Maryam, Siti (2015) Self efficacy anak didik pemasyarakatan di Lapas anak kelas IIA Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
11410061_Pendahuluan.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
11410061_Indonesia.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
11410061_Inggris.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
11410061_Arab.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
11410061_Bab_1.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
11410061_Bab_2.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
11410061_Bab_3.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
11410061_Bab_4.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
11410061_Bab_5.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (References)
11410061_Daftar_Pustaka.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (Appendices)
11410061_Lampiran.pdf Download (689kB) | Preview |
|
|
Text (Summary)
11410061_Ringkasan.pdf Download (398kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Anak didik pemayarakatan adalah anak yang menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 pasal 1 angka 8, terdapat tiga macam anak didik pemayarakatan yaitu: anak pidana, anak negara, dan anak sipil. Pada penelitian ini diambil anak pidana yaitu anak yang berdasarkan putusan pengadilan menjalani pidana di Lembaga Pemsyarakatan Anak paling lama sampai berumur 18 (delapan belas) tahun. Anak didik pemasyarakatan ini memiliki masalah-masalah yang dihadapi dalam proses pembinaan, mulai dari hilangnya kebebasan, pola kehidupan yang berbeda, hak-hak yang dibatasi hingga sebuah label “penjahat” dalam diri mereka. Bukanlah hal mudah bagi mereka untuk menjalani masa pembinaan, keyakinan akan kemampuan diri mereka dan dukungan dari orang-orang terdekat sangat diperlukan untuk membantu mereka menjalani masa-masa yang kurang baik ini.
Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk mengetahui tingkat efikasi diri anak didik pemasyarakatan (2) untuk mengetahui masalah yang dihadapi anak didik pemasyaraktan (3) untuk mengetahui pendukung efikasi diri anak didik pemasyarakatan (4) untuk mengetahui efikasi diri anak didik pemasyaraktan saat mengalami permasalahan.
Self efficacy adalah kepercayaan seseorang akan kemampuan dirinya dalam mengatur, menguasai suatu keadaan, dan mencapai keberhasilan dalam mengatasi situasi. Dalam self efficacy terdapat tiga dimensi yaitu dimensi tingkat level, kekuatan dan generality. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan skala GSE (General Self-Efficacy) yang terdiri dari 10 aitem dan kuesioner terbuka yang terdiri dari 8 pertanyaan. Skala dan kuesioner tersebut dibagikan pada 77 anak didik pemasyarakatan di LAPAS Klas IIA Blitar. Analisa yang digunakan menggunakan SPSS 20.00 dan pengkategorisasian manual pada kuesioner terbuka.
Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut adalah efikasi diri dengan prosentase tinggi 3%, sedang 39%, dan rendah 58%. Masalah yang dihadapi antara lain masuk penjara, kendali diri, kebahagiaan, masalah dalam keluarga, jauh dari keluarg, uang, konflik, menjadi diri sendiri, kehilangan orang yang dicintai. Bantuan yang diperoleh yaitu dari keluarga, sahabat, kepala desa, dll. Efikasi diri anak didik pemasyarakatan kurang baik karena usaha-usaha yang mereka lakukan adalah bentuk usaha yang pasif seperti berdoa, berusaha, bersabar, pasrah, santai, menghindar, melupakan, sharing, dan musyawarah.
ENGLISH:
According to UU No. 12, 1995 article 1 point 8, child prisoner is divided into three kinds, namely: criminal child, the child state, and civil child. In this study, criminal children were taken are children who undergo criminal court decisions based on the Institute of prison children longest until the age of 18 (eighteen) years old. The child prisoners have problems encountered in the process of development, it starts from the loss of freedom, a diverse habit, limited rights, and as a “criminal” which labelled to them. It is not easy for them to undergo a period of coaching, the faith of their self-confidence and the supports from their closest people are needed in order to help them to undergo this unfavourable period.
This research has several purposes, they are: (1) to determine the level of self-efficacy of the child prisoners (2) to assess the problems faced by the child prisoners (3) to know the self-efficacy of self-supporting child prisoners (4) to reveal the child prisoners self-efficacy in experiencing problems.
In addition, self-efficacy is a person's belief in the ability of him to regulate, to control a situation, and to achieve success in overcoming the situation. In self-efficacy there are three dimensions, those are: dimension of level, strength and generality. For this study, the researcher uses a quantitative approach with employing GSE scale (General Self-Efficacy). This GSE scale consists of 10-items and open questionnaire which consisting of 8 questions. Furthermore, the scale and the questionnaire are distributed to the 77 child prisoners of Class IIA prison for children in Blitar. Moreover, this analysis uses SPSS 20:00 and manually categorization on open questionnaire.
The results which obtained from that study are self-efficacy with a high percentage of 3%, 39% average, and 58% lower. Problems encountered include imprisonment, self-control, happiness, problems in the family, far away from the family, money, conflict, being their own selves, losing of loved ones. The assistance which obtained are from family, friends, village heads, etc. Self-efficacy of the child prisoners is far from good because they just do passive efforts, such as praying, trying, being patient, giving up, relax, escaping, forgetting, sharing, and deliberation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nuqul, Fathul Lubabin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Self-Efficacy; Anak didik Pemasyarakatan; Self-Efficacy; Child Prisoners | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Dwi Aprilia Gendhis | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2015 10:50 | ||||||
Last Modified: | 10 Aug 2015 10:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1236 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |