Helmi, Muhammad (2012) Metode pembelajaran birdwatching dalam meningkatkan prestasi belajar IPA Siswa SLB C. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
07410065_Pendahuluan.pdf Download (671kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
07410065_Indonesia.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
07410065_Inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
07410065_Bab_1.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
07410065_Bab_2.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
07410065_Bab_3.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
07410065_Bab_4.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
07410065_Bab_5.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (References)
07410065_Daftar_Pustaka.pdf Download (111kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
07410065_Lampiran.rar Download (670kB) |
Abstract
INDONESIA:
Berawal dari permasalahan anak tunagrahita adalah individu yang mengalami penyimpangan, kelainan dan hambatan mental. Hambatan mental tersebut sangat mempengaruhi terhadap aspek-aspek kejiwaan anak, seperti perhatian, emosi, minat, daya kreasi dan intelegensinya. Akibat dari kelemahankelemahan yang dimilikinya, anak tunagrahita mengalami kesulitan dalam hubungan sosial dan segi pendidikannya, sehingga dalam perkembangan sosial dan segi pendidikannya anak ini selalu tertinggal dari teman-teman sebayanya yang normal. Hal tersebut dapat terjadi karena mereka mempunyai hambatanhambatan sehingga mengalami kesulitan dalam mengembangkan potensi dirinya. Keadaan anak tunagrahita tersebut selaras dengan pendapat Bandi Delphie (1996:51) yang mengatakan bahwa “anak tunagrahita adalah anak yang menunjukan gejala kelainan pada kedua sisi yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya yakni sisi intelektual dan kemampuan menyesuaikan diri”. Sedangkan menurut Sam Isbani (1994:17) mengemukakan bahwa “Anak tunagrahita mengalami hambatan dan permasalahan, sehingga dalam pendidikannya mengalami hambatan dan permasalahan, akhirnya mengalami kesulitan belajar dan prestasinya rendah”.
Dari kedua pendapat tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa anak tunagrahita karena dalam dirinya mengalami hambatan dan gangguan maka dalam perkembangan sosial dan pendidikannya juga mengalami permasalahan. Karena kelainan yang disandangnya mengakibatkan kesulitan dalam belajar, terutama dalam pemahaman konsep bilangan. Prestasi belajar yang rendah pada anak tunagrahita menurut Nana Sudjana (2003: 30) dipengaruhi banyak faktor antara lain : 1) Kondisi jasmani yang tidak menguntungkan, 2) Pemusatan perhatian yang kurang, 3) Minat belajar yang rendah, 4) Dorongn ingin tahu rendah, 5) Disiplin diri yang kurang, 6)Intelegensi yang rendah, 7) Kemampuan daya ingat lemah.
Untuk meneliti hal tersebut, digunakan metode Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat untuk menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Logika yang digunakan dalam penelitian ini adalah logika positivistik dan menghindari sifat-sifat subjektif. Pola pikir yang digunakan adalah pola pikir deduktif yang berusaha untuk memahami suatu fenomena dengan cara menggunakan konsep-konsep yang bersifat umum, yang abstrak untuk mencari hal-hal yang bersifat khusus dari suatu fenomena yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dalam Proses belajar siswa dengan prestasi belajar bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V dan VI SDLB-C Dharma Asih Patokan Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2010/2011 menggunakan metode pembelajaran bridwatching.
ENGLISH:
Starting from the problems of individual children are experiencing Tunagrahita irregularities, abnormalities and mental barriers. Mental barriers that greatly affects the psychological aspects of the child, such as attention, emotions, interests, creativity and intelegensinya. As a result of its kelemahankelemahan, Tunagrahita children have difficulty in social relationships and in terms of education, so in terms of social and educational development of children is always lagging behind their peers are normal. This can happen because they have hambatanhambatan thus have difficulty in developing her potential. Tunagrahita the situation of children in line with the opinion Delphie Bandi (1996:51) who says that "children are children who show Tunagrahita disorder symptoms on both sides of interrelated to one another which are the property and the ability to adjust." Meanwhile, according to Sam Isbani (1994:17) argues that "the Son Tunagrahita experience obstacles and problems, so that the educational experience obstacles and problems, eventually learning difficulties and low achievement."
Of the two opinions mentioned above can be concluded that the child Tunagrahita because in his experience the obstacles and distractions in educational and social development are also experiencing problems. Because it bears disorder resulting in difficulty in learning, especially in understanding the concept of numbers. Low learning achievement in children Tunagrahita by Nana Sudjana (2003: 30) is influenced many factors, among others: 1) unfavorable physical conditions, 2) concentration of less concern, 3)Interest in learning is low, 4) Dorongn curious low, 5) Self-discipline is lacking, 6) low intelligence, 7) The ability of a weak memory. To investigate this, the type of research used the method used in this study is quantitative research. Quantitative research is a process of discovering knowledge that uses the data in the form of numbers as a tool for analyzing information about what you want to know. Logic used in this study is positivistic logic and avoid the subjective nature. Mindset that is used is the deductive mindset that seeks to understand a phenomenon by using the concepts of a general nature, the abstract to look for things that are specifically of a phenomenon under study.
The results showed that there was a significant influence in the process of learning groups of students with learning achievement study of Natural Science field grade V and VI-C SDLB Dharma Asih benchmark Kraksaan Probolinggo District school year 2010/2011 bridwatching learning methods.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hidayah, Rifa | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Pembelajaran Bridwatching; Prestasi Belajar IPA; Learning Method Bridwatching ; Science Learning Achievement | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170102 | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2015 10:19 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2015 10:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2180 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |