Azizi, Noer (2012) Konsep interaksi edukatif antara guru dan murid perspektif KH. Hasyim Asy’ari. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09770015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Manusia sebagai makhluk sosial dalam menjalani kehidupannya butuh berinteraksi dengan manusia lain. Terjadinya hubungan tersebut diasumsikan bahwa manusia sebagai makhluk yang dibekali dengan fitrah kesempurnaan (fi ahsani taqwim) oleh Allah SWT. tidak mampu memenuhi hajat kehidupannya sendiri, sehingga interaksi dengan orang lain adalah sebuah keniscayaan yang tidak terbantahkan. Oleh karena itu, interaksi antara manusia selalu mempuanyai motif-motif tertentu untuk memenuhi tuntutan hidup dan kehidupan mereka masing-masing. yakni interaksi yang dengan sadar meletakkan tujuan untuk mengubah tingkah laku dan perbuatan seseorang. Interaksi yang bernilai pendidikan ini disebut dengan "interaksi edukatif".
Dunia pendidikan yang dianggap sebagai solusi terhadap permasalahan dunia modern masih mencari bingkai ideal dalam mencipkatakan manusia yang berkualitas, tidak hanya memiliki intelektual yang membanggakan tetapi juga mempunyai akhlakul karimah. Guru sebagai tokoh central diharapkan mampu menciptakan interaksi edukatif dengan peserta didik, tidak hanya menganggap tugas utamanya adalah mentransmisikan pengetahuan, lebih dari itu seorang guru harus mampu menjadi top model (panutan yang baik) bagi para peserta didik yang memperhatikan aspek nilai (transfer of value). Namun realitasnya, tanggung jawab dan tugas seorang guru masih dipertanyakan. Peran mereka sebagai fasilitator berujung pada sebuah kontak sosial sesat ketika hanya berada diruang kelas.
Berdasarkan hal tersebut, tesis ini bertujuan mengupas Konsep Interaksi Edukatif antara Guru dan Murid Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dan relevanasi dalam pendidikan Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa pendekatan yang digunakan penulis, yaitu metode pembahasan yang meliputi metode library research, yaitu dengan menghimpun informasi dari berbagai literatur, setelah itu dipelajari dan diteliti serta dipilah-pilah berdasarkan tema yang sesuai kajian dan dianalisis menggunakan content analysis (analisis isi).
Berdasarkan hasil dari analaisis penulis bahwa Konsep interaksi edukatif antara guru dan murid perspektif KH. Hasyim Asy’ari adalah adanya keterikatan secara intens dan erat tidak hanya dalam artian secara lahir, akan tetapi juga secara batin (alaqah batiniyah) yang dilandasi religios-etich untuk keberhasilan proses belajar mengajar. Suatu hal yang menjadi ciri khas interaksi guru dan murid disini, yaitu dimana murid-murid tidak hanya diajarkan materi di kelas, tetapi juga dilakukan pengamatan terhadap aktualisasi hasil pengajaran di kelas pada realitas kehidupan murid.
ENGLISH:
Social human beings need to live their lives interacting with other human beings. The relationship is assumed that human beings endowed with the nature of perfection (fi ahsani taqwim) by Allah SWT. unable to meet the basic need of life itself, so that interaction with others is an undeniable necessity. Therefore, the interaction between humans always mempuanyai certain motives to meet the demands of life and their own lives. the interaction knowingly put the goal to change one's behavior and actions. Educational value of interaction is called "educative interaction".
The world of education is considered as a solution to the problems of the modern world is still looking for the ideal frame mencipkatakan quality human, not only has the intellectual property but also have akhlakul karimah. Teachers as the central figure is expected to create educational interactions with students, not only considers its main task is to transmit knowledge, more than that a teacher should be able to be a top model (good role models) to learners who pay attention to aspects of value (transfer of value) . But in reality, the responsibility and the duty of a teacher is still questionable. Their role as facilitators of social contact leads to a misguided when just being classroom.
Accordingly, this thesis aims to peel Educational Concepts Interaction between Teacher and Student Perspectives KH. Hasyim Asy'ari and relevanasi in education in Indonesia. To achieve these objectives, there are several approaches used by the author, the method of discussion include methods of library research, by gathering information from a variety of literature, then studied and researched and compiled to the appropriate theme based study and analyzed using content analysis (analysis content).
Based on the results of the authors that the concept analaisis educational interaction between teachers and students perspectives KH. Hasyim Asy'ari was the attachment is intense and closely not only in terms of the birth, but also in spirit (alaqah Baatinites) based religios-etich to the success of the learning process. One thing that characterizes the interaction of teachers and students here, that is where the students are not only taught the material in class, but also made observations on the actualization of the teaching in the classroom to the realities of life students.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto and Abidin, Munirul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Interaksi Edukatif; Guru dan Murid; KH Hayim Asy’ari; Educational Interaction; Teachers and Students | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2017 19:46 | |||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2017 19:46 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7870 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |