Saleh, Mufliha Rahma M (2025) Manajemen Program Sekolah Penggerak (PSP) berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Timur. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
210106110100.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merupakan fondasi utama dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan Program Sekolah Penggerak (PSP) sebagai bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka. Program ini bertujuan mendorong transformasi pembelajaran yang berpusat pada murid melalui pelatihan, pendampingan, dan penguatan ekosistem pendidikan. Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Timur sebagai salah satu pelaksana utama program memiliki peran strategis dalam mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dan mendukung pengelolaan program secara efektif dan berkelanjutan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen Program Sekolah Penggerak berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di BBGP Jawa Timur, dengan fokus pada perencanaan, implementasi, dan evaluasi program. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan harapan dapat memberikan kontribusi akademis dan praktis terhadap peningkatan kualitas manajemen program pendidikan di tingkat regional.
Hasil penelitian mengungkap bahwa seluruh tahapan manajemen dalam Program Sekolah Penggerak di BBGP Jawa Timur menunjukkan pola pelaksanaan yang sistematis dan terintegrasi. Proses perencanaan dilakukan dengan pendekatan partisipatif yang mempertimbangkan data dan kebutuhan lokal; implementasi dijalankan melalui berbagai bentuk pelatihan dan pendampingan yang melibatkan banyak pihak serta memanfaatkan dukungan teknologi informasi; sementara evaluasi dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai upaya memastikan ketercapaian tujuan program. Ketiga aspek ini saling berkaitan dan menjadi fondasi utama dalam mendukung keberhasilan program dalam meningkatkan kualitas pendidikan berbasis Kurikulum Merdeka.
ENGLISH:
Education serves as a fundamental pillar in shaping high-quality and competitive human resources. In an effort to improve the quality of national education, the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology launched the Sekolah Penggerak Program (PSP) as part of the implementation of the Merdeka Curriculum. This program aims to drive student-centered learning transformation through training, mentoring, and strengthening of the educational ecosystem. The Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) of East Java, as one of the main implementing institutions, plays a strategic role in enhancing the competencies of educators and supporting the effective and sustainable management of the program.
This study aims to describe and analyze the management of the Sekolah Penggerak Program based on the Merdeka Curriculum at BBGP East Java, focusing on the planning, implementation, and evaluation stages. A descriptive qualitative approach was employed, with data collected through interviews, observations, and documentation. This research is expected to contribute both academically and practically to the improvement of educational program management at the regional level.
The findings reveal that all management stages of the program are implemented in a systematic and integrated manner. The planning process applies a participatory and data-driven approach tailored to local needs; implementation is carried out through various training and mentoring activities involving multiple stakeholders and supported by digital technologies; while evaluation is conducted continuously to ensure the achievement of program goals. These three components are interconnected and form the foundation for the successful realization of educational quality improvement under the Merdeka Curriculum.
ARABIC:
ٱلتَّرۡبِيَةُ هِيَ ٱلۡأَسَاسُ ٱلۡأَوَّلُ لِتَشۡكِيلِ مَوَارِدَ بَشَرِيَّةٍ مُّتَفَوِّقَةٍ وَتَنَافُسِيَّةٍ وَمِنۡ أَجۡلِ ٱلۡٱرۡتِقَاءِ بِجَوْدَةِ ٱلتَّعۡلِيمِ ٱلۡوَطَنِيِّ، أَطۡلَقَتۡ وَزَارَةُ ٱلتَّرۡبِيَةِ وَٱلثَّقَافَةِ وَٱلۡبَحۡثِ وَٱلتِّكْنُولُوجْيَا بَرۡنَامَجَ "مَدْرَسَةِ تَعْلِيمِ ٱلۡقِيَادَةِ" فِي سِيَاقِ تَنْفِيذِ ٱلۡمَنَاهِجِ ٱلۡمُسْتَقِلَّةِ. يَهۡدِفُ هَذَا ٱلۡبَرۡنَامَجُ إِلَى تَشۡجِيعِ ٱلۡتَّحَوُّلِ فِي نَمَاذِجِ ٱلۡتَّعَلُّمِ مِنۡ خِلَالِ تَعۡزِيزِ ٱلۡتَّعَلُّمِ ٱلۡمُتَمَحۡوِرِ حَوۡلَ ٱلطَّالِبِ، وَتَوۡفِيرِ ٱلۡتَّدۡرِيبِ وَٱلۡتَّوْجِيهِ، وَتَطۡوِيرِ ٱلۡبِيئَةِ ٱلۡتَّعۡلِيمِيَّةِ ٱلدَّاعِمَةِ يُعَدُّ مَرۡكَزُ حَرَكَةِ ٱلۡمُعَلِّمِينَ فِي جَاوَةَ ٱلشَّرۡقِيَّةِ أَحَدَ ٱلۡجِهَاتِ ٱلرَّئِيسَةِ ٱلۡمُنَفِّذَةِ لِهٰذَا ٱلۡبَرۡنَامَجِ، وَلَهُ دَوۡرٌ إِسۡتۡرَاتِيجِيٌّ فِي تَطۡوِيرِ كَفَاءَةِ ٱلۡكَوَادِرِ ٱلتَّرۡبَوِيَّةِ وَدَعۡمِ إِدَارَةِ ٱلۡبَرۡنَامَجِ بِشَكۡلٍ فَعَّالٍ وَمُسۡتَدَامٍ.
تَهۡد ِفُ هٰذِهِ ٱلدِّرَاسَةُ إِلَى وَصۡفِ وَتَحۡلِيلِ إِدَارَةِ بَرۡنَامَجِ ٱلۡمَدَارِسِ ٱلۡمُسۡتَقِلَّةِ ٱلۡقَائِمِ عَلَى ٱلمَنَاهِجِ ٱلدِّرَاسِيَّةِ فِي مَرۡكَزِ حَرَكَةِ ٱلۡمُعَلِّمِينَ ٱلرَّئِيسِيِّ فِي جَاوَةَ ٱلشَّرۡقِيَّةِ، مَعَ ٱلۡتَّرۡكِيزِ عَلَى مَرَاحِلِ ٱلۡتَّخۡطِيطِ وَٱلۡتَّنۡفِيذِ وَٱلۡتَّقۡيِيمِ. وَتَعۡتَمِدُ ٱلدِّرَاسَةُ عَلَى ٱلۡمَنۡهَجِ ٱلۡوَصۡفِيِّ ٱلنَّوْعِيِّ، مِنۡ خِلَالِ جَمۡعِ ٱلۡبَيَانَاتِ بِوَاسِطَةِ ٱلۡمُقَابَلَاتِ، وَٱلۡمُلَاحَظَةِ، وَٱلۡتَّوۡثِيقِ. وَقَدۡ أُجۡرِيَ هٰذَا ٱلۡبَحۡثُ بِهَدَفِ تَقۡدِيمِ مُسَاهَمَاتٍ أَكَادِيمِيَّةٍ وَعَمَلِيَّةٍ لِتَحۡسِينِ جَوۡدَةِ إِدَارَةِ ٱلۡبَرَامِجِ ٱلۡتَّعۡلِيمِيَّةِ عَلَى ٱلۡمُسۡتَوَى ٱلۡوَطَنِيّۡ .
تُشِيرُ نَتَائِجُ ٱلدِّرَاسَةِ إِلَى أَنَّ جَمِيعَ مَرَاحِلِ ٱلۡإِدَارَةِ فِي ٱلۡبَرۡنَامَجِ تُنَفَّذُ وَفۡقَ نَمَطٍ مَنْهَجِيٍّ وَمُتَكَامِلٍ. يُتَمُّ ٱلۡتَّخۡطِيطُ بِأُسۡلُوبٍ تَشَارُكِيٍّ يَأۡخُذُ بِعَيْنِ ٱلۡٱعۡتِبَارِ ٱلۡبَيَانَاتِ وَٱلۡٱحۡتِيَاجَاتِ ٱلۡمَحَلِّيَّةِ. أَمَّا ٱلۡتَّنۡفِيذُ، فَيَتِمُّ مِنۡ خِلَالِ مَجۡمُوعَةٍ مُتَنَوِّعَةٍ مِنَ ٱلۡأَنْشِطَةِ ٱلۡتَّدۡرِيبِيَّةِ وَٱلۡإِرۡشَادِيَّةِ، بِمُشَارَكَةِ مُخْتَلِفِ ٱلۡأَطۡرَافِ وَبِٱلۡٱسۡتِفَادَةِ مِنۡ دَعۡمِ تِكْنُولُوجْيَا ٱلۡمَعۡلُومَاتِ. كَمَا يُتَمُّ إِجۡرَاءُ ٱلۡتَّقْيِيمِ بِشَكۡلٍ دَوۡرِيٍّ وَمُسۡتَمِرٍّ لِضَمَانِ تَحْقِيقِ أَهْدَافِ ٱلۡبَرۡنَامَجِ. وَتُشَكِّلُ هٰذِهِ ٱلۡجَوَانِبُ ٱلثَّلَاثَةُ (ٱلۡتَّخۡطِيطُ، ٱلۡتَّنۡفِيذُ، وَٱلۡتَّقۡيِيمُ) ٱلۡأَسَاسَ ٱلرَّئِيسَ لِنَجَاحِ ٱلۡبَرۡنَامَجِ فِي تَحۡسِينِ جَوۡدَةِ ٱلۡتَّعۡلِيمِ ٱلۡقَائِمِ عَلَى ٱلۡمَنَاهِج ٱلۡمُسْتَقِلَّة
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Hasanah, Siti Ma'rifatul |
Keywords: | Manajemen; Program Sekolah Penggerak; Kurikulum Merdeka; BBGP Jawa Timur; Management; the Transformational School Program; Merdeka Curriculum; Balai Besar Guru Penggerak East Java; الإدارة; برنامج المدرسة الرائدة; المنهج التعليمي الحر; المركز الوطني لتطوير المعلمين |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mufliha Rahma Muhammad Saleh |
Date Deposited: | 09 May 2025 13:36 |
Last Modified: | 09 May 2025 13:36 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/74491 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |