Hikmah, Hikmah (2014) استخدام الطريقة الإيحائية لترقية مهارة الاستماع فى مدرسة "الرحمن" المتوسطة للبنات بمالانج جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12720025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Setelah memperhatikan pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama “Ar-Rohmah” Diniyyah Dau Malang peneliti melihat bahwa sebagian besar siswa belum mampu menyimak kata, kalimat, membedakan maksud pembicaraan, dan memahami apa yang di perdengarkan. Hal ini disebabkan karena latar belakang sekolah siswa yang notabene berasal dari sekolah dasar negeri dimana pelajaran bahasa Arab adalah hal baru bagi mereka. Walaupun sebagian dari mereka telah mempelajari bahasa Arab, namun kapasitas kemampuan mereka masih sangat minim serta lemahnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode yang dapat menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran bahasa Arab, yaitu metode sugestopedia untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa, dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada tiga aspek kemampuan menyimak, yaitu: (1) kemampuan menyimak kata (2) kemampuan menyimak “an-nabr” dalam sebuah kalimat, dan (3) kemampuan menyimak sebuah naskah yang diperdengarkan.
Metodologi penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan alat instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: (1) pre test dan post test (2) observasi dan (3) angket. Peneliti melakukan berbagai analisa data yaitu: (1) uji normalitas data (2) uji homogenitas data (3) analisa hasil pre test (4) analisa hasil post test (5) analisa hasil sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan, dan (6) analisa perbandingan hasil akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) penggunaan metode sugestopedia yang sudah dilakukan oleh peneliti berjalan dengan efektif dalam pembelajan bahasa Arab untuk kemahiran menyimak. (2) penggunaan metode sugestopedia dalam aspek menyimak kata tidak efektik pada kelas eksperimen 1, tetapi efektif pada kelas eksperimen 2. (3) penggunaan metode sugestopedia dalam aspek menyimak “an-nabr” dalam kalimat efektik pada kelas eksperimen 1 dan 2. (3) penggunaan metode sugestopedia dalam aspek menyimak untuk pemahaman sebuah naskah efektif pada kelas eksperimen 1 dan 2.
ABSTRACT
Having regard to learning Arabic in Junior High School "Ar-Rohmah" diniyyah Dau Malang a researcher noticed that most of the students have not been able to listen to the words, sentences, distinguishing intent conversation, and understand what is played. This was due to the background of school of the students are in fact derived from public elementary schools where Arabic lesson is something new for them. Although some of them have studied Arabic, but their capacity is very limited of capabilities and lack of student interest in following the Arabic lessons. Therefore, researcher conducted a research using a method that can attract the attention of the students to attend classes in Arabic, which is methods suggestopedic to improve students' listening skills, in this case, researchers focused on three aspects of listening skills, there are : (1) the ability to listen words (2) the ability to listen "an-nabr" in a sentence, and (3) the ability to listen a script that is played.
The methodology on this case uses experimental design by using experimental class and control class with a quantitative approach. While the instrument used to collect the data are (1) pre-test and post-test (2) observation and (3) questionnaire. Researcher performs various data analysis are: (1) test for normality of data (2) test the homogeneity of data (3) the analysis of the results of pre-test (4) analysis of post-test results (5) analysis of the results before treatment and after treatment, and (6) a comparative analysis the final results and the experimental class control classThe result is (1) The suggestopedia method which has been prepared by the researcher in terms of implementation appropriate to upgrade the skill of the students listen first chapter medium. (2) The impact of the use of the suggestopedia method to measure the ability of the learner to hear the right word for students at “Ar-Rohmah” junior high school dau Malang (class eksperiment 1) is not effective but for (class eksperiment 2) is effective (3) The impact of the use of suggestopedia method to measure the ability of students to discern Naber in sentences for students at “Ar-Rohmah” junior high school dau Malang is effective (eksperiment 1 and 2). (4) The impact of the use of suggestopedia method in measuring accept Arab piece read normal speed for students at “Ar-Rohmah” junior high school dau Malang is effective (eksperiment 1 and 2).
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wargadinata, Wildana and Bakheet, Bakri Mohammed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | الطريقة الإيحائية; مهارة الاستماع; suggestopedic methods; listening skills; metode sugestopedia; keterampilan menyimak. | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2017 15:24 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 14:31 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8241 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |