Bentuk dukungan sosial untuk anak autis studi kasus di SMP Bhakti Terpadu Malang

Aini, Kutratul (2013) Bentuk dukungan sosial untuk anak autis studi kasus di SMP Bhakti Terpadu Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
09410052_Pendahuluan.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
09410052_Indonesia.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
09410052_Inggris.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
09410052_Bab_1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
09410052_Bab_2.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
09410052_Bab_3.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
09410052_Bab_4.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
09410052_Bab_5.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
09410052_Daftar_Pustaka.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Other (Appendices)
09410052_Lampiran.rar

Download (878kB)

Abstract

INDONESIA:

Gejala Autisme tidak hanya disebabkan oleh faktor yang bersifat Psikologis, melainkan karena gejala autisme disebabkan masalah yang terjadi saat kelahiran atau setelah kelahiran mengenai proses dan tahap perkembangannya. Anak yang mengalami autistik penampilan secara fisiknya tidak berbeda seperti anak-anak normal lainnya, tapi apabila diperhatikan secara seksama barulah terlihat adanya perbedaan. Anak-anak yang hidup dan tumbuh dengan gejala autisme harus mendapatkan perhatian yang lebih ‘Istimewa’ karena banyak hal yang mesti harus dievaluasi mulai dari perilakunya yang terkadang berlebihan dan tidak wajar. Dan mereka perlu mendapatkan dukungan sosial dari masyarakat, guru disekolah dan teman-temannya. Karena anak yang memiliki gangguan perkembangan seperti autistik ini sangat membutuhkan dukungan yang penuh terutama dari lingkungannya termasuk pihak sekolah, sebab sekolah adalah rumah kedua bagi mereka.

Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk dukungan sosial kepada anak autis dan Untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terbentuknya dukungan sosial. Peneliti menentukan empat subjek sebagai sumber data yaitu satu orang Guru pembimbing khusus, satu orang guru kelas dan dua orang tua anak autis.

Peneliti mengambil dua siswa inklusi yang mengalami autis. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di sebuah sekolah inklusi yaitu di SMP Bakti, tepatnya di Jln. Kedawung No.72 Malang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial yang diberikan oleh keempat subjek kepada Inggrid dan Hafas berpengaruh terhadap perkembangannya. dimana subjek 1 atau RNA telah memberikan dukungan sosial berupa dukungan informasi, emosional, penghargaan dan dukungan dalam hal persahabatan kepada Inggrid dan Hafas, serta dukungan Instrumental kepada Inggrid. Sedangkan subjek 2 atau M memberikan dukungan sosial berupa dukungan informasi dan emosional kepada Inggrid dan Hafas, serta dukungan penghargaan dan dukungan dalam hal persahabatan diberikan kepada Inggrid. sedangkan subjek 3 atau Y memberikan dukungan sosial kepada inggrid berupa dukungan Informasi, Emosional dan penghargaan. Sedangkan subjek 4 atau FH memberikan dukungan sosial kepada Hafas dalam bentuk dukungan emosional, penghargaan dan dalam hal persahabatan.

ENGLISH:

Autism symptoms not only be caused by psychological factors, but because the symptoms of autism caused by problems that occur at birth or after birth of the processes and stages of development. Autistic children who have physical appearance not unlike like other normal children, but when considered carefully then seen a difference. Children who live and grow up with the symptoms of autism should get more attention 'Special' because a lot of things that must be evaluated ranging from behavior that is sometimes excessive and unnatural. And they need to get Social Support from the community, school teachers and friends. Because children who have developmental disorders such as autism is in dire need full support of the environment, including especially the school, because the school is a second home for them.

Researcher uses qualitative research case study. This study aimed to describe the forms of social support to children with autism and to describe the factors that cause the formation of social support. Researchers determined the four subjects as a source of data that one special person supervising teacher, the classroom teacher and two parents of children with autism.

Researchers took two students who have autism inclusion. Data collection methods used by researchers are observation, interview and documentation. The research was conducted in an inclusive school is in Junior Bakti, precisely at Jl. Kedawung No.72 Malang.

The results showed that the social support provided by the four subjects to Ingrid and Hafas influence on its development. where the subject is 1 or RNA has been providing social support information support, emotional, reward and support in terms of friendship to Ingrid and Hafas, as well as support to Ingrid Instrumental. 2 or M while the subject of social support in the form of information and emotional support to Ingrid and Hafas, as well as support in terms of appreciation and support given to Ingrid friendship. 3 or Y while the subject of social support in the form of support to Ingrid Information, Emotional and awards. 4 or FH subjects while providing social support to Hafas in the form of emotional support, in terms of appreciation and friendship.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mahpur, Mohammad
Keywords: Dukungan Sosial; Anak Autis; Social Support; Autism child
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Departement: Fakultas Psikologi
Location: 170113
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 08 Sep 2015 01:25
Last Modified: 08 Sep 2015 01:25
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1821

Actions (login required)

View Item View Item