wisata Maharani Zoo dan Goa Lamongan (Mazola). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
10510021 Pendahuluan.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
10510021 Indonesia.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
10510021 Inggris.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
10510021 Arab.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
10510021 Bab 1.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
10510021 Bab 2.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
10510021 Bab 3.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
10510021 Bab 4.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
10510021 Bab 5.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (References)
10510021 Daftar Pustaka.pdf Download (22kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
10510021 Lampiran.rar Download (448kB) |
Abstract
INDONESIA:
Peningkatan pelayanan merupakan salah satu strategi pemasaran yang ditekankan sebagai upaya untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan atau pengguna jasa, adanya keluhan yang dirasakan menjadi hal yang sangat menarik untuk diteliti. terlebih dengan semakin banyaknya tempat pariwisata yang menawarkan berbagai macam pelayanan dan fasilitas lengkap untuk memanjakan konsumen disertai dengan penawaran paket harga yang bervariatif dan kompetitif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan pariwisata (komponen produk wisata ) yang terdiri dari atraksi, Amenities (fasilitas) dan aksesibilitas terhadap kepuasan pengunjung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Adapun jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diperoleh dari rumus Maholtra, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel Non Probability Sampling Metode pengambilan sampelnya menggunakan Accidental Sampling, Variabel bebasnya terdiri dari atraksi (X1), Amenities (X2) dan aksesibilitas (X3). Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel atraksi (X1), Amenities (X2) dan aksesibilitas (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung Maharani Zoo dan Goa Lamongan (MAZOLA). Dan perhitungan Fhitung 13.214 > Ftabel 2.70 dengan nilai p = 0,000 ≤ 0.05. selain itu nilai koefisien determinan Adjusted R Square sebesar 0.527 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 52.7%. dan uji parsial (uji t) diketahui bahwa variabel atraksi (X1) thitung X1 2.235 ≥ ttabel1.98 , Amenities (X2) X22.201 ≥ ttabel1.98 dan aksesibilitas (X3) X34.477≥ ttabel1.98, yang berarti semua variabel mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat (Y). Dengan demikian, dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pariwisata Mazola memiliki pengaruh signifikan baik parsial maupun simultan terhadap kepuasan pengunjung.
ENGLISH:
Improved service is one of the marketing strategies emphasized in an effort to provide satisfaction to customers or service users , complaints perceived to be a very interesting to study . especially with the increasing number of tourist places that offer a wide range of services and facilities for pampering package offers consumers accompanied by a varied and competitive prices . Therefore, this study aims to determine how the effect of the quality of tourism services ( tourism product components ) that consists of attractions , Amenities ( facilities ) and the accessibility of visitor satisfaction .
This research is a quantitative survey approach . The total sample of 100 people were obtained from the formula Maholtra , while sampling technique using samples of Non-Probability Sampling Methods of sample collection using accidental sampling , the independent variables consisted of attractions ( X1 ) , Everyday ( X2 ) and accessibility ( X3 ) . Tests using the instrument validity and reliability . While the methods of data analysis using multiple linear regression analysis with F test and T test.
The results showed that the attraction variable ( X1 ) , Everyday ( X2 ) and accessibility ( X3 ) simultaneously significant effect on visitor satisfaction and Goa Maharani Zoo Lamongan ( MAZOLA ) . And calculation of F 13 214 > F 2.70 with p value = 0.000 ≤ 0.05 level. besides the value of the determinant adjusted R square of 0527 which means that the influence of independent variables on the dependent variable was 52.7 %. and partial test ( T test ) showed that the attraction variable ( X1 ) X1 t count ≥ 2,235 ttabel1.98 , Everyday ( X2 ) ≥ X2 2.201 ttabel 1.98 and accessibility ( X3 ) ≥ ttabel 1.98 X3 4.477 , which means that all variables have a significant influence on the dependent variable ( Y ) . Thus , these results indicate that the quality of tourism services Mazola has a significant influence either partially or simultaneously on visitor satisfactio .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kualitas Pelayanan; Kepuasan; Pengunjung; Quality Service; Satisfaction; Guest |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Imam Rohmanu |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 10:24 |
Last Modified: | 30 Jul 2015 10:24 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/649 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |