Ernawati, Elik (2014) Peranan analisis pekerjaan (job analysis) dalam upaya mengefektifkan penilaian dan evaluasi kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
1010100_Pendahuluan.pdf Download (807kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
1010100_Indonesia.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
1010100_Inggris.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
1010100_Arab.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
1010100_Bab_1.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
1010100_Bab_2.pdf Download (672kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
1010100_Bab_3.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
1010100_Bab_4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
1010100_Bab_5.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text (References)
1010100_Daftar_Pustaka.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
1010100_Lampiran.rar Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Untuk mengetahui kinerja individu dan kinerja organisasi, maka perlu dilakukan sebuah penilaian dan evaluasi kinerja karyawan dengan membandingkan setiap kinerja aktual dari masing-masing pegawai dengan standard kinerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Analisis pekerjaan merupakan kegiatan atau proses menghimpun dan menyusun berbagai informasi yang berkenaan dengan setiap pekerjaan, tugas-tugas, jenis pekerjaan, dan tanggung jawab secara operasional untuk mewujudkan tujuan organisasi atau bisnis sebuah perusahaan. Analisis pekerjaan juga terdapat di PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang, hal ini dibuktikan dengan adanya uraian pekerjaan, spesifikasi pekerjaan dan standar pekerjaan pegawai. Adapun untuk menilai kinerja karyawan terhadap organisasi, PT. PLN (Persero) mengunakan sistem atau aplikasi online SIMKP Nasional (Sistem Informasi Manajemen Kinerja Pegawai). Dari SIMKP tersebut akan dihasilkan penilaian kinerja masing-masing individu. Apabila proses penilaian dan evaluasi kinerja ini dilakukan dengan baik dan benar, maka para karyawan, penyelia-penyelia, departemen SDM dan akhirnya perusahaan akan diuntungkan dengan pemastian bahwa upaya-upaya individu memberikan konstribusi kepada fokus strategi perusahaan, sebagaimana seperti tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan jobanalysisdan bentuk penilaian sekaligus evaluasiyang digunakan oleh PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang dalam menilai kinerja karyawan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data penelitian terbagi menjadi dua macam yaitu: data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan, bahwa analisis pekerjaan yang berupa standar kinerja terbukti berperan dalam penilaian dan evaluasi kinerja karyawan PT. PLN (Persero) Area Malang, hal tersebut dapat dilihat dalam proses penilaian dan evaluasi kinerja karyawan PT. PLN (Persero) Area Malang yang mana dalam proses penilaian dan evaluasi kinerja PT. PLN (Persero) Area Malang mengunakan target dan pencapaian sasaran kinerja sebagai tolak ukur untuk mengukur kinerja individu dan kinerja oraganisasi.
ENGLISH:
To determine individual and organizational performance, it is necessary to do an assessment and evaluation on employees’ performance by comparing the actual performance of each employee and the company performance standards. Job analysis is an activity or process to collect and compile information related to each job, task, work, and operational responsibility. The process is to realize the goal of an organization or a company business. PT. PLN (Persero) East Java Distribution Malang also conducts job analysis; it is proven by the existence of job descriptions, specifications and standards. For assessing the employees’ performance, PT. PLN (Persero) uses the system or online application of National SIMKP (Information System of Employees’ Performance Management). SIMKP will produce performance assessment for each individual. If the process of assessment and performance evaluation is done properly, the employees, supervisors, HR department and eventually the company will benefit from the assurance that individual efforts contribute to the company's strategic focus, as the company expectation. The purpose of this study is to investigate the implementation of job analysis and the assessment and evaluation form used by PT. PLN (Persero) East Java Distribution Malang in assessing employees’ performance.
This research uses qualitative descriptive approach. The research data consists of primary data and secondary data. Data collection techniques are observation, interview and documentation.
The result indicates that the job analysis of the performance standards influences has evidently roled in the assessment and evaluation of the employees’ performance in PT. PLN (Persero) Malang. It can be seen from the process of assessing and evaluating the performance of employees of PT. PLN (Persero) Malang. It uses target and performance achievement to measure the individual and organizational performance.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Analisis Pekerjaan; Penilaian dan Evaluasi Kinerja Pegawai; Job Analysis; Assessment and Evaluation of Employees’ Performance | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Location: | 150305 | ||||||
Depositing User: | Dwi Aprilia Gendhis | ||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2015 09:41 | ||||||
Last Modified: | 11 Sep 2015 09:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1619 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |