Yusuf, Imam Bakhruddin (2015) Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap empati siswa siswi SMP Negeri 7 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
09410077_Pendahuluan.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
09410077_Indonesia.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
09410077_Inggris.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
09410077_Arab.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
09410077_Bab_1.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
09410077_Bab_2.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
09410077_Bab_3.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
09410077_Bab_4.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
09410077_Bab_5.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (References)
09410077_Daftar_Pustaka.pdf Download (21kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
09410077_Lampiran.rar Download (234kB) |
||
|
Text (Summary)
09410077_Ringkasan.pdf Download (207kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dari beberapa peristiwa dan referensi yang ada, tidak dipungkiri lagi kenakalan remaja seperti tawuran dan tindakan bullying menjadi PR besar bagi dunia pendidikan khususnya sekolah untuk membuat siswa-siswinya memiliki rasa cinta kasih dan emapati terhadap sesama. Dalam bukunya Hurlock (1999 : 118) mengungkapkan bahwa empati adalah kemampuan seseorang untuk mengerti tentang perasaan dan emosi orang lain serta kemampuan untuk membayangkan diri sendiri di tempat orang lain. Kemampuan untuk empati ini mulai dapat dimiliki seseorang ketika menduduki masa akhir kanak-kanak awal (6 tahun), dengan demikian dapat dikatakan bahwa semua individu memiliki dasar kemampuan untuk dapat berempati dan hanya berbeda tingkat kedalaman dan cara mengaktualisasikannya. Penanaman rasa cinta kasih dan empati ini bisa dilakukan dalam proses belajar sehari-hari di dalam kelas maupun di luar kegiatan belajar mengajar di dalam kelas seperti ekstrakurikuler, salah satunya ekstrakurikuler pramuka.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Jember dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap empati siswa siswi kelas VII SMP Negeri 7 Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi hubungan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 48 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa Angket. Adapun pengolahan data menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana dengan bantuan komputer SPSS versi 16.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kegiatan pendidikan kepramukaan terhadap empati siswa siswi sebesar 57,3 %. Tingkat kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 7 Jember berada pada dalam kategori sedang yakni 67 % atau 32 orang. Sedangkan sisanya berada pada kategori tinggi yakni 19,5% atau 10 orang, dan kategori rendah sebesar 13,5 % atau 6 orang. Sedangkan pada Tingkat empati siswa siswi di SMP Negeri 7 Jember berada pada kategori sedang yaitu 67% atau 32 orang. Sedangkan sisanya berada pada kategori tinggi sebesar 19% atau 9 orang, dan kategori rendah yaitu 14 % atau 7 orang. Terdapat hubungan positif dan pengaruh yang signifikan antara ekstrakurikuler pramuka dengan empati siswa siswi. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r yang positif sebesar 0.763 dengan p (0,000) < 0.05. Hal ini berarti hipotesis diterima.
ENGLISH:
Comes from some events and existing references, no doubt that juvenile delinquency and bullying be a great “Homework” in education sector, especially for school to make the students having a sense of love and empathy for others. Hurlock says in his book (1999: 118), that empathy is the ability to understand other people's feelings and emotions and the ability to imagine their self in the perspective of other people. This empathy ability can be have when occupying the end of early childhood (6 years), then, it can be said that all individuals have the basic ability to be able to empathize, in different levels of depth and how to actualize. Making a sense of compassion and empathy can be done in daily learning process in the classroom and outside the classroom such as extracurricular, one of it is extracurricular scout.
This research was conducted in SMP 7 Jember in order to determine the Influence of Scout toward Student’s Empathy of Junior High School 7 Jember. The method that used in this research is descriptive method with the form of research studies in the form of relationship. Participant for this research are 48 students. The data collection techniques that used by researchers is the technique of indirect communication with a data collection tool in the form of Questionnaire. The collecting data processing is using Simple Linear Regression Analysis with the help of SPSS version 16.
From the results of this research note that the results of the analysis of the data showed that there is influence between empathy educational activities scouting for students of 57.3%. The level of scouting activities in SMP 7 Jember is at the middle category of 67% or 32 people. Whereas the rest of the students are in the high category of 19.5% or 10 people, and low categories of 13.5% or 6 people. While the level of student’s emphaty in Junior High School 7 Jember in middle category is 67% or 32 people. Whereas the rest of the students are in the high category by 19% or 9 people, and low categories, namely 14% or 7 people. There is a positive relationship and significant relationship between extracurricular scout with student’s emphaty. This is indicated by a positive coefficient r of 0763 with p (0.000) <0.05. This means that the hypothesis is accepted.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ardani, Tristiadi Ardi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Ekstrakurikuler Pramuka; Kegiatan Kepramukaan; Empati; Extracurricular Scout; Scouting activities; Empathy | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Dwi Aprilia Gendhis | ||||||
Date Deposited: | 17 Aug 2015 12:36 | ||||||
Last Modified: | 17 Aug 2015 12:36 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1477 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |