Responsive Banner

Pengaruh user-generated content terhadap purchase intention melalui brand image sebagai variabel intervening pada produk Mie Gacoan: Studi pada generasi Z di Kota Malang

Azzahro, Siti Fatimah (2025) Pengaruh user-generated content terhadap purchase intention melalui brand image sebagai variabel intervening pada produk Mie Gacoan: Studi pada generasi Z di Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
200501110242.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA

Inovasi digital dalam pemasaran telah memungkinkan konsumen untuk lebih terlibat dalam pembentukan citra merek melalui User-Generated Content (UGC). UGC, yang terdiri dari ulasan, rekomendasi, dan konten media sosial yang dibuat oleh konsumen, memainkan peran penting dalam mempengaruhi persepsi konsumen terhadap merek. Di era digital ini, brand image memiliki peran krusial dalam membentuk kepercayaan dan minat beli purchase intention. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh UGC terhadap purchase intention dengan brand image sebagai variabel intervening. UGC yang positif dapat memperkuat citra merek, yang pada akhirnya meningkatkan niat beli konsumen. Dengan demikian, semakin banyak konten positif yang dihasilkan oleh konsumen, semakin besar pula kemungkinan konsumen lain untuk tertarik dan memiliki niat membeli produk tersebut. Platform digital yang memanfaatkan UGC secara efektif mampu menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih otentik, sehingga memperkuat hubungan antara konsumen dan merek.

Metode penelitian kuntitatif dipilih dalam penelitian ini dengan media koesioner menjadi alat pengumpulan data. Terdapat 130 responden yang pernah melihat konten berupa UGC produk Gacoan yang merupakan generasi Z yang berusia 19-27 tahun di Kota Malang. Responden yang dipilih ditentukan menggunakan purposive sampling. Structural Equation Modeling (SEM) dipilih sebagai alat analisis data menggunakan bantuan aplikasi SmartPLS versi 3.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UGC berpengaruh signifikan terhadap brand image, brand image juga berpengaruh sinifikan terhadap purchase intention, UGC juga berpengaruh signifikan terhadap purchase intention melalui brand image produk Mie Gacoan pada Generasi Z di Kota Malang.

ENGLISH

Digital innovation in marketing has enabled consumers to be more
involved in shaping brand image through User-Generated Content (UGC). UGC, which consists of reviews, recommendations, and social media content created by consumers, plays an important role in influencing consumer perceptions of brands. In this digital era, brand image has a crucial role in shaping trust and purchase intention. This study aims to analyze the effect of UGC on purchase intention with brand image as an intervening variable. Positive UGC can strengthen brand image, which ultimately increases consumer purchase intention. Thus, the more positive content generated by consumers, the greater the likelihood that other consumers will be interested and have the intention to buy the product. Digital platforms that utilize UGC effectively are able to create a more authentic customer experience, thereby strengthening the relationship between consumers and brands.

The quantitative research method was chosen in this study with
questionnaire media as a data collection tool. There were 130 respondents who had seen content in the form of UGC of Gacoan products who were generation Z aged 19-27 years in Malang City. The selected respondents were determined using purposive sampling. Structural Equation Modeling (SEM) was chosen as a data analysis tool using the help of the SmartPLS version 3.0 application.

The results of this study indicate that UGC has a significant effect on brand image, brand image also has a significant effect on purchase intention, UGC also has a significant effect on purchase intention through the brand image of MieGacoan products on Generation Z in Malang City.

ARABIC

ل نّكم راكتبلاا يمقرلا في لامج قيوستلا ينكلهتسلما نم ةكراشلما لكشب بركأ في نيوكت ةروص ةملاعلا ةيراجتلا نم للاخ ىوتلمحا
يذلا هئشني مدختسلما (UGC). بعلي ىوتلمحا يذلا هئشني ،نومدختسلما يذلاو نوكتي نم تاعجارلما تايصوتلاو ىوتمحو
طئاسولا ةيعامتجلاا يذلا هأشنأ ،نوكلهتسلما ا ً رود ا ً مهم في يرثأتلا ىلع تاروصت ينكلهتسلما تاملاعلل ةيراجتلا . في اذه رصعلا
،يمقرلا بعلت ةروص ةملاعلا ةيراجتلا ا ً رود ا ًسماح في نيوكت ةقثلا ةينو ءارشلا . فدهي اذه ثحبلا لىإ ليلتح يرثتأ ىوتلمحا يذلا هئشني
نومدختسلما ىلع ةين ءارشلا عم ةروص ةملاعلا ةيراجتلا يرغتمك ت يلخد . نكيم نأ يدؤي ىوتلمحا بيايجلإا يذلا هئشني نومدختسلما لىإ
زيزعت ةروص ةملاعلا ،ةيراجتلا امم يدؤي في ةياهنلا لىإ ةدياز يااون ءارشلا ىدل كلهتسلما . ،لياتلباو املك داز ىوتلمحا بيايجلإا يذلا
هجتني ،نوكلهتسلما داز لامتحا مامتها ينكلهتسلما نيرخلآا مهيدلو ةينلا ءارشل جتنلما . نإ تاصنلما ةيمقرلا تيلا مدختست ىوتلمحا
يذلا هئشني نومدختسلما لكشب لاعف ةرداق ىلع ءاشنإ براتج رثكأ ةيعقاو ،ءلامعلل لياتلباو زيزعت ةقلاعلا ينب ينكلهتسلما
تاملاعلاو ةيراجتلا .
ت رايتخا ةقيرط ثحبلا يمكلا في اذه ثحبلا مادختسبا لئاسو نايبتسلاا دأك ةا عملج تناايبلا . ناك كانه 130 اًكراشم اودهاش
ىوتمح ىلع لكش ىوتمح هئشني نومدختسلما تاجتنلم Gacoan نيذلاو نومتني لىإ ليلجا Z نيذلاو حواترت مهرامعأ ينب 19
و 27 ا ً ماع في ةنيدم جنلاام . ت ديدتح ينبيلمجا نيراتخلما مادختسبا ذخأ تانيعلا ةفدالها . ت رايتخا ةجذنم لما تلاداع ةيلكيلها
(SEM) ةادأك ليلحتل تناايبلا مادختسبا قيبطت SmartPLS رادصلإا 3.0 .
رهظت جئاتن اذه ثحبلا نأ UGC هل يرثتأ يربك ىلع ةروص ةملاعلا ،ةيراجتلا امك نأ ةروص ةملاعلا ةيراجتلا اله ا ًضيأ يرثتأ يربك
ىلع ةين ،ءارشلا امك نأ UGC اله ا ًضيأ يرثتأ يربك ىلع ةين ءارشلا نم للاخ ةروص ةملاعلا ةيراجتلا تاجتنلم Mie Gacoan
ينب ل

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Vania, Amelinda
Keywords: Konten yang dibuat pengguna; Citra Merek; Niat Pembelian; User-Generated Content; Brand Image; Purchase Intention; ا يذلا هئشني ،مدختسلما ةروص ةملاعلا ،ةيراجتلا ةين ء
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Siti Fatimah Azzahro
Date Deposited: 11 Apr 2025 14:24
Last Modified: 11 Apr 2025 14:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/73434

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item