Kholilah, Anif (2010) Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110213.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi belajar merupakan unsur yang paling penting dan harus diperhatikan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar dapat diukur dari nilai hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran berlangsung. Prestasi belajar yang rendah adalah implikasi dari kurang berhasilnya proses belajar mengajar. Ada banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar baik yang bersifat internal maupun eksternal. Pembelajaran fiqih sebagai salah satu bidang pembelajaran yang juga harus diperhatiakan tingkat prestasinya. Sekolah sebagai fasilitas yang paling berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa terutama pada bidang fiqih. Dalam hal ini sekolah berupaya meningkatkan prestasi belajar siswa terutama pada bidang fiqih melalui pengembangan kurikulum sekolah melalui kurikulum yang selama ini diterapkan yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Melalui implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), sekolah berharap kondisi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dapat meningkat lebih baik.
Keberhasilan proses belajar mengajar tidak hanya ditentukan oleh profesionalisme guru dalam mengajar. Lebih dari itu kurikulum juga merupakan faktor yang penting dan harus diperhatikan dalam proses belajar mengajar. Kurikulum yang efektif akan menghasilkan output yang baik yaitu peserta didik yang berprestasi. kurikulum yang dipakai saat ini adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), yang mana kurikulum ini bersentral pada sekolah itu sendiri. Standar kompetensi maupun kompetensi dasar ditentukan oleh sekolah bukan dari pemerintah.
Berangkat dari uraian diatas, penulis mencoba untuk meneliti dan melakukan pengamatan mengenai implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri Turen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri Turen, untuk menemukan kondisi prestasi belajar siswa setelah implementasi KTSP, dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Dalam melakukan peneitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu data yang disajikan berupa kata-kata/ gambaran-gambaran. Dan dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih, ini terbukti dari hasil prestasi belajar siswa yang lebih dari standar kenaikan kelas. Mengenai prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih dapat dikatakan bahwa implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih terbukti dengan hasil evaluasi mata pelajaran Fiqih yang masih memenuhi tingkat kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebesar 70 untuk penguasaan konsep dan 71 untuk penerapan konsep.
Penelitian ini penulis harapkan dapat dijadikan sumbangan pemikiran terhadap pengembangan kurikulum selajutnya di MTs Negeri Turen, dan sekolah- sekolah lain dalam rangka mengembangkan kurikulum di instansi masing-masing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | KTSP; Prestasi Belajar; Pembelajaran Fiqih | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:47 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 10:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46017 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |