Penerapan new wave maketing pada perbankan syariah dalam menghadapi persaingan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA: Studi BRI Syariah Cabang Malang

Abdillah, Bacharuddin (2015) Penerapan new wave maketing pada perbankan syariah dalam menghadapi persaingan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA: Studi BRI Syariah Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
11510055_Pendahuluan.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
11510055_Indonesia.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
11510055_Inggris.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
11510055_Arab.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
11510055_Bab_1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
11510055_Bab_2.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
11510055_Bab_3.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
11510055_Bab_4.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
11510055_Bab_5.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
11510055_Daftar_Pustaka.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Other (Appendices)
11510055_Lampiran.rar

Download (660kB)
[img]
Preview
Text (Summary)
11510055_Ringkasan.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dewasa ini persaingan di industri Perbankan Syariah yang semakin ketat dimana pesaing saat ini bukan hanya datang datang dari dalam kota melainkan datang dari luar negeri, hal ini merupakan sebuah tuntutan bagi belaku industri Perbankan Syariah khususnya BRI Syariah Cabang Malang yang berada di Kota Malang, agar mampu bersaing dalam kondisi persaingan yang semakin kompleks jika tidak ingin tergeser oleh pesaingnya, untuk itu perlu diberlakukan terobosan – terobosan kebijakan agar mampu bersaing di pasar dengan mengacu pada Strategi New Wave Marketing.

Penelitiani ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data – data yang berhubungan dengan penelitian didapatkan melalui observasi secara langsung, wawancara dengan informan terkait dan dokumentasi. Untuk pengembangan data guna mendapatkan keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi Sumber data yaitu Manajer Marketing, Karyawan, dan Nasabah.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa BRI Syariah Cabang Malang belum maksimal dalam menerapkan New Wave Marketing, hal ini lebih dikarenakan beberapa komponen yang ada pada New Wave Marketing belum bisa dilaksanakan secara maksimal oleh BRI Syariah Cabang Malang seperti Segmentation is Communitization, Differentiation is Codification, Brand is Character dan Proces is Collaboration. Kendala yang menjadikan belum terlaksananya beberapa komponen tersebut adalah masih adanya keterikatan antara kantor cabang dengan kebijakan yang di keluarkan oleh pimpinan pusat yang tidak bisa dirubah sedikitpun sehingga BRI Syariah Cabang Malang tidak memiliki Otoritas kebijakan, Semua kebijakan berada pada pimpinan pusat karena dikhawatirkan akan mengganggu kinerja antar tingkatan Kantor Cabang Pembantu (KCP) hingga kantor pusat. Untuk kondisi persaingan Perbankan Syariah dalam menjawab tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, BRI Syariah cabang Malang sudah berusaha menyiapkan diri dengan berbagai program handalan dan kebijakan - kebijakan strategis dalam memberikan kenyamanan, keamanan, keleluasaan dan kebaikan bagi nasabahnya. Pelayanan yang prima dan berkualitas terus dilakukan dan ditingkatkan melalui peningkatan kompetensi bagi sumber daya manusia di dalamnya. Begitu juga dengan pengelolaan dan manajemen perbankan perlu dilakukan secara komprehensif. Sehingga internalisasi pengelolaan dapat dijadikan sebagai sumber dalam pengembangan ekternalisasi perbankan melalui penyatuan program yang mempunyai akuntabilitas dan professional.

ENGLISH:

Nowadays, Industry of Islamic Banking’ competition is tightest where competitors is not only coming from the city but coming from abroad, this case is a demand for executant of Islamic banking industry especially BRI Syariah Malang limb where is in the Malang city, in order be able to compete in complex competition and not to be displaced by the competitors, therefor it needs to do breakthrough subtleties so that can compete in the market in referring to New Wave Marketing Strategy.

The research uses qualitative descriptive method. The data is related to the research to be able to find through the direct observation, informant interview which is related to and documentation. For developing data in order to gets research data validity using triangulation of datanamely Marketing Manager, Employee, and Costumers.

The Research resulting adduces that Indonesian society bank branched Malang haven’t maximized yet in implementation of New Wave Marketing, this case is caused of some components which is in New Wave Marketing that haven’t been done BRI Syariah branchedMalang such asSegmentation Is Communitization, Differentiation Is Codification, Brand Is Character dan Proces Is Collaboration.The obstacles come what haven’t done some components is extant relating between branch office to subtleties which getting out by the central leader that can’t be inconsiderable changed, that’s way it will be worried on disturbing the performance each maid branch office levels to central office. For competition condition of Islamic Banking answering ASEAN Economy Society challenges (MEA) 2015, BRI Syariah branchMalang has effort prepared with some reliable programs and strategic subtleties in giving comfort, safety, discretion and kindness for costumers. Thus superfine service and quality is increased by the competition enhancement for resource within.So the banking management needs to do comprehensive. So that developing banking appreciation through program unification accountability and professionally.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rahayu, Yayuk Sri
Keywords: New Wave Marketing; Persaingan; Competition
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 17 Aug 2015 02:00
Last Modified: 17 Aug 2015 02:00
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1515

Actions (login required)

View Item View Item