Haddar, Salim (2010) Penerapan Konsep Multiple Intelligences dalam mewujudkan sekolah unggul : Studi Kasus di SD YIMA Islamic School Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110062.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (654kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Ketika konsep Multiple Intelligences ditarik dalam ranah pendidikan, paradigma pendidikan pun mengalami banyak koreksi. Hampir mayoritas pendidikan di sekolah sekarang ini cenderung kurang menghargai seluruh potensi para peserta didiknya. Konsep Multiple Intelligences yang menitikberatkan pada ranah keunikan selalu menemukan kelebihan setiap anak. Lebih jauh lagi, konsep ini percaya bahwa tidak ada anak yang bodoh sebab setiap anak pasti memiliki minimal satu kelebihan. Apabila kelebihan tersebut dapat terdeteksi sejak awal, otomatis kelebihan itu adalah potensi kepandaian sang anak. Atas dasar itu seharusnya sekolah menerima siswa barunya dalam kondisi apapun. Sekolah yang telah mengimplementasikan konsep Multiple Intelligences di dalamnya. Salah satunya yaitu SD Yayasan Islam Madrasah Al-Falah Al-Khairiyah (YIMA) Islamic School Bondowoso.
Sekolah ini dulunya adalah sekolah yang sedikit terbelakang dan bermutu rendah. Akhirnya setelah menerapkan konsep Multiple Intelligences, dalam waktu singkat sekolah tersebut berubah menjadi sekolah yang unggul dan mendapat kepercayaan masyarakat. Berdasarkan realita tersebut, serta diiringi dengan keingintahuan yang lebih dalam tentang penerapan Multiple Intelligences di sekolah, maka peneliti tertarik untuk merumuskan masalah salah satunya adalah bagaimana implementasi konsep Multiple Intelligences di SD YIMA Islamic School Bondowoso. Rumusan tersebut bertujuan untuk mengetahui bentuk implementasi konsep Multiple Intelligences di SD YIMA Islamic School Bondowoso.
Dengan menggunakan pendekatan Deskriptif-Kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang objektif, faktual, akurat dan sistematis, mengenai fenomena-fenomena yang ada di obyek penilitian. Untuk mengumpulkan data digunakan beberapa metode yaitu, observasi, interview, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis melalui tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Desain konsep penerapan Multiple Intelligences di SD YIMA Islamic School Bondowoso secara global meliputi tiga tahap penting yaitu input, proses, dan output. (2) Implementasi Konsep Multiple Intelligences di SD YIMA Islamic School Bondowoso dapat dilihat dari tiga tahap penting yaitu input, proses, dan output. (a) Input. Dalam penerimaan siswa barunya sekolah ini menggunakan sistem kuota artinya sekolah ini akan menutup pendaftaran apabila kuota terpenuhi. Kemudian siswa yang telah diterima akan mengikuti proses Multiple Intelligences Research (MIR). MIR adalah semacam alat riset psikologis yang mengeluarkan diskripsi kecenderungan kecerdasan majemuk anak dan gaya belajarnnya. (b) Proses. Tahapan ini adalah tahapan pada proses pembelajaran. Hampir seluruh proses pembelajarannya difokuskan pada kondisi siswa beraktivitas. guru-guru di SD YIMA Islamic School ini juga sudah berpengalaman dalam menggunakan strategi pembelajaran Multiple Intelligences pada proses pembelajarannya. Hal tersebut ditandai dengan seringnya sekolah ini melaksanakan pelatihan guru. (c) Output. Tahapan ini adalah penilaian otentik. yakni penilaian yang dilakukan terhadap keseluruhan kompetensi yang telah dipelajari siswa dan dalam penilaian ini siswa dinilai dari 3 ranah, yaitu kognitif, psikomotorik dan afektif. (3) Secara tekhnis pelaksanaan evaluasi di SD YIMA terbagi menjadi tiga tahap yaitu: Konsultasi lesson plan (rencana pembelajaran), Observasi kelas dan Feed back (umpan balik).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Multiple Intelligences; Sekolah Unggul | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:40 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45478 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |