Iftitah, Annida Nizalul (2024) Pengaruh utilitarian motivation dan hedonic motivation terhadap purchase decision: Studi pada konsumen toko retail Indogrosir Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
200501110226.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Keputusan pembelian merupakan aktivitas belanja konsumen yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu motivasi. Terdapat perilaku konsumen yang belanja didasari oleh kebutuhan (utilitarian) dan didasari oleh keinginan (hedonic). Dalam proses keputusan pembelian, terdapat konsumen yang awalnya berniat untuk membeli produk yang dibutuhkan, namun dalam proses belanja dipengaruhi oleh berbagai faktor sehingga melakukan pembelian didasari oleh keinginan. Tujuan penelitian ini adalah menguji dan mengukur sejauh mana pengaruh variabel Utilitarian Motivation dan Hedonic Motivation terhadap Purchase Decision.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan diperoleh dari teknik pengumpulan data survei dengan menyebarkan angket pada responden langsung. Responden pada penelitian ini adalah konsumen toko retail Indogrosir Kota Malang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 140 konsumen Indogrosir Kota Malang, dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis yaitu uji-t (parsial) dan uji-F (simultan) dengan menggunakan IBM SPSS versi 25 untuk memproses data yang terkumpul.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Utilitarian Motivation memiliki pengaruh positif secara parsial dan signifikan terhadap Purchase Decision konsumen toko retail Indogrosir Kota Malang; (2) Hedonic Motivation memiliki pengaruh positif secara parsial dan signifikan terhadap Purchase Decision konsumen toko retail Indogrosir Kota Malang; (3) Utilitarian Motivation dan Hedonic Motivation memiliki pengaruh positif secara simultan dan signifikan terhadap Purchase Decision konsumen toko retail Indogrosir Kota Malang.
ABSTRACT
Purchasing decisions are consumer shopping activities that can be influenced by several factors, one of which is motivation. There are consumer behavior that shopping is based on needs (utilitarian) and based on desires (hedonic). In the purchasing decision process, there are consumers who initially intend to buy the product they need, but in the shopping process they are influenced by various factors so that they make purchases based on desire. The purpose of this study is to test and measure the extent to which the Utilitarian Motivation and Hedonic Motivation variables influence the Purchase Decision.
This research method uses a quantitative approach. The data used was obtained from survey data collection techniques by distributing questionnaires to respondents directly. Respondents in this study were consumers of Indogrosir retail stores in Malang City. The number of samples was 140 consumers of Indogrosir Malang City, with a simple random sampling technique. The analysis method is using multiple linear regression analysis with hypothesis testing, namely the t-test (partial) and F-test (simultaneous) using IBM SPSS version 25 to process the collected data.
This research shows that: (1) Utilitarian Motivation has a partial and significant positive effect on Purchase Decision on Indogrosir retail store consumers in Malang City; (2) Hedonic Motivation has a partial and significant positive effect on Purchase Decision on Indogrosir retail store consumers in Malang City; (3) Utilitarian Motivation and Hedonic Motivation have a simultaneous and significant positive effect on Purchase Decision on Indogrosir retail store consumers in Malang City.
مستخلص البحث
قَرَارُ الشِّرَاءِ هُوَ نَشَاطُ تَسَوُّقِ الْمُسْتَهْلِكِ الَّذِي يُمْكِنُ أَنْ يَتَأَثَّرَ بِعِدَّةِ عَوَامِلَ، مِنْهَا الدَّافِعُ. هُنَاكَ سُلُوكٌ لِلْمُسْتَهْلِكِ يَعْتَمِدُ فِي تَسَوُّقِهِ عَلَى الِاحْتِيَاجَاتِ الْفَائِدَةِ وَأَيْضًا عَلَى الرَّغَبَاتِ الِاسْتِمْتَاع .فِي عَمَلِيَّةِ اتِّخَاذِ قَرَارِ الشِّرَاءِ، يُوجَدُ مُسْتَهْلِكُونَ يَعْتَزِمُونَ فِي الْبِدَايَةِ شِرَاءَ الْمُنْتَجَاتِ الَّتِي يَحْتَاجُونَهَا، وَلَكِنَّ فِي عَمَلِيَّةِ التَّسَوُّقِ يَتَأَثَّرُونَ بِعَوَامِلَ مُخْتَلِفَةٍ وَيَقُومُونَ بِشِرَاءِ مُنْتَجَاتٍ بِناءً عَلَى رَغَبَاتِهِمْ. هَدَفُ هَذَا الْبَحْثِ هُوَ اخْتِبَارُ وَقِيَاسُ مَدَى تَأْثِيرِ مُتَغَيِّرَيْ الدَّافِعِ الْفَعَّالِ (Utilitarian Motivation) وَالدَّافِعِ الِاسْتِمْتَاعِيِّ (Hedonic Motivation) عَلَى قَرَارِ الشِّرَاءِ.(Purchase Decision)
تَسْتَخْدِمُ هَذِهِ الدِّرَاسَةُ مَنْهَجًا كَمِّيًّا. تَمَّ الْحُصُولُ عَلَى الْبَيَانَاتِ الْمُسْتَخْدَمَةِ مِنْ خِلَالِ تَقْنِيَةِ جَمْعِ الْبَيَانَاتِ الْمَسْحِيَّةِ عَنْ طَرِيقِ تَوْزِيعِ اسْتِبْيَانٍ عَلَى الْمُسْتَجِيبِينَ مُبَاشَرَةً. الْمُسْتَجِيبُونَ فِي هَذِهِ الدِّرَاسَةِ هُمْ مُسْتَهْلِكُو مَتْجَرِ التَّجْزِئَةِ "إِنْدُوجْرُوسِرْ" فِي مَدِينَةِ مَالَانْجِ. عَدَدُ الْعَيِّنَةِ الْمُسْتَخْدَمَةِ هُوَ 140مُسْتَهْلِكًا مِنْ إِنْدُوجْرُوسِرْ فِي مَدِينَةِ مَالَانْجِ، مَعَ اسْتِخْدَامِ تَقْنِيَةِ أَخْذِ الْعَيِّنَاتِ الْعَشْوَائِيَّةِ الْبَسِيطَةِطَرِيقَةُ التَّحْلِيلِ الْمُسْتَخْدَمَةِ هِيَ تَحْلِيلُ الِانْحِدَارِ الْخَطِّيِّ الْمُتَعَدِّدِ مَعَ اخْتِبَارِ الْفَرَضِيَّاتِ بِاسْتِخْدَامِ اخْتِبَارِ-t جُزْئِيًّا وَاخْتِبَارِ-Fمُتَزَامِنًا بِاسْتِخْدَامِ بَرْنَامِجِ IBM SPSS النُّسْخَةِ 25 لِمُعَالَجَةِ الْبَيَانَاتِ الْمَجْمُوعَةِ.
أَظْهَرَتْ هَذِهِ الدِّرَاسَةُ أَنَّ: (1) الدَّافِعَ الْفَعَّالَ لَهُ تَأْثِيرٌ إِيجَابِيٌّ جُزْئِيًّا وَلَهُ دَلَالَةٌ إِحْصَائِيَّةٌ عَلَى قَرَارِ الشِّرَاءِ عَلَى مُسْتَهْلِكِي مَتْجَرِ التَّجْزِئَةِ إِنْدُوجْرُوسِرْ فِي مَدِينَةِ مَالَانْجِ؛ (2) الدَّافِعَ الِاسْتِمْتَاعِيَّ لَهُ تَأْثِيرٌ إِيجَابِيٌّ جُزْئِيًّا وَلَهُ دَلَالَةٌ إِحْصَائِيَّةٌ عَلَى قَرَارِ الشِّرَاءِ عَلَى مُسْتَهْلِكِي مَتْجَرِ التَّجْزِئَةِ إِنْدُوجْرُوسِرْ فِي مَدِينَةِ مَالَانْجِ ؛ (3) الدَّافِعَ الْفَعَّالَ وَالدَّافِعَ الِاسْتِمْتَاعِيَّ لَهُمَا تَأْثِيرٌ إِيجَابِيٌّ مُتَزَامِنٌ وَلَهُ دَلَالَةٌ إِحْصَائِيَّةٌ عَلَى قَرَارِ الشِّرَاءِ عَلَى مُسْتَهْلِكِي مَتْجَرِ التَّجْزِئَةِ إِنْدُوجْرُوسِرْ فِي مَدِينَةِ مَالَانْجِ.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet |
Keywords: | Utilitarian Motivation; Hedonic Motivation; Purchase Decision; Motivasi Utilitarian; Motivasi Hedonis; Keputusan Pembelian; Psikologi Konsumen; Indogrosir; Utilitarian Motivation; Hedonic Motivation; Purchase Decision; Utilitarian Motivation; Hedonic Motivation; Buying decision; Consumer Psychology; Indogrosir; الدافع النفعي. الدافع المتعة. قرار شراء؛ الدافع النفعي. الدافع المتعة. قرار الشراء؛ علم نفس المستهلك؛ إندوجروسير |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Annida Nizalul Iftitah |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 09:35 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 09:35 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/66962 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |