Fadhilah, Rahayu Nur (2012) Pengaruh dongeng bertema sosial terhadap tingkat empati anak di TK Kusuma Harapan Pabrik Gula (PG) Krembung Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
08410119_Pendahuluan.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
08410119_Indonesia.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
08410119_Inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
08410119_Bab_1.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
08410119_Bab_2.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
08410119_Bab_3.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
08410119_Bab_4.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
08410119_Bab_5.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (References)
08410119_Daftar_Pustaka.pdf Download (55kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
08410119_Lampiran.rar Download (677kB) |
Abstract
INDONESIA:
Empati merupakan kemampuan dari seseorang untuk dapat berkomunikasi secara non verbal dimana anak dapat memahami dan merasakan perasaan yang dialami orang lain tetapi dia tidak samapai terhanyut dalam perasaan orang tersebut. Penanaman rasa empati dilakukan sejak dini dilakukan oleh orangtua atau pihak sekolah. Dengan pemberian dongeng yang bertema sosial dapat menanamkan pada anak cara bersosialisai dengan lingkungan sekitarnya. Dari penelitian ini terdapat pengaruh pemberian dongeng bertema sosial terhadap tingkat empati anak. Terlihat dari hasil pre-test (sebelum perlakuan) dan post-test (sesudah perlakuan). Terdapat hasil yang signifikan terhadap keduanya.
Desain penelitian menggunakan desain kasus tunggal (single- case experimental design) merupakan sebuah desain penelitian untuk mengevalusi efek suatu perlakuan dengan kasus tunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B TK Kusuma Harapan PG. Krembung-Sidoarjo. Dan sampel yang diambil sesuai dengan kriteria dan hanya 10 peserta didik dengan alasan karena peneliti banyak mengalami keterbatasan sehingga yang bersangkutan menentukan sejumlah sujek untuk dijadikan responden. Metode yang digunakan menggunakan observasi dan check list kemudian diolah dengan uji statistik (uji-t) t= 5,53 dan t tabel = 2,26.
Berdasarkan uji statistik, hasilnya menunjukkan H0 ditolak dan HA diterima diketahui bahwa pre tes dan post tes terdapat perbedaan. Sehingga terdapat pengaruh pemberian dongeng dengan tingkat empati.
Simpulan penelitian, pemberian dongeng bertema social berpengaruh terhadap tingkat empati anak. Diharapkan dengan metode pemberian dongeng dapat memberikan dampak postif lainnya guna memberikan nilai-nilai positif pada
anak.
ENGLISH:
Emphaty is the ability of non verbal communication of the student where as they could comprehend and feel the feeling of other people. Growing up the emphaty to the student could be done by the parent and the teacher. When they are still a child. By giving a social tale to the student could make them understand how to socialize themselves with the environment. This experiment shows that there is an influence of giving social tale to the student’s emphaty level. There is also a significant result of them showed by the pre-test and post-test.
This experiment uses the single case experimental design. It is an experimental design to evaluate the effect of attitude with single case. The population of this experiment is the groub B ‘s student of TK Kusuma Harapan PG Krembung – Sidoarjo. The suntable sample of the criteria taken from 10 students. Because the limitation, the observer de termines the subject that is used for the respondence. The method that is used are observation and check list. It is also collaborated with statistic test ( t-test ) t= 5,53 and t-table = 2,26.
Based on the statistic test, the result shows that Ho is rejected and HA is received. As a result, there is a different between pre test and post test. So there is an influence in giving social tale to the emphaty level.
It could be concluded that giving the social tale could influence the emphaty level of student. The observer hopes that this method (giving the social tale ) could give a good result to the other and give positive values to the student.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Dongeng; Sosial; dan Empati; Tale; Social; and Emphaty | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170102 | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2015 10:37 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2015 10:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2227 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |