Jannah, Miftahul (2013) Hubungan antara keterampilan sosial dengan penerimaan teman sebaya pada siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah I Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
09410120_Pendahuluan.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
09410120_Indonesia.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
09410120_Inggris.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
09410120_Arab.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
09410120_Bab_1.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
09410120_Bab_2.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
09410120_Bab_3.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
09410120_Bab_4.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
09410120_Bab_5.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (References)
09410120_Daftar_Pustaka.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
09410120_Lampiran.rar Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Masa remaja merupakan masa perkembangan transisi antara masa kanak–kanak menjadi masa dewasa. Perkembangan kehidupan sosial remaja juga ditandai dengan gejala meningkatnya pengaruh teman sebaya dalam kehidupan mereka. Remaja memiliki kebutuhan yang kuat untuk disukai dan diterima teman sebaya atau kelompok. Remaja yang memiliki keterampilan sosial lebih dapat mengungkapkan perasaan dan pikirannya dalam hubungan interpersonal. Remaja memerlukan keterampilan sosial agar mampu menjalin hubungan yang positif dengan teman sebaya dan diterima oleh teman sebaya.
Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah I Malang. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat keterampilan sosial siswa di MTs Muhammadiyah I Malang, (2) untuk mengetahui tingkat penerimaan teman sebaya pada siswa di MTs Muhammadiyah I Malang, dan (3) untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara keterampilan sosial dengan penerimaan teman sebaya pada siswa di MTs Muhammadiyah I Malang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel bebas yaitu keterampilan sosial dan variabel terikat yaitu penerimaan teman sebaya. Subyek penelitian berjumlah 74 responden, yang merupakan siswa-siswi kelas VII MTs Muhammadiyah I Malang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode angket berupa skala likert untuk keterampilan sosial dan penerimaan teman sebaya yang dilengkapi dengan hasil wawancara dan dokumentasi. Analisa data penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment Karl Pearson dengan bantuan SPSS 16.0 for windows.
Berdasarkan analisa data diperoleh hasil sebagai berikut : (1) hasil analisa keterampilan sosial berada dalam kategori sedang dengan jumlah prosentase 59,5% sebanyak 44 siswa, (2) hasil analisa penerimaan teman sebaya berada dalam kategori tinggi dengan jumlah prosentase 50% sebanyak 37 siswa, (3) hasil korelasi menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara keterampilan sosial dengan penerimaan teman sebaya dengan nilai koefisien korelasi rxy = 0.476 dan p=0.000 < 0.05. Artinya semakin tinggi tingkat keterampilan sosial maka semakin tinggi pula tingkat penerimaan teman sebaya.
ENGLISH:
Adolescence is a developmental period of transition between childhood into adulthood. The development of adolescent social life was also marked by symptoms of increasing peer influence in their lives. Juveniles have a strong need to be liked and accepted peers or group. They need the social skill to be able to establish the positive relationship with peers and accepted by peers.
The research was conducted in MTs Muhammadiyah I Malang. The purposes of this research are (0) to determine the level of students' social skill in MTs Muhammadiyah I Malang, (3) to determine the level of peers acceptance to students in MTs Muhammadiyah I Malang, and (2) to determine whether there is any relationship between social skill with peers acceptance in students in MTs Muhammadiyah I Malang.
This study uses quantitative methods. The independent variables are social skills and the dependent variables are peers acceptance. The number of research subjects are 47 respondents, who are the students of class VII MTs Muhammadiyah I Malang. This is a population study. In collecting the data, the researcher used a Likert scale questionnaire method for social skills and peers acceptance that comes with the interview and documentation. This study uses data analysis technique of Karl Pearson Product Moment Correlation with SPSS 0.61 for Windows.
Based on the data analysis, the following results are obtained: (0) the analysis of social skills are in average category with a total percentage 59.55 from 77 students, (3) the analysis of peers acceptance are in high category with a total percentage of 51% from 24 students, (2) the correlation results showed that no significant relationship between social skills with peers acceptance with a correlation coefficient r xy = 1674. and p = 16111 > 1615. The result indicates that the higher the level of social skill, the higher the level of peers acceptance.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholichatun, Yulia | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Keterampilan Sosial; Penerimaan Teman Sebaya; Social Skill; Acceptance of peers | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Location: | 170102 | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2015 08:27 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2023 13:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1846 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |