Aini, Zahratul (2013) Hubungan citra merek kosmetik Wardah terhadap keputusan membeli konsumen pada mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
10410067_Pendahuluan.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
10410067_Indonesia.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
10410067_Inggris.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
10410067_Arab.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
10410067_Bab_1.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
10410067_Bab_2.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
10410067_Bab_3.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
10410067_Bab_4.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
10410067_Bab_5.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text (References)
10410067_Daftar_Pustaka.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (Appendices)
10410067_Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan dan peningkatan kualitas perusahaan kosmetik dari tahun ke tahun semakin menjadi perhatian masyarakat. Hal ini, dapat dilihat dari ketatnya persaingan kualitas barang, harga, promosi di antara sekian banyak perusahaan kosmetik. Pesatnya pertumbuhan perusahaan kosmetik di Indonesia, mengindikasikan pula bahwa semakin banyak jenis dan merek kosmetik yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Salah satu perusahaan kosmetik yang secara tidak langsung telah memberi pengaruh luar biasa bagi pengguna kosmetik adalah kosmetik Wardah. Produk Wardah menarik perhatian para konsumen dengan mengedepankan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia. Jika produk kosmetik lainnya telah banyak menonjolkan efek cantik, bersih dan putih dari produknya maka Wardah lebih menampilkan dua faktor penting lainnya yakni cantik dan halal. Halal disini dapat diartikan sebagai suatu produk yang aman untuk dikonsumsi masyarakat, terutama kaum muslimah.
Penelitian ini dilakukan terhadapa 110 mahasiswi – 20% populasi - Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeru (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dengan tujuan untuk mengetahui Citra Merek Kosmetik Wardah Terhadap Keputusan Membeli Konsumen. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode angket/kuesioner berupa skala. Skala yang digunakan adalah Skala Likert meliputi dua variabel, yaitu keputusan membeli dan citra merek yang masing-masing terdiri dari 18 dan 15 aitem. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis product moment.
Berdasarkan hasil analisa penelitian diperoleh tingkat responden mahasiswi untuk variabel citra merek yaitu, 15,45% (17 orang) tinggi, 74,55% (82 orang) sedang, dan 10% (11 orang) rendah sedangkan tingkat responden untuk variabel keputusan membeli adalah 12,73% (14 orang) tinggi, 77,27% (85 orang) sedang, dan 10% (11 orang) menyatakan rendah.
Berdasarkan beberapa penjelasan di atas dengan tingkat kepercayaan (nilai α), maka diperoleh hasil bahwa citra merek memberikan kontribusi terhadap keputusan membeli konsumen dengan nilai rhitung > r-tabel aitu 0,908 > 0,187 artinya antara keputusan membeli terhadap citra merek memiliki tingkat hubungan dan pengaruh yang sangat kuat . Hasil uji validitas dan reliabilitas dari kedua variabel dengan nilai alpha sebesar 0,929 Uji hipotesis yang dilakukan juga menunjukkan adanya korelasi yang sangat erat antara citra merek kosmetik wardah terhdap keputusan membeli konsumen. Dengan demikian, variabel citra merek memiliki pengaruh sebesar 83,54% terhadap keputusan membeli sementara sisanya yakni sebesar 16,46% dipengaruhi oleh faktor yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
ENGLISH:
The development and improvement of the quality of the cosmetics company from year to year more and more public concern. It can be seen from the competition in quality, price, promotion of the many cosmetic companies. The rapid growth of cosmetic companies in Indonesia, also indicates that the more types and brands of cosmetics that can be consumed by the public. One cosmetic company has indirect influence outstanding user Wardah cosmetics is cosmetic. Wardah products attract the attention of consumers by promoting the halal certificate from the Indonesian Ulema Council. If other cosmetic products have many effects accentuate pretty, clean and white of the Wardah more products featuring two other important factors that is beautiful and clean. Halal here can be interpreted as a product that is safe for public consumption , especially Muslim women.
This research was conducted terhadapa 110 female students - 20 % of the population - Faculty of Psychology, State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang in order to determine Wardah Cosmetics Brand Image Of Consumer Buying Decision. Methods of data collection using questionnaires / questionnaire form scale. The scale used is the Likert Scale includes two variables, namely the purchase decision and brand image, each consisting of 18 and 15 aitem. The analysis technique used is the product moment analysis.
Based on the analysis results were obtained for the variable rate student respondents brand image that is , 15.45% (17 people) high , 74.55% (82 people) Medium, and 10% (11 people), while low levels of respondents to a buying decision variable is 12.73% (14 people) high, 77.27% (85 people) Medium, and 10% (11 people) expressed low. Based on the above explanation with some confidence level (α value), the obtained results that contribute to the brand image of the buying decisions of consumers with value rhitung > r-tabel ie 0.908 > 0.187 means the decision to buy the brand image has a level of relationship and a very strong influence.
The results of the validity and reliability of both variables with an alpha value of 0.929. Hypothesis testing conducted also showed a very close correlation between the image of the brand cosmetic wardah terhdap consumer buying decisions. Thus, the variable has the effect of brand image on purchase decisions of 83.54 % while the remainder, amounting to 16.46 % influenced by other factors not examined in this study.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Irawan, Andik Rony | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Keputuasan Membeli; Buying decisions; Citra Merek; Wardah | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170107 | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2015 08:05 | ||||||
Last Modified: | 08 Sep 2015 08:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1626 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |