Hermawan, Aunaldy Humansyah (2023) Pengaruh iklim sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Purwosari Bojonegoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
18410143.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar siswa merupakan salah satu aspek penentu akan keberhasilan suatu kegiatan belajar di kelas. Terdapat dua faktor yang memengaruhi hasil belajar, yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor yang dikaji dalam penelitian ini adalah iklim sekolah dan minat baca. Iklim sekolah merupakan kualitas lingkungan sekolah yang terus menerus dialami oleh guru yang mempengaruhi tingkah laku peserta didik dalam menciptakan proses pembelajaran yang kondusif. Selain itu minat juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dimana dengan adanya minat baca memacu peserta didik untuk meninangkatkan rasa keingintahuanya terhadap sesuatu hal yang dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan iklim sekolah, mengetahui tingkat minat baca, mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap hasil belajar, mengetahui pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui pegaruh iklim sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa di SMPN 2 Purwosari Bojonegoro.
Metode dalam penelitian ini yakni kuantitatif dengan menggunakan teknik probability sampling dipilih dalam penelitian ini. Sebanyak 84 siswa SMP Negeri 2 Purwosari menjadi subjek pada penelitian ini. Data disebar menggunakan metode kuesioner bermodel skala likert. 2 skala yakni Iklim Sekolah, dan Minat Baca menjadi instrument dalam pada penelitian ini. Selain itu juga menggunakan wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikoliniaritas, uji heteroskedastistas, analisa linear berganda, uji stimultan dan uji parsial (t).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penerapan iklim sekolah berada dalam kategori yang tinggi dengan presentase 55,5%. Kategori minat baca pada siswa di SMP Negeri 2 Purwosari berada pada tingkat sedang dengan presentase 83,3%. Kategori hasil belajar siswa berada pada kategori baik dengan presentase 44%.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Fhitung (18.695) > Ftabel (2.717) dan nilai signifikansi (0.000) < (0.05). Sehingga dapat disimpulkan secara simultan (bersama- sama) iklim sekolah dan minat baca berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
ENGLISH:
Student learning outcomes are one of the determining aspects of the success of a learning activity in the classroom. Two factors influence learning outcomes, namely intrinsic and extrinsic factors. The factors studied in this study were school climate and reading interest. School climate is the quality of the school environment that is continuously experienced by teachers which influences the behavior of students in creating a conducive learning process. In addition, interest also influences student learning outcomes where interest in reading spurs students to increase their curiosity about something that can improve their
learning outcomes. This study aims to determine the application of school climate, to determine the level of reading interest, to determine the effect of school climate on learning outcomes, to determine the effect of reading interest on student learning outcomes, and to determine the effect of school climate and reading
interest on student learning outcomes at SMPN 2 Purwosari Bojonegoro.
The method in this study, namely quantitative using a probability sampling technique, was chosen in this study. A total of 84 students of SMP Negeri 2 Purwosari were the subjects of this study. The data is distributed using a questionnaire method with a Likert scale model. 2 scales namely School Climate and Interest in Reading became the instruments in this study. Besides that, it also uses interviews and documentation to find out student learning outcomes. Data analysis used in this study was the normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, multiple linear analysis, simultaneous test, and partial test
(t).
The results showed that the results of implementing the school climate were in the high category with a percentage of 55.5%. The category of reading interest in students at SMP Negeri 2 Purwosari is at a moderate level with a percentage of 83.3%. The category of student learning outcomes is in the good
category with a percentage of 44%. The results of the hypothesis test show that Fcount (18,695) > Ftable
(2,717) and a significance value (0,000) < (0.05). So it can be concluded simultaneously (together) school climate and reading interest have a significant effect on student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat and Mahpur, Mohammad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | iklim sekolah; minat baca; hasil belajar | |||||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology | |||||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | |||||||||
Depositing User: | Aunaldy Humansyah Hermawan | |||||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2023 14:49 | |||||||||
Last Modified: | 07 Feb 2023 14:49 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45567 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |