Suharini, Wahyu (2013) Hubungan konsep diri siswa akselerasi dengan interaksi sosial antar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Malang I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
09410132_Pendahuluan.pdf Download (883kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
09410132_Indonesia.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
09410132_Inggris.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
09410132_Arab.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
09410132_Bab_1.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
09410132_Bab_2.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
09410132_Bab_3.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
09410132_Bab_4.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
09410132_Bab_5.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (References)
09410132_Daftar_Pustaka.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
09410132_Lampiran.rar Download (438kB) |
Abstract
INDONESIA:
Remaja kerap menghadapi sejumlah persoalan saat berinteraksi dengan orang lain, khususnya siswa akselerasi yang kurang memiliki sikap toleran terhadap lingkungan. Problem yang paling menonjol pada siswa akselerasi, pada umumnya egois, individual, dan merasa lebih pintar dibanding siswa-siswi yang lainnya. semua ini dapat dipengaruhi oleh konsep diri yang dimiliki oleh setiap siswa. Pernyataan tersebut sesuai dengan pandangan Burns (1993 : ) yang menyatakan bahwa hubungan konsep diri dengan interaksi sosial pada siswa akselerasi merupakan suatu pandangan, penilaian dan keyakinan individu dalam bertingkah laku ditengah masyarakat khususnya dalam kehidupan sosialnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui konsep diri siswa-siswi akselerasi di Madrasah Aliyah Negeri Malang 1. (2) Mengetahui interaksi sosial siswa-siswi akselerasi Madrasah Aliyah Negeri Malang 1. (3) Mengetahui ada tidaknya hubungan antara konsep diri siswa-siswi akselerasi dengan intreraksi sosial antar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Malang 1.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi non intervensi dan jenis datanya termasuk penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel populatif dimana jumlah populasi dan sampel sama besarnya yaitu semua siswa-siswi kelas akselerasi MAN Malang 1 dengan jumlah 41 siswa yang terbagi dari kelas 11 dan kelas 12. Untuk perhitungan reliabilitas digunakan teknik Alfa Cronbach. Sedangkan untuk uji analisis statistic korelasional digunakan Product Moment Pearson.
Dengan mengunakan rumus korelasi Product Moment dari Person, didapatkan hasil rhitung > rtabel (0,635 > 0,308) yang berarti hipotesis dalam penelitian ini terbukti bahwa terdapat hubungan yang positif antara konsep diri siswa akselerasi dengan interaksi sosial antar siswa MAN Malang 1. Yang berarti semakin baik konsep diri siswa akselerasi maka semakin baik pula interaksi sosialnya. Dan sebaliknya, semakin rendah konsep diri siswa akselerasi, semakin rendah pula interaksi sosialnya.
ENGLISH:
Teens often face a number of problems when interacting with others, especially acceleration students who have less tolerant of environment. The most prominent problems on the acceleration students, in general, are, individualized, and arrogant (think more intelligent than other students). Those problems can be influenced by self-concept of every student. This statement is in accordance with the views of Burns (1993) states that the relations between self-concept and social interaction on student acceleration are a view, judgment, and individuals confidence to behave in the society especially in their social life.
The purposes of this study are (1) Knowing the self-concept of accelerated students in Madrasah Aliyah Negeri Malang 1. (2) Knowing the social interaction of accelerated students in Madrasah Aliyah Negeri Malang 1. (3) Knowing the relationship between self-concept of accelerated students and social interaction among students at Madrasah Aliyah Negeri Malang 1.
Research design which is used in this study is the correlation of non- intervention and the types of data including quantitative research. Technique of sampling in this study uses populated samples where the total population and the sample are same that all the students of acceleration class MAN Malang 1 with 41 students, divided into 11th grade and 12th grade. For the reliability calculation uses technique of Alpha Cronbach, whereas for attesting statistical analysis correlation uses Product Moment Pearson.
By using the formula of Product Moment Person Correlation showed rhitung > rtabel (0.635> 0.308) which means that the hypothesis in this study is proved. There is a positive relationship between self-concept of accelerated students and social interaction among students MAN Malang 1. It means that if self concept of accelerated students is more and better, so their social interaction is also better, and conversely.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mustofa, M. Lutfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konsep Diri; Interaksi Sosial; Siswa Akselerasi; Self Concept; Social Interaction; Acceleration Student | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170113 | ||||||
Depositing User: | Dwi Aprilia Gendhis | ||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2015 09:49 | ||||||
Last Modified: | 11 Sep 2015 09:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1759 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |