Ahady, Nadzifah Rose (2014) Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa kelas VII di SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari yang berdomisili di pondok pesantren. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
10410020_Pendahuluan.pdf Download (759kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
10410020_Indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
10410020_Inggris.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
10410020_Arab.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
10410020_Bab_1.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
10410020_Bab_2.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
10410020_Bab_3.pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
10410020_Bab_4.pdf Download (883kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
10410020_Bab_5.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (References)
10410020_Daftar_Pustaka.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (Appendices)
10410020_Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Summary)
10410020_Ringkasan.pdf Download (406kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pada proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar adalah kegiatan yang paling utama. Faktor yang mempengaruhi prestasi siswa adalah motivasi belajar. Motivasi tersebut bisa didapatkan dari orang lain selain dari dirinya sendiri. Diantaranya berasal dariteman sebaya. Dukungan sosial menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar. Siswa yang berada di SMP Islam Almaarif Singosari 01 ini tidak hanya berasal dari Singosari sendiri. Siswa yang bukan berasal dari Singosari bertempat tinggal di pondok pesantren. Karena bertempat tinggal di pondok pesantren, intensitas bertemu dengan orang tua minim, maka dukungan sosial yang berasal dari orang tua juga tidak maksimal. Siswa yang berdomisili di pesantren kesehariannya berinteraksi dengan teman sebaya. Secara otomatis hanya mendapatkan dukungan sosial dari teman sebaya saja.
Dari sini peneliti ingin meneliti: (1) bagaimana tingkat dukungan sosial teman sebaya pada siswa kelas VII SMP Islam Al-Maarif Singosari 01 Malang yang berdomisili di pondok pesantren. (2) bagaimana tingkat motivasi belajar siswa pada siswa kelas VII SMP Islam Al-Maarif Singosari 01 Malang yang berdomisili di pondok pesantren. (3) apakah ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari yang berdomisili di pondok pesantren. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) tingkat dukungan sosial teman sebaya pada siswa kelas VII SMP Islam Al-Maarif Singosari 01 Malang yang berdomisili di pondok pesantren. (2) tingkat motivasi belajar siswa pada siswa kelas VII SMP Islam Al- Maarif Singosari 01 Malang yang berdomisili di pondok pesantren. (3) hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari yang berdomisili di pondok pesantren.
Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kuntitatif dengan jenis penelitian kolerasional. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Almaarif 01 Singosari yang berdomisili di pondok pesantren. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisa validitas dan reliabilitasnya kemudian dikategorisasikan dan dilakukan analisis kolerasi product moment.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat hasil analisa siswa kelas VII SMP Islam Almaarif 01 Singosari memiliki tingkat dukungan sosial teman sebaya yang rendah dengan prosentase 66 % dan memiliki tingkat motivasi belajar yang sedang dengan prosentase 62 %. Kolerasi antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar adalah 0.489, dengan taraf signifikan sebesar 0.000, dan arah hubungan (r) adalah positif, artinya semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa kelas VII SMP Islam Almaarif Singosari 01.
ENGLISH:
On education process of school, learning activity is most primary activity. Learning motivation is a factor to influencing students achivement. It can be rised fromself aside from another person. It is including peers. Social support becomes one factor that can influence to larning motivation. The students of SMP Islam Al-Maarif Singosari 01 not only come from singosari. The students that not come from Singosari are residing on Pondok Pesantren. Caused of regarding on Pondok Pesantren, students are having low frequenced to meet their parents, so the social support from their parents is not optimally. The students that regarding in pesantren uses to interact peers. Automatically, they get social support from peers only.
According to description above, researcher wants to know about: (1) how social support of peers to student leveled; specially students VII class of SMP Islam Al-Maarif Singosari 01 Malang that regarding on Pondok Pesantren. (2) How learning motivation of students VII class of SMP Islam Al-Maarif Singosari 01 Malang that regarding on Pondok Pesantren leveled. (3) Is there any corelation between social support of peers and learning motivation of student students VII class of SMP Islam Al-Maarif Singosari 01 Malang that regarding on Pondok Pesantren. The research exploring about (1) social support level of peer to students VII class of SMP Islam Al-Maarif Singosari 01 Malang that regarding on Pondok Pesantren. (2) Learning motivation level of students VII class of SMP Islam Al-Maarif Singosari 01 Malang that regarding on Pondok Pesantren. (3)Social support of peer and learning motivation corelation; specially students VII class of SMP Islam Al-Maarif Singosari 01 Malang that regarding on Pondok Pesantren.
The research is a correlational quantitative research. The sampel are students VII class of SMP Islam Al-Maarif Singosari 01 Malang that regarding on Pondok Pesantren. In this research, questionnaire used for exploring data. the data analised for it’s validity and reliability, then it categorised and analised by correlational product moment method.
According to the implemented research, the result explains that students VII class of SMP Islam Al-Maarif Singosari 01 Malang have low level on social support of peer(66%) and normal level on learning motivation(62%). The correlation between social support of peers and learning motivation is 0.489, with 0.000 signification and positive direction(r positive), its expalains, if more high social support of peers leveled, more high leveled learning motivation students VII class of SMP Islam Al-Maarif Singosari 01 Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mahmudah, Siti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Dukungan sosial teman sebaya; motivasi belajar; social support of peers; learning motivation | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2015 09:26 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2015 09:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1214 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |