Perbedaan konsep diri pada siswa yang orang tuanya berpendidikan SMA dengan orang tuanya yang berpendidikan SMP di SMK Tri Sakti JL. Raya Kepadangan No.187 Tulangan, Sidoarjo

Kusmiati, Eva (2012) Perbedaan konsep diri pada siswa yang orang tuanya berpendidikan SMA dengan orang tuanya yang berpendidikan SMP di SMK Tri Sakti JL. Raya Kepadangan No.187 Tulangan, Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
08410149_Pendahuluan.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
08410149_Indonesia.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
08410149_Inggris.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
08410149_Arab.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
08410149_Bab_1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
08410149_Bab_2.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
08410149_Bab_3.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
08410149_Bab_4.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
08410149_Bab_5.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
08410149_Daftar_Pustaka.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Appendices)
08410149_Lampiran.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Salah satu penyebab timbulnya masalah yang ada di sekolah ya itu siswa. Munculnya perilaku siswa yang berbeda-beda (positif/negatif) tersebut berawal dari konsep diri yang dimilikinya. Konsep diri merupakan cara pandang serta penila ian secara menyeluruh tentang dirinya. Salah satu faktor yang mempengaruhi konsep diri yaitu orang tua, khususnya pendidikan yang dimiliki oleh masing-masing orang tua. Oleh karena itu, sangat diperlukan wawasan yang luas baik dalam hal pengetahuan, sikap, keterampilan serta kepribadian yang matang. Menurut wawancara yang telah dilakukan dilapangan menyatakan bahwa siswa yang memiliki perilaku negatif awalnya bermula dari kurang maksimalnya ajaran-ajaran yang diberikan oleh orang tuanya yang memiliki pendidikan SMP seperti kurang adanya control terhadap siswa baik dari segi perilaku ataupun akademik serta kurang adanya motivasi-motivasi yang diberikan untuk menjadikan pr ibadi yang baik dalam segala hal. Dari adanya fenomena tersebut peneliti melakukan penelitian dengan rumusan masalahnya adalah 1) bagaimana konsep diri s iswa yang orang tuanya berpendidikan SMA? 2) bagaimana konsep diri siswa yang orang tuanya berpendidikan SMP? Dan yang ke 3) apakah ada perbedaan konsep diri pada siswa yang orang tuanya berpendidikan SMA dengan orang tuanya yang berpendidikan SMP?

Pada penelitian ini, tujuannya adalah 1) mengetahui konsep diri siswa yang orang tuanya berpendidikan SMA. 2) mengetahui konsep diri siswa yang orang tuanya berpendidikan SMP. Dan yang ke 3) membuktikan perbedaan konsep diri pada siswa yang orang tuanya berpendidikan SMA dengan orang tuanya yang berpendidikan SMP.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sedangkan var iabel yang digunakan terdiri dari duaya itu 1) Variabel bebasnya adalah pendidikan orang tua SMA dan pendidikan orang tua SMP. 2) Variabel terikatnya yaitu konsep diri siswa SMK Trisakti Tulangan. Subjek pene litian berjumlah 82 responden yang terbagi keda lam dua kelompok masing-masing untuk siswa yang orang tua berpendidikan SMA sebanyak 41 siswa dan siswa yang orang tuanya berpendidikan SMP sebanyak 41 siswa, yang dipilih dengan menggunakan sampel kuota dan purposive sampel. Dengan pengumpulan data menggunakan ska la konsep diri dan dokumentasi. Menggunakan validitas 0,3 dan reliabilitas .870. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa varian t-test dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 dari windows.

Hasil pene litian yang dilakukan, diketahui bahwa (1) konsep diri pada siswa yang orang tuanya berpendidikan SMA sebanyak 41 siswa (100%) yang memiliki konsep diri positif dan 0 siswa (0%) yang memiliki konsep diri negatif. (2) konsep diri pada siswa yang orang tuanya berpendidikan SMP sebanyak 9 siswa (22%) yang memiliki konsep diri positif dan 32 siswa (78%) yang memiliki konsep diri negatif. (3) Terdapat perbedaan konsep diri yang signifikan pada siswa yang orang tuanya berpendidikan SMA daripada orang tuanya yang berpendidikan SMP yang berarti hipotesa dari penelitian ini diterima.

ENGLISH:

One of the causes of problems that exist in school is student. The emergence of student behavior that is different (pos itive/negative), began from the ir own self-concept. Self-concept is a way of looking as well as through assesment of each individual. One of the factor that inf luence self-concept, namely the parent. Particularly the education owned by each parent.parent are beginning educators for the ir children. Therefore, deep ins igh is much needed both in term of knowledge , attitudes, skills , and mature personality. According to the interview expla ined that student who have negative behavior began less of maximum teaching given by the parent whose parent are junior high school educated, like lack of control to their children both in term of behavior or academic and a lso lack of mativations given to be good person in every side of life. Grounded of the phenomenon above, the researcher made the abbreviation of the problem w ith three questions, they are: (1) how is the self-concept of student whose parent are senior high school educated?, (2) how is the self- concept of student whose parent are junior high school educated?, and (3) is there difference in the level of self-concept between senior high school and junior high school educated parent of the students?.

The purpose of this paper are: (1) knowing the self-concept of student whose parent are senior high school educated, (2) knowing the self-concept of student whose parent are junior high school educated, and (3) prove the difference in the leve l of self-concept between senior high school and junior high school educated parent of the students.

This research using quantitative method, and the variable used is : 1) senior high school educated parent and junior high school educated parent. 2) Bound var iable is self concept of SMK Trisakti Tulangan student. The subject of this study amounted to 82 respondents, which is devided into two groups each for students w ith senior high school educated parent as much 41 students and students with junior high school educated parent as much 41 students. Which se lected by us ing quota and purpos ive sampling. With collection data using a scale of self concept and documentation. With Validity 0,3 and reliability .870. Analys is of the data in this study us ing analys is of variance technique t-Test by using SPSS
16.0 from windows.

The result of the research conducted, (1) student’s self concept whose parent are senior high school educated who have positive self consept as much 41 students (100%), and 0 student ( 0%) for negative self concept. (2) self concept of student whose parent are junior high school educated who have positive self concept as much 9 students (22%), and who have negative self concept as much 32 students (78%). (3) there are signif icant differe nces in self concept in student between whose parent are senior high school educated and junior high school educated. The student whose parent are senior high school educated is higher in self-concept than junior high school educated parent.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Arifin, Zainul
Keywords: Konsep Diri; Orang Tua Berpendidikan SMA; Orang Tua Berpendidikan SMP; Self-Concept; Senior High School Educated Parent; Junior High School Educated Parent
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Departement: Fakultas Psikologi
Location: 170109
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 28 Sep 2015 03:11
Last Modified: 28 Sep 2015 03:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2146

Actions (login required)

View Item View Item