Mukarrom, Nasikh (2013) Penerapan strategi marketing mix guna menghadapi persaingan global di industri logam kota pasuruan: Studi kasus di UD. Sari Alam Diesel. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
09510064_Pendahuluan.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
09510064_Indonesia.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
09510064_Inggris.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
09510064_Bab_1.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
09510064_Bab_2.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
09510064_Bab_3.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
09510064_Bab_4.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
09510064_Bab_5.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text (References)
09510064_Daftar_Pustaka.pdf Download (86kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
09510064_Lampiran.rar Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dewasa ini persaingan di industri logam yang semakin ketat dimana pesaing saat ini bukan hanya datang dari dalam kota melainkan datang dari luar negeri, hal ini merupakan sebuah tuntutan bagi pelaku industri logam khususnya UD. Sari Alama Diesel yang berada di kota pasuruan agar mampu bersaing dalam kondisi persaingan yang semakin kompleks jika tidak ingin tergusur oleh pesaingnya, untuk itu perlu diberlakukan terobosan–terobosan kebijakan agar mampu bertahan dalam bisnisnya. Salah satu strategi untuk menghadapi persaingan di pasar dengan mengacu pada prinsip dasar pemasaran yaitu marketing mix.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data–data yang berhubnungan dengan penelitian ini didapatkan melalui observasi secara langsung, wawancara dengan informan terkait, dan dokumentasi. Untuk pengembangan data guna mendapatkan keabsahan data peneliti menggunakan metode tringulasi data yaitu pemilik perusahaan, karyawan, dan pelanggan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi marketing mix yang dilakukan oleh UD. Sari Alam Diesel masih belum maksimal, hal ini tergambarkan dengan manajemen operasioal dari proses pembuatan produk yang tidak teratur dalam artian belum adanya pembagian pekerjaan yang jelas kepada pegawai sehingga mengakibatkan inefisiensi dan tidak efektif. Disamping itu penetapan harga produk yang masih tergolong tradisional yaitu dengan cara harga bahan baku dikalikan 60% - 70%, sehingga tidak ada perhitungan biaya – biaya secara terperinci yang mengakibatkan ketidak jelasan laba yang diperoleh. Dan sistem distribusi produk yang masih sangat lemah yaitu berproduksi jika ada pesanan, hal ini mengakibatkan kebergantungan kepada pasar. Serta promosi yang masih minim yaitu hanya melalui world of mouth tanpa memanfaatkan media promosi yang lain. Untuk kondisi persaingan di industri logam sendiri tidak sehat yaitu persaingan harga.
ENGLISH:
Today, the competition in the metals industry is very tight. The competitors today is not only from the region but also from other countries; it becomes a demand for the metal industrialist, especially UD. Sari Alama Diesel in Pasuruan in order to be able to compete in a more complex condition against the competitors. Therefore, it is necessary to create a new breakthrough policy to survive in the business. One strategy to face the market competition is by implementing marketing mix which based on the basic marketing principles.
This research uses descriptive qualitative method. The data related to this research are obtained through direct observation, interviews with relevant informants, and documentation. For the data development in order to get the data validity, the researcher uses data triangulation method from the owner of the company, employees, and customers.
The results of this study indicates that the application of marketing mix strategy conducted by UD. Sari Alam Diesel is not optimally carried out. It can be seen from the irregular operational management of the production process. There is no definite working division for the employees causing inefficient and ineffective operation. In addition, price fixing is still relatively traditional, that is by multiplying raw material price by 60% - 70%. There is no detailed calculation of the costs because the system has no clear record of the profits earned. Moreover, the product distribution system is very weak. The production only runs when they get orders which causes market dependence. The promotion is also very minimum, only through world of mouth without utilizing other promotional media. The competition condition in the metals industry is unhealthy because of the price competition.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Marketing Mix; Persaingan; Marketing Mix Strategy; Competition | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Location: | 150502 | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2015 09:50 | ||||||
Last Modified: | 09 Oct 2015 09:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2351 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |