Wahab, Abraham (2012) Pengaruh Psikologis dan Rasionalis terhadap keputusan Nasabah menabung pada Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Al Hijrah Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
06610096_Pendahuluan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
06610096_Indonesia.pdf Download (853kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
06610096_Inggris.pdf Download (854kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
06610096_Arab.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
06610096_Bab_1.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
06610096_Bab_2.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
06610096_Bab_3.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
06610096_Bab_4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
06610096_Bab_5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (References)
06610096_Daftar_Pustaka.pdf Download (83kB) | Preview |
|
![]() |
Other (Appendices)
06610096_Lampiran.rar Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan lembaga keuangan syariah secara perlahan-lahan mendapat perhatian masyarakat, baik yang berbentuk perbankan ataupun koperasi dan Baitul Maal wat Tamwil (BMT). Kepercayaan masyarakat terhadap lembaga keuangan syariah tersebut bersifat positif, dimana terjadi peningkatan jumlah konsumen secara bertahap. Seperti halnya fenomena yang terjadi pada masyarakat Kecamatan Jabung Kabupaten Malang, dimana penduduk yang mayoritas beragama Islam dan pemahaman masyarakat bahwa BMT hanya untuk orang Islam serta pemahaman terhadap produk yang ditawarkan juga masih rendah. Sebagai sebuah lembaga syariah baru, BMT Al Hijrah KAN Jabung harus memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen (nasabah) dalam menabung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh psikologis dan rasionalis terhadap keputusan nasabah menabung di BMT Al Hijrah KAN Jabung dan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan nasabah menabung di BMT Al Hijrah KAN Jabung.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research, yaitu penelitian untuk menjelaskan hubungan kausal dan pengujian hipotesa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Prosesnya diawali dengan teori dan selanjutnya dengan menggunakan logika deduktif diturunkan hipotesis penelitian yang disertai pengukuran dan operasionalisasi konsep, kemudian generalisasi empiris yang berdasar pada statistik. Teknik analisis yang digunakan adalah : Uji validitas dan reliabilitas, uji regresi berganda, uji F, dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis dan rasionalis yang terdiri dari motivasi (X₁), belajar (X₂), sikap (X₃), persepsi (X₄) dan tingkat keuntungan (X₅) mempunyai hubungan yang kuat dan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di BMT Al Hirah KAN Jabung (Y). Variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian yaitu variabel tingkat keuntungan (X₅).
ABSTRACT
The development of syariah finance institution whether in the form of banking instition, cooperative, or Baitul Maal wat Tamwil (BMT), rapidly take the attention of people, the trust of people on the syariah finance institution is very positive which showed by the rapid increasing of number of customers. As the phenomena happened with society in Jabung disctrict of Malang regency where the majority of people are muslim with the understanding that the BMT is only for muslim. They also have very limited knowledge about the BMT product offered. As a new syariah institution, BMT Al Hijrah KAN Jabung must understand the factrors that influence the decision making of costumer in saving. The aim of this research is to recognize the psychological and rational influence on the customer to save at BMT Al Hijrah KAN Jabung. It also intends to know the dominant influence variable to the saving decision.
This study is an explanatory research which explain the causal relation and hypotesa examination. The approach used in this research is quantitatif approach. The process is started with the theory and followed by the hypotesa created with the deductive logic that equipped with the measurement and concept operation. This step is accomplished by empirical generalisation which based on statisctic. The analytical technique used are; validity and reliability test, double regretion test, F test, and T test.
The result of study shows that the pshycological and rational factors that consist of motivation (X1), learning (X2), attitude (X₃), perception (X₄) and rates of return (X₅) have strong relation and significant influence on the costumer's decicion to save at BMT Al Hijrah KAN Jabung (Y). Variables that have a dominant influence on purchasing decisions in a variable rate of return (X₅).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi; Belajar; Sikap; Persepsi; Tingkat Keuntungan; Keputusan Menabung; Motivation, Learning; Attitude; Perception; Rates of Return; Saving Decicion | ||||||
Subjects: | 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1205 Urban and Regional Planning > 120503 Housing Markets, Development, Management | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Location: | 120503 | ||||||
Depositing User: | Annas Al-haq | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2015 12:28 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2023 11:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2129 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |