Laily, Ninik Nur (2010) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think-Pair-Share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, pemahaman dan Keterampilan Sosial pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X (JSB-2) Di SMK Negeri 2 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110074.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah mengembangkan kemampuan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis. Namun kenyatannya dalam dunia pendidikan masih banyak mendapat kritikan. Kegagalan pendidikan bukan karena guru tidak menguasai materi, akan tetapi karena guru tidak mengetahui bagaimana cara menyampaikan materi. Terlebih lagi dalam model pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak pernah berubah, tradisional, monoton dan didominasi oleh guru sehingga kurang meningkatkan berpikir kritis, pemahaman dan keterampilan sosial. Untuk mengantisipasi kelemahan model pembelajaran yang sering dipakai oleh seorang guru pada umumnya adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Think-Pair-Share. Dengan melaksanakan model pembelajaran kooperatif teknik Think-Pair-Share siswa diharapkan dapat meraih keberhasilan dalam belajar, hal itu juga bisa meningkatkan berpikir kritis, pemahaman dan keterampilan sosial.
Berdasarkan dari permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: I) Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif teknik Think-Pair-Share yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, pemahaman dan keterampilan sosial?. 2) Apakah pembelajaran kooperatif teknik Think-Pair-Share dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, pemahaman dan keterampilan sosial?.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Class-room Action Research) jenis kolaboratif partisipatoris, penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Elliott. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi/pengamatan, wawancara dan dokumentasi.
Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan deskriptif kualitatif sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif teknik Think-Pair-Share yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, pemahaman dan keterampilan sosial dilakukan sesuai dengan prosedur model pembelajaran kooperatif teknik Think-Pair-Share, menggunakan modul, guru memberikan arahan, motivasi dan mengontrol proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, pemahaman dan keterampilan sosial. Kemampuan berpikir kritis meningkat dari nilai rata-rata pada pre tes 1,75 meningkat menjadi 3,125 pada post test, atau meningkat sekitar 78,5%. Sedangkan pemahaman meningkat dari nilai rata-rata pre test 1,2 menjadi 2,42 pada post test, atau meningkat sebesar 101%. Begitu pula keterampilan sosial juga meningkat dari nilai rata- rata pada pre test sebesar 1,7 menjadi 3,3 pada post test, atau meningkat sekitar 94,1%.
Adapun saran penelitian sebagai berikut: I) Guru dan lembaga hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Think-Pair-Share, karena model pembelajaran tersebut terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, pemahaman dan keterampilan sosial. 2) Penelitian ini hendaknya dilakukan lebih lanjut, dengan desain kualitatif sehingga memperoleh pemahaman yang mendalam, akurat, valid dan realiabel tentang implementasi model pembelajaran kooperatif teknik Think-Pair-Share.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rossidy, Imron | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kooperatif; berpikir kritis; pemahaman; keterampilan sosial; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 09:54 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 09:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45569 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |