Ridlo, Muhammad Husnur (2023) Strategi kepala Madrasah dalam meningkatkan daya saing keberlanjutan menuju Madrasah kompetitif di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Pasuruan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
19711022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Strategi kepala madrasah menjadi kunci keberhasilan suatu madrasah dalam menggapai tujuan dan cita-cita madrasah. Tanpa adanya strategi madrasah tidak akan maju dan cenderung tidak memiliki daya saing secara kompetitif dengan madrasah lainya. Dalam Implementasinya, strategi diharapkan dapat berjalan sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh kepala madrasah untuk mewujudkan daya saing berkelanjutan menuju madrasah kompetitif. Selain itu, evaluasi digunakan sebagai alat kontrol yang dilakukan oleh kepala madrasah dan guru-guru untuk memonitoring efektivitas dan keberhasilan strategi secara berkelanjutan di MTSN 6 Pasuruan. Penelitian ini sangat menarik untuk dikaji dalam konteks bagaimana strategi, implementasi dan evaluasi kepala MTsN 6 Pasuruan dalam meningkatkan daya saing keberlanjutan menuju madrasah kompetitif, sehingga dapat meningkatkan daya saing keberlanjutan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis strategi kepala madrasah dalam meningkatkan daya saing keberlanjutan menuju madrasah kompetitif di MTsN 6 Pasuruan, 2) Mendeskripsikan dan menganalisis bentuk implementasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan daya saing keberlanjutan menuju madrasah kompetitif di MTSN 6 Pasuruan, dan 3) Mengetahui cara evaluasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan daya saing keberlanjutan menuju madrasah kompetitif di MTsN 6 Pasuruan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan fokus pengamatan yaitu strategi kepala madrasah dalam meningkatkan daya saing keberlanjutan menuju madrasah kompetitif di MTSN 6 Pasuruan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala madrasah dalam meningkatkan daya saing keberlanjutan menuju madrasah kompetitif di MTSN 6 Pasuruan. Dipetakan secara dasar terbagi menjadi 3 komponen dainataranya; penguatan internal, penyusunan self planning dan renstra dan evaluasi secara rutin. Bentuk implementasi dari strategi kepala madrasah dilakukan dalam bentuk program diantaranya; program pencepatan baca kitab kuning, program kelas tahfidh, dan program kelas akademik dan sains. Sedangkan evaluasi yang digunakan dalam mengkontrol strategi terbagi berdasarkan hasil analisis menggunakan komponen CIPP ditemukan dua macam, 1). faktor pendukung, 2). faktor penghambat.
ABSTRACT
e key to the success of a madrasah in achieving the goals and ideals of the madrasah. Without a strategy, madrasas will not progress and tend not to be competitive with other madrasas. In its implementation, the strategy is expected to run according to the procedures set by the madrasa head to realize sustainable competitiveness towards a competitive madrasa. Apart from that, evaluation is used as a control tool carried out by madrasa heads and teachers to monitor the effectiveness and success of strategies on an ongoing basis at MTSN 6 Pasuruan. This research is very interesting to study in the context of the strategy, implementation and evaluation of the head of MTsN 6 Pasuruan in increasing sustainable competitiveness towards competitive madrasas, so that it can increase sustainable competitiveness.
The aim of this research is to: 1) Describe and analyze the madrasa head's strategy in increasing sustainability competitiveness towards competitive madrasas at MTsN 6 Pasuruan, 2) Describe and analyze the form of implementation of the madrasa head's strategy in increasing sustainability competitiveness towards competitive madrasas at MTSN 6 Pasuruan , and 3) Knowing how to evaluate the madrasa head's strategy in increasing sustainable competitiveness towards competitive madrasas at MTsN 6 Pasuruan.
The approach used in this research is a descriptive qualitative approach. Data collection was carried out using observation, interviews and documentation techniques with the focus of observation being the madrasa head's strategy in increasing the competitiveness of sustainability towards competitive madrasas at MTSN 6 Pasuruan.
The results of this research indicate that the madrasah head's strategy is to increase sustainable competitiveness towards competitive madrasahs at MTSN 6 Pasuruan. The map is basically divided into 3 basic components; internal strengthening, preparation of self planning and strategic plan and regular evaluation. The form of implementation of the madrasa head's strategy is carried out in the form of programs including; yellow book acceleration program, tahfidh class program, and academic and science class program. Meanwhile, the evaluation used in controlling strategies is divided based on the results of the analysis using the CIPP components, which are found to be two types, 1). supporting factors, 2). obstacle factor.
مستحلص البحث
يناقش هذا البحث أشكال التواصل التي يستخدمها المعلّم في تكوين تقدير الطلاب لذاتهم في عملية التعلم، خاصة في المواد الموضوعية بعد انتهاء الجائحة (كوفيد-19)، وخاصة في الصف الثاني بالمدرسة الأبتدائيّة الحكوميّة 1 ماديون. تم إجراء هذا البحث بناءً على المشكلات التي يشعر بها المعلّم، وهي انخفاض قدرة الطلاب على فهم التواصل بين المعلمين وانخفاض مستوى تقدير الذات لدى بعض الطلاب. وكان أحد أسباب هذا التراجع هو أن أنشطة التعلم السابقة تم تنفيذها دون وجها لوجه، مما تسبب في نقص التفاعل بين المعلمين والطلاب.
الهدف من هذا البحث هو: 1) وصف شكل تواصل المعلّم أثناء عملية التفاعل مع الطلاب في التعلم الموضوعي بعد الجائحة في الصف الثّاني المدرسة الأبتدائيّة الأسلاميّة الحكوميّة 1 مدينة ماديون، 2) وصف وتحليل شكل تواصل المعلم بشكل صحيح في تكوين تقدير الذات لدى الطلاب في تعلم موضوعات ما بعد الجائحة في الصف الثاني المدرسة الأبتدائية الأسلاميّة الحكوميّة 1 ماديون، 3) معرفة ووصف العوامل التي تؤثر على تواصل المعلّم في تشكيل تقدير الذات لدى الطلاب الصف الثاني
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Abidin, Munirul and Efiyanti, Alfiana Yuli |
Keywords: | Strategi Kepala Madrasah, Daya Saing Keberlanjutan, Madrasah Kompetitif; Madrasah Head Strategy, Sustainability Competitiveness, Competitive Madrasah; نماذج التواصل مع المعلم، تقدير الذات الطالب |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muhammad Husnur Ridlo |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 14:06 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 14:06 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/67439 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |