Listiyani, Dyah (2015) Pengembangan media pembelajaran melalui multimedia prezi desktop untuk peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VII MTsN Punung-Pacitan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltex)
11110186.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan media pembelajaran melalui multimedia prezi desktop didasarkan pada kenyatan bahwa motivasi belajar siswa terhadap mata pelajar SKI rendah. Hal ini disebabkan karena keterbatasan media pendukung dalam menyampaikan materi pada mata pelajaran SKI khususnya materi kepemimpinan khalifah Umar bin Khattab. Media pembelajaran melalui multimedia prezi desktop dapat membantu siswa dalam memahami materi karena didalamnya memadukan materi dalam bentuk teks, animasi, gambar dan video yang bersifat audio-visual sehingga menjadikan materi lebih menarik untuk dipelajari.
Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang variatif dan menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran SKI. Mengembangkan media pembelajaran yang sudah ada di sekolah yakni buku ajar, dan buku penunjang lainnya yang berbentuk visual.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan rancangan penelitian yang diadaptasi dari model Dick and Carey. Langkah- langkah dalam pengembangan media pembelajaran ini ada 9 tahap yaitu (1)Analisis kebutuhan, (2)Analisis pembelajaran, (3)Mengenal tingkah laku masukan dan Karakteristik Siswa, (4)Merumuskan tujuan khusus pembelajaran, (5)Mengembangkan instrument, (6) Mengembangkan strategi pembelajaran, (7) Mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, (8) Merancang dan melakukan evaluasi formatif, (9)Melakukan revisi. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini merupakan siswa kelas VII Mts Negeri Punung-Pacitan. Uji coba ini digunakan untuk pengumpulan data dalam rangka mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan.
Hasil pengembangan media pembelajaran melalui multimedia prezi desktop memenuhi kriteria kevalidan dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 75%, ahli desain media mencapai tingkat kevalidan 90%, uji ahli pembelajaran mencapai tingkat kevalidan87.5% dan siswa mencapai tingkat kevalidan 87.5%. Dari hasil penelitian diperoleh hasil penghitungan angket motivasi belajar siswa yang cukup tinggi dengan prosentase 83.7%. Penilaian tersebut membuktikan bahwa pengembangan media pembelajaran SKI melalui multimedia prezi desktop berkualitas dan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran. Motivasi belajar siswa pun terhadap mata pelajaran SKI meningkat secara signifikan dengan telah memenuhi empat indikator yaitu: kemenarikan, rasa ingin tahu, perhatian dan rasa senang.
ENGLISH:
Learning media development through multimedia of Prezi desktop is based on the fact that students' motivation against the low SKI lesson. This is due to the limitations of the supporting media in conveying the material on the subjects of material SKI especially leadership of Caliph of Umar bin Khattab. Media learning through multimedia of Prezi desktop can help students understand the material because in integrating material in the form of text, animation, pictures and videos that are audio-visual that makes the material more interesting in learning.
The development goal is to produce a product in the form of interactive multimedia-based learning media varied and attractive so as to increase students' motivation to SKI subjects. Media development that already exists in the school of textbooks and other supporting materials are in the form of a visual.
The method used in this study used the method of Research and Development with the study design, adapted from the model of Dick and Carey. The steps in the development of instructional media had 9 steps, namely (1) Analysis of needs, (2) Analysis of learning, (3) Know the behavior of input and Student Characteristics, (4) formulating of specific goals of learning, (5) Developing instrument, ( 6) Developing learning strategy, (7) Developing and selectinglearning materials, (8) Designing and conductingformative evaluation, (9) Performing revision. A research subject in the trial of this development was a class VII student of MTSN Punung-Pacitan. Coa test was used for data collection in order to determine the level of validity of the developed learning media.
Results of development of instructional media through Prezi desktop multimedia met the validity criteria with test results reached the 75% level of validity, media design experts reached the 90% level of validity, test learning experts reached the level of validity and students reached 87.5% and level of validity of 87.5%. From the research results questionnaire that students' motivation was quite high with a percentage of 83.7%. The assessment proved that the development of instructional media of SKI through multimedia of Prezi desktop had a decent quality and used as a learning medium without revision. Students' motivation toward SKI subjects increased significantly, it can be seen from the average post-test better than the pre test.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Multimedia Prezi Desktop; Motivasi Belajar; Learning Media; a Prezi Desktop Multimedia; Motivation To Learn | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 16:56 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 16:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5181 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |