Ansori, Ansori (2009) Analisis Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Produk Telkomsel Prabayar di Branch Office Bumilindo Prakarsa Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05610021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (794kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk sangat dipengaruhi oleh dua kekuatan tertentu yaitu; kekuatan internal dan kekuatan eksternal. Adapun indikator dalam kekuatan internal adalah indikator Keadaan ekonomi, indikator motivasi dan kekuatan eksternal adalah indikator kelompok acuan. Indikator-indikator tersebut memiliki dimensi yang luas artinya tiap indikator mempunyai pengaruh yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari indikator keadaan ekonomi, motivasi, dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian konsumen di Branch Office Bumilindo Prakarsa Probolinggo, baik secara simultan ataupun parsial, serta untuk mengetahui indikator yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen di Branch Office Bumilindo Prakarsa Probolinggo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Explanatory Research, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan, keadaan ekonomi, dan motivasi terhadap keputusan pembelian konsumen di Branch Office Bumilindo Probolinggo. Untuk mengetahui hal tersebut maka digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t untuk menguji sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 responden dengan pengambilan sampel menggunakan Rumus Slovin, sedangkan penentuan sampelnya menggunakan: Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kelompok acuan 2 sebesar 19,287 ≥ F tabel 3 sebesar 2,70 dengan nilai signifikasi p = 0,000 ≤ 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang diketahui 0,407 atau sebesar 40,7%. Dan dari hasil uji t diketahui bahwa secara parsial, indikator kelompok acuan 1,980 dan nilai p = 0,986 ≥ 0,05 tidak berpengaruh signifikan, Indikator keadaan ekonomi hitung sebesar -0,018 ≤ nilai t tabel 2 sebesar 1,372 ≤ nilai t 1,980 dan nilai p = 0,174 ≥ 0,05 tidak berpengaruh signifikan, Indikator motivasi tabel 1,980 dan nilai p = 0,000 ≤ 0,05 berpengaruh signifikan. Untuk indikator yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen 3 hitung sebesar 5,731 ≥ nilai t tabel
ABSTRACT
Consumer purchasing decision towards a product is extremely influenced by two certain strengths namely; internal and external strengths. Indicators of internal strength are economic condition, motivation indicator, while external strength refers to reference group indicator. There indicators from each variable has vast dimension which mean that each indicator has different influence. This research aims to detect influence of economic condition indicator, motivation, and reference group to consumer purchasing decision at Branch Office Bumilindo Prakarsa Probolinggo, either simultaneously and or partially, and to detect the dominant indicator influence to consumer purchasing decision at Branch office Bumilindo Prakarsa Probolinggo.
The method used in this research is explanatory research which aims to detect reference group influence, economic condition, and motivation to consumer purchasing decision at Branch Office Bumilindo Probolinggo. To detect them, so it will use doubled linear regression analysis with test F and test t to examine sample in this research, 81 respondents with Slovin sample taking technique, while the sample determination uses: Purposive Sampling and data collecting technique with questioner and documentation. For the instrument testing uses validity test and reliability.
The result of this research shows that reference group indicator 2 is 2,70 with significance value p = 0,000 ≤ 0,05.Besides the value Adjusted R Square that known 0,407 or 40,7%. From the t test result known that partially, reference group indicator count is 19,287 ≥ F table
1 is -0,018 ≤ value t 1,980 and value p = 0,986 ≥ 0,05 does not influence significantly, economic condition indicator table 2 is 1,372 ≤ value t table 1,980 and value p = 0,174 ≥ 0,05 does not influence significantly, motivation indicator count 1,980 and value p = 0,000 ≤ 0,05 influence significantly. for dominant influential indicator towards consumer purchasing decision count is 5,731 value t 3table
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perilaku Konsumen; Keputusan Pembelian; Consumer Behavior and; Purchasing Decision | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 14:14 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 14:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44459 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |