Amanda, Rinta Septy (2010) Penerapan metode Information Search dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Kuripan Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110179.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Proses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan di sekolah. Disini guru sebagai pendidik memiliki peran yang sangat besar, disamping sebagai fasilitator dalam pembelajaran siswa juga sebagai pembimbing dan member pengarahan para siswa sehingga nantinya dapat menjadi manusia yang memilki pengetahuan yang luas baik pengetahuan agama, kecerdasan, kecakapan hidup, keterampilan, budi pekerti yang luhur serta memiliki rasa tanggungjawab pada diri sendiri, orang lain dan dalam pembangunan bangsa pada umumnya.
Dari sekian banyak metode yang ada, ada salah satu alternatif metode yang dapat digunakan untuk mengaktifkan siswa dikelas adalah metode information search, metode ini dapat meningkatkan daya nalar siswa untuk berpikir tanpa tergantung pada temanya, artinya metode ini menuntut siswa agar dapat meningkatkan daya pikirnya untuk memecahkan masalah tanpa menggantungkan pada guru dan teman kelompoknya, mereka dituntut untuk bekerja sendiri dalam memecahkan masalah dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru.
Berdasarkan latar belakang diatas, adapun rumusan dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakan perencanaan dan pelaksanaan tindakan pada penerapan metode information search dalam meningkatkan prestasi belajars siswa kelas VII.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan metode penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan fenomena yang ada ditempat penelitian. Dengan tahapan penelitian dalam 3 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, pengukuran tes hasil belajar dan dokumentasi.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode information search dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri I Kuripan Probolinggo. Dari hasil nilai evaluasi juga dapat dilihat tentang peningkatan prestasi belajar mulai dari pre tes hingga siklus 3 dengan rincian rata-rata kelas nilai pre tes 85,1,siklus I 87,1, siklus II 87.6, dan siklus III 88,3. Peningkatan prestasi belajar pada lembar observasi siklus I sebesar 20%, siklus II sebesar 60% dan pada siklus III sebesar
90%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode; Information Search; Prestasi Belajar | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:09 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45837 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |